Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Waktu dan Responden di Google Form dan Microsoft Form



Waktu begitu istimewa, kebanyakan kita senantiasa merayakan waktu lahirnya, waktu pernikahannya waktu -waktu keberhasilannya,  dan mengenang perjalanan waktunya, semuanya tentang waktu baik lampau maupun yang akan datang, semuanya di perhatikan dan dipersiapkan. 

Dalam QS Al Asr (103) ayat 1-3 Tuhan Sang Pemilik waktu  mengingatkan kepada manusia tentang urgensi waktu bagi hidup dan kehidupan manusia.

Waktu pulalah yang menghantarkan Einsten menjadi salah satu orang tercerdas dengan Teori Relatifitas waktunya, dan waktu jualah yang membatasi kita sebagai manusia. Semuanya tunduk pada sang  waktu, yang tidak dikembalikan dan diputar kembali. Maka Maha Besar sang Pemilik Waktu.

Dalam keseharian hidup kita, mengenal istilah  “ Time is Money”, menunjukkan waktu  memiliki nilai dan urgensi dalam berbagai hal kehidupan manusia, dimana segala sesuatunya  dibatasi dan ditentukan sang waktu. 

OK, kita kembali ke JUDUL BESAR kita diatas , 

Beberapa pekan ke depan para guru disibukan dengan Penilaiah akhir Semester yang Istimewa, kenapa istimewa, karena melaksanakan PAS secara Online di tengah peristiwa bewar Pandemi Covid-19, sebenarnya untuk para siswa penilaian secara online bukan hal yang baru sebab selama ini juga  UN dilaksanakan secara daring.

Namun karena PAS sekarang sekolah yang menyelenggarakan, maka guru harus menggunakan beberapa aplikasi Online, salah satunya  dalam pembuatan soal menggunakan Google Form atau Microsoft Form, agar pelaksanaan PAS online berjalan lancar ada beberapa aplikasi tambahan yang harus disematkan ke Form tersebut, yaitu pembatasan Responden dan pengaturan waktu ujian.

Bagaimana  cara  mengatur waktu dan  Responden di Google Form dan Microsoft Form ?

Dua istilah yang  berhubungan dengan  waktu dalam form  adalah Timer dan Countdown
Dua-duanya berhubungan dengan waktu namun fungsinya berbeda :
  • Timer adalah lamamnya waktu aktif sebuah form ( mulai dan akhir )
  • Count down adalah hitungan mundur atau lamanya mengerjakan sebuah quis/soal di Form.
Aplikasi diatas ada yang free ada juga berbayar, tinggal ukur saja penggunaannya, untuk jumlah kecil mungkin cukup dengan gratisan tapi kalau menggunakan form dengan jumlah responden besar maka tentunya harus berbayar. 

Untuk dunia pendidikan biasanya ada discount khsusus atau bahkan beberapa kasus full gratis, hanya anda harus menggunakan email yang menggunakan domain sekolah, bukan email biasa.agar mudah dan bisa di approve  pengajuan discount atau pengecualian untuk dunia pendidikan. 

Sebelum di mulai tutorialnya dibawah ini beberapa perbedaan antara dua raksasa Teknologi Informasi yang biasa digunakan oleh kita semua yaitu ; Google Form dan Microsoft Form


Next kita mulai tutorialnya ….

Silahkan di simak PPT /PDF berikut dan scrolling aja kebawah atau download juga bisa,  
kalau bermanfaat manga di share ke teman dan sobat lainnya melalui media social dibawah artikel, tinggal klik dan kirim,

 

silahkan Download filenya PPT nya disini
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Cara Mengatur Waktu dan Responden di Google Form dan Microsoft Form"

  1. cara menseting awal mulai soal di google form
    baru bisa terbuka soalnya..bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk di google form anda install dulu add on misalnya form timer, dan jika sudah terpasang klik add on nya dan atur waktu mulai dan akhir, kalau di microsoft form anda masuk ke pengaturan (setting) kemudian atur waktu mulai dan akhirnya, selamat mencoba

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.