Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan dan Berkas yang Harus Disiapkan Tahun 2022

Cara pendaftaran sekolah kedinasan dan berkas yang harus disiapkan tahun 2022  pada 8 sekolah Kedinasan dan  18 Sekolah tinggi serta politeknik Kementrian Perhubungan.

Institut, Sekolah tinggi dan politeknik kementrian masih menjadi incaran dalam meniti karier di pemerintahan karena merupakan sekolah kedinasan yang full gratis, plus lulusannya langsung menjadi CPNS, namun seleksinya cukup ketat dan bersaing dengan putra-putri terbaik se Indonesia.

Berikut ini tata cara pendaftaran, syarat dan Berkas yang harus disiapkan serta link yang harus dikunjungi.

Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan dan Berkas yang Harus Disiapkan  pada 8 sekolah Kedinasan dan  18 Sekolah tinggi serta politeknik Kementrian Perhubungan.  Institut, Sekolah tinggi dan politeknik kementrian masih menjadi incaran dalam meniti karier di pemerintahan karena merupakan sekolah kedinasan yang full gratis, plus lulusannya langsung menjadi CPNS, namun seleksinya cukup ketat dan bersaing dengan putra-putri terbaik se Indonesia.  Berikut ini tata cara pendaftaran, syarat dan Berkas yang harus disiapkan serta link yang harus dikunjungi.

Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan dan Berkas yang Harus Disiapkan 

    Sekolah Kedinasan beserta portal /link Pendaftaran

    No Sekolah Kedinasan AlamatLink/ Portal
    Pendaftaran
    1 IPDN /Institut Pemerintahan dalam Negeri (Kemendagri) Jl. Raya Bandung,
    KM 20 Jatinangor Sumedang Jawa barat 45363
    https://spcp.ipdn.
    ac.id/2022/
    2 Politeknik Keuangan negara STAN (Kemenkeu) Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tanggerang
    Selatan Banten
    https://www.pknstan.ac.id/
    3 Politeknik Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ciseeng Bogor Jawa Barat 16120 https://poltekssn.ac.id/
    pendaftaran/
    4 Politeknik Ilmu Pemasyarakatan/Poltekip (Kemenkumham) Jl HR Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan Jakarta Selatan 12940 https://catar.
    kemenkumham.go.id/
    5 Politeknik Imigrasi/Poltekim (Kemenkumham) Jl HR Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan Jakarta Selatan 12940 https://catar.
    kemenkumham.go.id/
    6 Sekolah tinggi Intelijen Negara (BIN) Sumur Batu Babakan Madang Bogor Jawa Barat 16810 https://ptb.stin.ac.id/
    7 Politeknik Statistika STIS (BPS) Jl. Otto Iskandardinata No 64 C jakarta Timur 13330 https://spmb.stis.ac.id/
    8Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jl. Perhubungan I No.5 Pondok Betung, Bintaro, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 152218 https://simas.stmkg.ac.id/
    spmbfront/home
    9 Sekolah Tinggi Transportasi Darat /STTD (Kemenhub) Jl. raya Setu KM 3,5 Cibuntu Cibitung Bekasi  https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    10 Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan /PKTJ (Kemenhub) Jl. Perintis Kemerdekaan No 17 Slerok Tegal Jawa Tengah 52125 https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    11 Sekolah tinggi Penerbangan Indonesia Curug (Kemenhub) Jl raya PLPI STPI Curug Tanggerang https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    12 Politeknik Perkeretaapian Indonesia API Madiun (Kemenhub) Jl. Tirta raya Pojok Nambangan lor Kab. Madiun Jawa Timur 63161 https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    13 Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran /STIP Jakarta (Kemenhub) Jl. marunda Makmur Kec. Cilinicing Kota Jakarta Utara DKI Jakarta 14150 https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    14 Politeknik Ilmu Pelayaran/PIP Semarang (Kemenhub) Jl. Singosari Raya no 2A Wonodri Kec. Semaran Selatan kota Semarang Jawa Tengah 50242 https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    15 Politeknik Ilmu Pelayaran/PIP Makasar (Kemenhub) J. Tentara Pelajar No 173 Makasar Sulawesi Selatan https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    16 Politeknik Pelayaran /Poltekpel Surabaya (Kemenhub) Jl. Gunung Anyar Boulevard No 1 Surabaya 60294 Jawa Timur https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    17 Politeknik Penerbangan  Surabaya (Kemenhub) Jl. Jemur Andayani I no 73 Siwalankerto kec. Wonoolo Surabaya Jawa Timur 60236 https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    18 Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan /AKTP Makasar (Kemenhub) Jl. Salodong Untia Kec Biringkanaya Makasar Sulawesi Selatan 90241 https://sipencatar.
    dephub.go.id/
    19 Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan /ATKP Medan (Kemenhub) Jl. Penerbangan No 85 Sempakata Kec. Medan Selayang Medang Sumatera Utara 20131 https://sipencatar.
    dephub.go.id/

    Jadwal Pendaftaran

    • 9 - 30 April 2022

    Berkas yang harus disiapkan

    Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda, untuk itu silahkan kunjungi ling web/portal pendaftaran tiap sekolah/politeknik/sekolah tinggi ditabel diatas.

    Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
    1. Kartu Keluarga
    2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    3. Ijazah
    4. Rapor SMA/Sederajat
    5. Pas foto
    6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar, seperti pakta integritas, surat keterangan asal provinsi, dan lainnya dimana tiap sekolah tinggi/politeknik bisa berbeda-beda.

    Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda, untuk itu silahkan kunjungi ling web/portal pendaftaran tiap sekolah/politeknik/sekolah tinggi ditabel diatas.  Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari : Kartu Keluarga Kartu Tanda Penduduk (KTP) Ijazah Rapor SMA/Sederajat Pas foto Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar, seperti pakta integritas, surat keterangan asal provinsi, dan lainnya dimana tiap sekolah tinggi/politeknik bisa berbeda-beda.

    Tatacara Pendaftaran Sekolah Kedinasan

    1. Pelamar mengakses Portal Pendaftaran BKN di  https://dikdin.bkn.go.id
    2. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
    3. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
    4. Pelamar memasukkan Nilai
    5. Pelamar melengkapi Biodata
    6. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
    7. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
    8. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
    9. Pelamar mengecek hasil verifikasi
    10. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
    11. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
    12. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
    13. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

    Selengkapnya panduan syarat alur dan cara pendaftaran Sekolah Kedinasan dan Berkas yang dibutuhkan tiap Kementrian:


    Salam Sukses
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan dan Berkas yang Harus Disiapkan Tahun 2022"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.