Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran Reflektif Abad 21 bersama Komunitas Belajar online

 
Dalam proses pembelajaran yang menjadi pusat bukanlah guru namun siswa, dan tujuan pembelajaran adalah bagaimana siswa "belajar". Membelajarkan siswa bukanlah hal yang mudah, hal ini ditandai dengan begitu banyaknya teori belajar dari para ahli pendidikan, beragamnya metode dan pendekatan pembelajaran, begitu rumit dan komplek, karena yang dihadapi para guru bukan benda mati yang bisa diperlakukan  apa saja, namun yang kita hadapi adalah mahluk hidup yang memiliki akal, ruh dan hati ,potensi inilah menjadikan peserta didik adalah pribadi yang unik, sehingga kegagalan dalam proses pembelajaran adalah hal yang umum dan biasa terjadi.

Pribadi unik ini memiliki hak untuk belajar, dan guru menghormati hak tersebut dengan menghadirkan proses yang membelajarkan siswa, untuk itu ayo gabung melalui pembelajaran reflektif abad 21 bersama komunitas belajar online.

Komunitas Belajar Online gratis dan terbuka untuk para guru SD,SMP dan SMA/SMK di Kab Sumedang dan siapa saja guru-guru Indonesia untuk bergabung dan berkolaborasi, dibuat untuk menumbuhkan rasa kolegialitas dan sarana saling belajar bagaimana membelajarkan siswa tersebut, saling berbagi pengalaman pembelajaran, saling  peduli serta saling menginspirasi baik dalam design, implementasi dan refleksi pembelajaran, 



Berikut program Komunitas Guru Belajar online Bulanan yang mengangkat tema PEMBELAJARAN REFLEKTIF ABAD 21 yang dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Aktvitas    : diskusi via Google classroom & Zoom 

BULAN  PROGRAM KEGIATAN
Februari 2021            Observasi /Refleksi video Pembelajaran dan riset untuk inovasi pembelajaran
Maret  Desain Riset / desain pembelajaran reflektif
April  Open Classs dan pengumpulan data
Mei Transcript based Lesson Analysis (TBLA)
Juni Penulisan Karya Ilmiah
Juli  Pengiriman makalah untuk ICLS 12 Semarang
Agustus penyiapan bahan presentasi
September Presentasi di ICLS 12 Semarang , 9-11 September 2021

Terbuka untuk para guru SD-SMP-SMA/SMK Kabupaten Sumedang dan Guru Indonesia lainnya, kode kelas { cqo37pr }, silahkan buka Google classroomnya dan klik tanda plus kemudian masukan kode kelas tersebut, atau silahkan kunjungi tutorial cara gabung kelas di Google classroom DISINI.

Salam sukses pendidikan Indonesia

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Reflektif Abad 21 bersama Komunitas Belajar online"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.