google-site-verification: google4ea25410b2d7324e.html Tranformasi Pembelajaran Digital Bersama Refo Indonesia - GURU SUMEDANG
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tranformasi Pembelajaran Digital Bersama Refo Indonesia

Tugas besar untuk mengangkat seluruh generasi ini, hanya dapat dilakukan secara strategis melalui sektor pendidikan. Inilah mengapa REFO ada: untuk memberi contoh, memfasilitasi ide, memberdayakan komunitas, dan membuka jalan. (Refo Indonesia)


Tugas besar untuk mengangkat seluruh generasi ini, hanya dapat dilakukan secara strategis melalui sektor pendidikan. Inilah mengapa REFO ada: untuk memberi contoh, memfasilitasi ide, memberdayakan komunitas, dan membuka jalan. (Refo Indonesia) 

Sobat guru, Tulisan kali ini sebagai ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Refo Indonesia yang telah menjadi salah satu wasilah bagi saya lebih dekat dengan Google. Saat ini 13 September 2021 baru saja lulus sertifikasi Guru Bersertifikasi Google Level 2, dan harusnya  bisa melanjutkannya ke sertifikasi Google Trainer. 

Namun karena sesuatu hal berhubungan dengan  tugas dan pengelolan di unit lainnya  keinginan tersebut saya coba tahan. 

Siapa yang tidak mengenal dan mengunakan Google dan produknya misalnya Youtube? mulai dari kota, desa sampai daerah terpencil, kakek nenek, orang dewasa, remaja, muda-mudi,bahkan bayi sekalipun google dan aplikasi lainnya menjadi bagian dalam kehidupannya.

Saya sendiri dengan kebutuhan sebagai guru dan  pengurus MGMP telah begitu dekat dan intens dengan google sejak lahirnya Blog ini di tahun 2009, sehingga google tidak lepas dari keseharian karena harus selalu online untuk mengelolanya.

Dengan berbagai kendala serta skill yang pas pasan, terus mencoba bertahan dengan try & error dan belajar secara otodidak. 

Karena keterbatasan itulah blog inipun pernah off dalam beberapa tahun tanpa pengelola, saya coba tawarkan ke rekan - rekan guru lainnya untuk mengambil alih dan mengelolanya, namun semuanya angkat tangan, karena memang untuk mengelola sebuh blog/website dibutuhkan modal pengetahuan tentang bahasa pemograman/HTML, plus kesabaran dan daya tahan serta kemauan belajar  yang tinggi.

Baik skill teknik blog/website maupun kemampuan menulis artikel, yang sampai sekarang terus belajar dan berlatih bagaimana menulis yang bisa membawa, melibatkan  emosi dan rasa dari pembacanya serta sarat nilai  didalamnya.

Saat ini membuat sebuah blog/website tidak sesulit dulu karena banyak sekali aplikasi /tools yang memudahkan setiap orang untuk bisa memiliki sebuah blog/website.

Google sendiri selain Blog saat ini telah menghadirkan Google site, sebagai salah satu aplikasi ciamik dan hebat di Google Workspace for education  membuat semua orang bisa memiliki sebuah website sendiri dengan sangat mudah, no ribet dan gratis, tanpa perlu beli domain dan hosting serta penguasaan bahasa pemograman/HTML.

Dari Perjalanan panjang tersebut sebagai seorang guru saya merasakan perubahan besar tentang teknologi digital dalam pembelajaran dimulai sejak masa Pandemi covid-19 dan semakin terasah  dengan Google workspace for education, melalui Akun Pembelajaran @belajar.id Kemdikbudristek yang bekerjasama dengan Refo Indonesia  dalam program Google Master Trainer dan sertifikasi google for education.

Transformasi Pembelajaran Digital Bersama Refo Indonesia

Dengan program yang sistematis dalam pelatihan dan pendampingan selama Program GMT dari Refo Indonesia telah mentransformasi pembelajaran digital dan menghantarkan saya beserta ribuan guru lainnya bisa menyelesaikan ujian Google Certified Educator Level 1 dan 2.

Refo Indonesia

REFO terdaftar dengan nama PT. Reformasi Generasi Indonesia, mitra Google for Education terdepan di Indonesia dalam Pengembangan Profesional, Spesialis dalam pendidikan, dan mitra rekomendasi Google for Education untuk program pembinaan Certified Coach.

Lahir dari keyakinan pendirinya akan potensi Indonesia dan masyarakat Indonesia. yang ingin melihat bangsa yang lebih baik. Dimana ada satu generasi yang menunggu untuk dibangkitkan. dengan visi Indonesia 2045, dipimpin oleh individu-individu yang holistik, mempunyai tujuan hidup dan berketuhanan.

Tujuan utama perusahaan ini adalah mereformasi pemangku kepentingan pendidikan untuk menghasilkan pemimpin yang siap membangun bangsa. lebih dari 400.000 pendidik di seluruh negeri telah mendapatkan manfaatnya. 


