Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka

Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.

Silabus dapat dikembangkan dengan menggunakan atau mengadaptasi ATP yang disediakan oleh pemerintah maupun alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan secara mandiri.

Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.

Bagaimana mengembangkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) ?

Satuan Pendidikan dapat mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta keterkaitannya dengan capaian pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda. 

ATP diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP)  yang merupakan bagian dari elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru. 

Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel agara dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran. 

Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak seharusnya dipisahkan.

CP kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013, dimana CP disusun perfase sebagai upaya  penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi. 

Penyusunan CP per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. tingkat pencapaian dilihat dari hasil asesmen atau hasil tes diagnostik peserta didik yang dilakukan guru di awal pembelajaran, atau diawal semester.

Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

Download Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka

Berikut ini contoh Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP kurikulum merdeka, yang bisa jadikan rujukan dan perbandingan  sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi :
NoMata PelajaranUnduh Disini
1Bahasa Indonesia Unduh
2Bahasa InggrisUnduh
3MatematikaUnduh
4InformatikaUnduh
5IPAUnduh
6IPSUnduh
7Pend Agama Hindu & Budi Pekerti Unduh
8Pend Agama Islam & Budi Pekerti Unduh
9Pend Agama Katolik & Budi Pekerti Unduh
10Pend Agama Kristen & Budi PekertiUnduh
11Pend Agama Khonghucu & Budi PekertiUnduh
12Pend Kepercayaan  kepada Tuhan YMEUnduh
13Penjas PJOKUnduh
14PPKN Unduh
15Seni MusikUnduh
16Seni RupaUnduh
17Seni TariUnduh
18Seni TeaterUnduh
19Bimbingan dan KonselingUnduh

Demikian Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka, yang bisa saya sodorkan yang bersumber dari kemdikbudristek.
Semoga Bermanfaat.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

19 komentar untuk "Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP Kurikulum Merdeka"

  1. terima kasih sudah berbagi untuk kebaikan pendidikan melalui IKM...., terima kasih mendapatkan bahan belajar yang berarti bagi kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses selalu untuk Bpk dan SMPN 2 Gedangan

      Hapus
  2. Terima kasih sudah berbagi, kami terinspirasi akan mendalami IKM terkhusus pada fase perkembangan peserta didik di tingkat SMP.

    BalasHapus
  3. terimakasih.....sangat membantu

    BalasHapus
  4. Semoga bapak ibu yang berbagi ini dapat pahala ammmin
    Salam dari SMP NEGERI 37 PALEMBANG
    Nama. Pengki arip asmara

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga pak @pengki Arif, sukses selalu SMPN 37 Palembang

      Hapus
  5. terima kasih banyak sudah berbagi, sangat membantu sekali. semoga sharenya menjadi ladang kebaikan bagi pembuatnya.....

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak sdh berbagi, bunda....Semoga Allah SWT membalasnya dengan semua aneka kebaikan kepada bunda dan keluarga...Umi Aslikatin, SMPN 2 Ngawi, Jawa Timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Senang sekali bisa kenal dengan @umiaslikatin,salam ta'dziem untuk Pendidik di SMPN 2 Ngawi πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  7. Terima kasih sudah berbagi ilmunya semoga Tuhan memberkati. Salam kenal juga dari guru SMPN 6 KOTA KOMBA MANGGARAI TIMUR πŸ™πŸ™πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih, senang sekali bisa kenal , semoga tercurah keberkahan dan kemulyaan untuk rekan guru dari SMPN 6 Kota KOmba Manggarai Timur 🀲

      Hapus
  8. Terima Kasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Terima kasih banyak bapak karena sudah mau berbagi karyanya kepada kami..terus terang kami merasa sangat terbantu karena kami baru belajar mengimplementasikan kurikulum merdeka ini.

    BalasHapus
  10. Terimakasih BanyakπŸ™πŸ™
    Sangat membantu

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.