Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Kelas 7 Sem Genap Direktorat SMP

Modul Ajar Kelas 7 Sem Genap Direktorat SMP dari kemdikbudristek. Modul ajar merupakan perencanaan pembelajaran secara lengkap yang berisi  berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan topik dalam lingkup kelas. 

modul ajar kelas 7 sem genap direktorat smp, Modul ajar berisi apa saja?, Langkah langkah dalam menyusun modul ajar?, Apakah yang dimaksud modul ajar?, Apa sih kurikulum merdeka?, modul ajar smp kelas 7 matematika, modul ajar smp kelas 7 bahasa inggris, modul ajar kurikulum merdeka smp kelas 7 bahasa inggris, modul ajar ipa kurikulum merdeka smp kelas 7, modul ajar kurikulum merdeka smp kelas 7, modul ajar kelas 7 bahasa indonesia, modul ajar kurikulum merdeka smp ips kelas 7, download modul ajar kurikulum merdeka smp

Sehingga modul ajar dapat dianggap sebagai RPP, guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan oleh pemerintah ataupun mengembangkan secara mandiri, tidak perlu lagi membuat RPP secara terpisah. 

modul ajar kelas 7 sem genap direktorat smp, Modul ajar berisi apa saja?, Langkah langkah dalam menyusun modul ajar?, Apakah yang dimaksud modul ajar?, Apa sih kurikulum merdeka?, modul ajar smp kelas 7 matematika, modul ajar smp kelas 7 bahasa inggris, modul ajar kurikulum merdeka smp kelas 7 bahasa inggris, modul ajar ipa kurikulum merdeka smp kelas 7, modul ajar kurikulum merdeka smp kelas 7, modul ajar kelas 7 bahasa indonesia, modul ajar kurikulum merdeka smp ips kelas 7, download modul ajar kurikulum merdeka smp

Pemerintah sendiri sebagaimana janjinya akan menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. 

Guru dapat mengembangkan modul ajar yang disediakan pemerintah tersebut melalui langkah ATM, yaitu Amati, Tiru dan modifikasi  demikian kata sahabat gurusumedang.  

Artinya modul tersebut diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan konteks satuan pendidikan

Modul-modul ajar tersebut sudah banyak yang beredar melalui platform merdeka mengajar, atau yang dibagikan melalui link-link Drive melalui medsos/blog..

Blog gurusumedang juga membantu dalam penyebaran modul-modul tersebut, silahkan cari di icon search atau daftar isi. sudah lengkap ko, paling kurang cuma beberapa mapel aja, karena memang belum tersedia.

Namun dari contoh modul ajar yang beredar, banyak pula yang kecewa , baik dari sisi konten, relevansi, kesesuaian dengan buku teks dan lain sebagainya, tentunya hal ini wajar juga, karena modul-modul yang beredar tersebut walaupun resmi di sosialisaikan oleh kemdikudristek, bukanlah resmi produk kemdikbudristek namun produk aksi nyata para guru sekolah-sekolah program sekolah penggerak, yang kemudian di kurasi oleh kemdikbud.

Berdasar hal itu admin GS,mencoba mengumpulkan modul ajar-modul ajar yang telah dibukukan dan dicetak resmi oleh kemdikbudristek tahun - tahun sebelumnya, sebelum kurikulum ini ada dan di landingkan. 

seperti Modul Ajar Kelas 7 Sem Genap Direktorat SMP dari kemdikbudristek, modul-modul yang dicetak dan diproduksi serta dibuat oleh tim widyaiswara  PPPPTK IPA , he-he-he admin kan guru IPA jadi banyak mengoleksi dan pernah terlibat dalam penyusunan modul bersama tim P4TK IPA,  dan saya yakin  PPPPTK mata pelajaran lainnya juga ada, coba aja googling, mungkin ada teman-teman mapel lain mengoleksinya.

Modul Ajar Kelas 7 Sem Genap Direktorat SMP dari kemdikbudristek yang akan saya bagikan kepada sobat sekalian dicetak sebelum kurikulum merdeka di landingkan, namun hemat saya sangat layak untuk dijadikan contoh modul.

Karena secara konten bisa dipertanggunjawabkan,  bagus dan relevan,dengan model inkkuiri, STEM, HOTS dan Projek dari penulis-penulis dibidangnya, tambahan lagi sudah dilakukan ujicoba sebelumnya, dan yang pasti disusun oleh kemdikbud secara resmi.

Sehingga Modul Ajar Kelas 7 Sem Genap Direktorat SMP dari kemdikbudristek dibawah ini sangat saya rekomendasikan untuk di tiru dan dimodifikasi sesuai aturan dalam membuat modul  ajar Kurikulum Merdeka.

No ModulPenerbitUnduh
1Modul Ajar IPA  Sem Genap kelas 7  Direktorat SMP kemdikbud Unduh
2 Modul Ajar Matematika Sem Genap kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
3 Modul Ajar B. Indonesia Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
4 Modul Ajar B.Inggris Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
5 Modul Ajar IPS Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
6 Modul Ajar PJOK Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
7 Modul Ajar PPKn Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
8 Modul Ajar Prakarya Budidaya Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
9 Modul Ajar  Prakarya Kerajinan Sem Genap kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
10 Modul Ajar SB.Teater Sem Genap kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
11 Modul Ajar Seni Tari Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
12 Modul Ajar Seni Musik Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
13 Modul Ajar Seni Rupa Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
14 Modul Ajar Prakarya Pengolahan Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh
15 Modul Ajar Prakarya Rekayasa Sem Genap Kelas 7 Direktorat SMP kemdikbud Unduh

Modul Ajar lainnya bisa anda cek dilink berikut ini :
Hatur Nuhun
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

3 komentar untuk "Modul Ajar Kelas 7 Sem Genap Direktorat SMP"

  1. modul ajar k Merdeka mapel AGAMA ( pendidikan agama tidak ada ya..?)

    BalasHapus
  2. iklannya mengganggu dan kita guru lansia ini harus extra keras untuk bisa menyesuaikan dengan IT yang semakin canggih. bisakah dibantu dipermudah saja untuk amal panjenengan.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.