Dibalik Refo Indonesia

Pepita Gunawan lulusan sarjana dan  Magister dari National University of Singapore. dengan pengalaman : bekerja selama 6 tahun sebagai konsultan dan pelatih dalam pengembangan keterampilan selama di Singapura.  tahun 2009 kembali ke Indonesia kemudian membantu sebuah universitas lokal terkemuka di dalam pengembangan kolaborasi dengan industri.  bekerja untuk Google Asia Pasifik yang bertanggung jawab dalam menyiarkan pentingnya teknologi dan mendorong pemanfaatannya dalam pembelajaran.  Pada tahun 2017, mendirikan REFO dan  Maret 2018 bersama  Steven Sutantro mengelola REFO sejak awal.  Merupakan Pelatih bersertifikasi Google, telah melatih, memberikan konsultasi, dan menginspirasi lebih dari 4.000 siswa, pendidik, dan pemimpin lembaga.
Pepita Gunawan lulusan sarjana dan  Magister dari National University of Singapore. dengan pengalaman :

  • bekerja selama 6 tahun sebagai konsultan dan pelatih dalam pengembangan keterampilan selama di Singapura. 
  • Sejak kembali ke Indonesia ditahun 2009 telah membantu sebuah universitas lokal terkemuka di dalam pengembangan kolaborasi dengan industri. 
  • bekerja untuk Google Asia Pasifik yang bertanggung jawab dalam menyiarkan pentingnya teknologi dan mendorong pemanfaatannya dalam pembelajaran. 
  • Tahun 2017, mendirikan REFO dan  Maret 2018 bersama  Steven Sutantro mengelola REFO sejak awal. 
  • Merupakan Pelatih bersertifikasi Google, yang telah melatih, memberikan konsultasi, dan menginspirasi lebih dari 4.000 siswa, pendidik, dan pemimpin lembaga. 
Steven Sutantro adalah Pelatih Bersertifikasi Google for Education, Inovator, Pakar Pendidik Google Earth, dengan pengalaman luas dalam mengubah pembelajaran dan bekerja untuk para pemimpin, pendidik, dan profesional dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital. Dengan pengalaman 7 tahun sebagai pendidik dan pemimpin komunitas, ia telah membantu lebih dari 100 sekolah dan universitas, dan membimbing lebih dari 500 pemimpin dan pendidik untuk mendapatkan sertifikasi pendidik Google. Steven adalah peraih banyak penghargaan dan sertifikasi internasional seperti dari Kedutaan Besar AS, TED Ed Innovative Educator, Apple Teacher, National Geographic Certified Educator, & Google Earth Education yang relevan dengan desain pembelajaran abad ke-21. Sebagai penggagas Google Educator Group di Indonesia, Steven berkolaborasi dengan banyak pelatih dan inovator internasional dari Asia Pasifik dan global untuk memfasilitasi perubahan melalui adopsi teknologi dalam pendidikan.
Steven Sutantro ; siapapun orangnya akan langsung klop dengan gayanya, seorang pelatih Bersertifikasi Google for Education, Inovator, Pakar Pendidik Google Earth, memiliki pengalaman luas dalam mengubah pembelajaran dan bekerja untuk para pemimpin, pendidik, dan profesional dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital. 
  • Dengan pengalaman 7 tahun sebagai pendidik dan pemimpin komunitas, ia telah membantu lebih dari 100 sekolah dan universitas, dan membimbing lebih dari 500 pemimpin dan pendidik untuk mendapatkan sertifikasi pendidik Google. 
  • Peraih banyak penghargaan dan sertifikasi internasional seperti dari Kedutaan Besar AS, TED Ed Innovative Educator, Apple Teacher, National Geographic Certified Educator, & Google Earth Education yang relevan dengan desain pembelajaran abad ke-21. 
  • Penggagas Google Educator Group di Indonesia, berkolaborasi dengan banyak pelatih dan inovator internasional dari Asia Pasifik dan global untuk memfasilitasi perubahan melalui adopsi teknologi dalam pendidikan.

Program REFO 

  • Teknologi Pendidikan, 
  • Kepemimpinan Pemuda, 
  • Platform Ide, 
  • Pemberdayaan Komunitas, dan 
  • Bimbingan Startup. 

Program untuk siswa :

  1. Indonesia Edu Webinar
  2. Seri Profesi Masa Depan
  3. Magang
  4. Kursus Kepemimpinan untuk Pemuda
  5. Impactful Leaders
  6. Future Professionals
  7. Google Workspace for Student and Student Leaders
  8. Engaged Learner in Distance Learning

Progam Untuk para Pendidik

  1. Marketing & Content Collaboration
  2. Speaking Engagement
  3. Course & Consultancy Bundling
  4. Webinar Collaboration sebagai pembicara sesi atau penulis artikel

Belajar dimana saja  

Sumber Belajar untuk para guru, dosen dan pendidik lainnya dalam mentransformasi Pembelajaran secara digital  : https://refoindonesia.com/sumber-pembelajaran/

Program dan jadwal lainnya silahkan kunjungi Refo Indonesia  dilink berikut ini  : https://refoindonesia.com/jadwal-program/      
 atau kontak Refo Indonesia disini 

Bersama tagline Refo Indonesia "Dengan semangat membangun manusia Indonesia Demi masa depan kita semua" ,Salam sukses untuk para Coach Google Master Trainer : Steven Sutrantro, Gusman Adi. Suparman, Rita Jhon Harsono dan tim dapur Refo Indonesia lainnya.

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Tranformasi Pembelajaran Digital Bersama Refo Indonesia"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.