Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permenneg PAN RB No 16 tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional guru dan Angka Kreditnya

Permenneg PAN RB no 16 Tahun 2009


Setelah menelaah peraturan mentri negara pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi ini sobat guru akan memahani :
  • Definisi Umum 
  • Rumpun jabatan, jenis guru, kedudukan dan tugas utama
  • Kewajiban dan tanggungjawab dan wewenang 
  • Instansi Pembina dan tugas instansi Pembina
  • Unsur dan sub unsur kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya
  • Jenjang jabatan dan pangkat
  • Rincian kegiatan dan unsur yang dinilai
  • Penilaian dan penetapan angka kredit
  • Pengangkatan dalam jabatan fungsional guru
  • Pembebasan sementara, pengangkatan kembali dan pemberhentian dari jabatan fungsional guru
  • Sanksi
  • Ketentuan peralihan dan Penutup
Sesuai isi utama Permenneg PAN RB No 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya ini,  saya akan mulai dari beberapa definisi umum, kemudian  lanjut ke penilaian angka kreditnya, untuk lebih memahami isi permen ini sobat guru saya sarankan juga untuk menelaan :

Definisi

  1. Jabatan Fungsional Guru  ; adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.
  2. Tim penilai Jabatan Fungsional Guru adalah tim yang dibentuk dan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit dan bertugas menilai prestasi kerja Guru.
  3. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya
  4. Penilaian kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

Rumpun jabatan dan jenis Guru

Jabatan Fungsional Guru (pasal 2) adalah jabatan tingkat keahlian termasuk dalam rumpun pendidikan tingkat taman kanak-kanak, dasar, lanjutan, dan sekolah khusus.

Jenis Guru (pasal 3) berdasarkan sifat, tugas, dan kegiatannya meliputi: 
  1. Guru Kelas; 
  2. Guru Mata Pelajaran; dan 
  3. Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor.

Kedudukan Guru dan tugas Utama (pasal 4)

  • Kedudukan Guru ; sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu pada jenjang pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dan jabatan karier yang hanya dapat diduduki oleh PNS/ASN.
  • Tugas Utama Guru : mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  • Beban Kerja Guru ; untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan/atau melatih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu.
  • Beban kerja Guru bimbingan dan konseling/konselor adalah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik dalam 1 (satu) tahun

Penilaian dan Penetapan angka kredit

Berdasarkan isi pasal 21, Penilaian dan penetapan anga kredit adalah ; 
  • Untuk kelancaran penilaian dan penetapan angka kredit, guru wajib mencatat dan menginventarisasikan seluruh kegiatan yang dilakukannya dalam memenuhi tugas, tanggungjawab dan wewenangnya.
  • Penilaian dan penetapan angka kredit terhadap guru dilakukan paling kurang 1 kali dalam setahun
  • Penilaian dan penetapan angka kredit untuk kenaikan pangkat guru yang akan dipertimbangkan unntuk naik pangkat dilakukan paling kurang 2(dua) kali dalam 1 tahun, yaitu 3(tiga) bulan sebelum periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri sipil (PNS/ASN)
Selengkapnya  tentang isi dari Permennag PAN RB  nomor 16 tahun 2009 silahkan sobat guru Download atau telaah dibawah ini :


Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH Guru IPA SMPN 4 Sumedang, Blog ini sebagai Tempat mendokumentasikan semua aktifitas dan kegiatan agar mudah diakses,berbagi dan silaturahmi

Post a Comment for "Permenneg PAN RB No 16 tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional guru dan Angka Kreditnya "

Menginformasikan seputar Pendidikan, Forum Ilmiah,Lesson Study, Jurnal dan Publikasi ilmiah,sebagai wahana terus belajar sepanjang hayat. Anda mau berkontribusi dengan mengirimkan artikel hub : gurusumedang@gmail.com
Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.

Dapatkan artikel otomatis via Email