Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka. Setiap manusia memiliki kemampuan untuk melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan. Bahkan berbagai kemungkinan dan potensi dalam hidup dapat diprediksi. 

Hal inilah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya di muka bumi ini. Kepekaan terhadap keindahan membantu manusia untuk dapat memaknai hidupnya dan menjalani hidupnya dengan optimal. 


Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka menjadi perangkat ajar guru dalam menghadirkan proses pembelajaran yang mendorong peserta didik Indonesia untuk mampu menghidupkan dan menyelaraskan ranah estetika, logika dan etika dalam sebuah kesatuan yang optimal sesuai potensi kemanusiaannya sebagaimana termaktub dalam Profil Pelajar Pancasila  Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka menjadi perangkat yang memandu guru dalam proses pembelajaran seni rupa  yang menyenangkan bagi peserta didik untuk mengalami dan melakukan bagaimana kreativitas, inovasi dan karya yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidupnya.   Sehingga projek yang ada dalam modul ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka memberikan  pengalaman belajar yang menyenangkan, relevan dan dekat secara emosional dengan kehidupan peserta didik sehari-hari,   Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka Pendidikan Seni Rupa bertujuan menghasilkan peserta didik yang antusias untuk terus belajar (life long learner), kreatif, mampu berani mengekspresikan diri, gigih berusaha, reflektif, bernalar kritis, berkontribusi aktif bagi lingkungannya dan selalu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka

Pembelajaran seni rupa mengajak peserta didik Indonesia dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. 

Selain itu, peserta didik Indonesia juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. 

Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat. sehingga modul ajar Seni Rupa SMA kurikulum Merdeka sangat penting sebagai perangkat ajar para guru dalam mewujudkan hal tersebut.

Peserta didik Indonesia harus menghargai dan melestarikan budaya, terutama budaya Indonesia. Karena melalui budaya peserta didik Indonesia akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dapat melihat, merasakan dan mengalami sebuah keindahan 

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka menjadi perangkat ajar guru dalam menghadirkan proses pembelajaran yang mendorong peserta didik Indonesia untuk mampu menghidupkan dan menyelaraskan ranah estetika, logika dan etika dalam sebuah kesatuan yang optimal sesuai potensi kemanusiaannya sebagaimana termaktub dalam Profil Pelajar Pancasila

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka menjadi perangkat yang memandu guru dalam proses pembelajaran seni rupa  yang menyenangkan bagi peserta didik untuk mengalami dan melakukan bagaimana kreativitas, inovasi dan karya yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidupnya. 

Sehingga projek yang ada dalam modul ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka memberikan  pengalaman belajar yang menyenangkan, relevan dan dekat secara emosional dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, 

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka

Pendidikan Seni Rupa bertujuan menghasilkan peserta didik yang antusias untuk terus belajar (life long learner), kreatif, mampu berani mengekspresikan diri, gigih berusaha, reflektif, bernalar kritis, berkontribusi aktif bagi lingkungannya dan selalu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

Peserta didik Indonesia yang berkualitas juga mampu percaya diri bekerja efektif dan efisien secara mandiri maupun bekerjasama dengan orang lain tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi, perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan. 

Kesadaran atas perbedaan sebagai sebuah kewajaran dalam hidup dan memandangnya sebagai potensi kekuatan merupakan kualitas lainnya yang diharapkan terbentuk dalam diri peserta didik Indonesia. 

Kemampuan mengapresiasi, peka terhadap keindahan yang ada di sekitar diri, lingkungan dan masyarakat yang beragam secara global maupun dunia. 

Modul ajar seni rupa SMA kurikulum Merdeka  didesain agar pembelajaran seni rupa dapat mempertajam kemampuan peserta didik dalam melihat, mengenal, merasakan, memahami dan mengalami nilai-nilai estetik guna menyampaikan maupun merespon sebuah gagasan atau situasi, melihat dan menciptakan sebuah peluang dan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. 

Oleh karena itu, tujuan dari pembelajaran seni rupa memiliki peran yang sangat penting sebagai pembentuk peserta didik Indonesia sesuai profil pelajar Pancasila (Education through Art).

Berikut ini contoh modul ajar yang disusun oleh : 

Semoga penyusn mendapatkan keberkahan atas berbagi contoh modul ajarnya dan menjadi contoh modul seni rupa SMA kurikulum merdeka yang bisa dijadikan rujukan sobat gurusumedang dalam menyusun modul seni rupa SMA yang sesuai konteks, llingkungan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi, sehingga bernilai langsung untuk peserta didiknya.

Buku Guru dan Siswa Seni Rupa

No Buku Teks Download
1 Buku Guru Seni Rupa  Download
2 Buku Siswa Seni Rupa Download

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

No CP & ATP Download
1 Capaian Pembelajaran Seni Rupa Download
2 Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa  Download

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka

No Topik /Modul  Penyusun Download
1 Mengamatai dan menanggapi hasil karya (XI) Desy Rachma Waryanti Download
2Lukisan Matematis (XI) Desy Rachma Waryanti Download
3 Kemegahan canti-candi Indonesia (XI) Desy Rachma Waryanti Download
4Mengamatai seperti arkeolog,
berkarya seperti manusia gua (XI)
Desy Rachma Waryanti Download
5 Berkeliling dunia dengan kesenian (XI) Desy Rachma Waryanti Download
6 Kolase bentuk Organis (X) Desy Rachma Waryanti Download
7 Bekerja Seni dengan Alam (X) Desy Rachma Waryanti Download

No Topik /Modul  Penyusun Download
1 Sejarah seni rupa modern Indonesia (XI) WirantoDownload
2Tinjauan karya seni rupa modern Indonesia (XI)  Wiranto Download
3 Tinjauan SRMI dari aspek keilmuan lain (XI) Wiranto Download
4Berkarya seni rupa bertema SRMI (XI) Wiranto Download
5 Mengapresiasi karya seni rupa modern Indonesia (XI) WirantoDownload

No Topik /Modul  Penyusun Download
1 Memahami unsur seni rupa dalam berkarya seni rupa (X)Soleh Harjanto Download
2Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa yang  (X)
terdapat di alam sebagai inspirasi berkarya seni rupa (X)
Soleh Harjanto Download
3 Memahami unsur dan prinsip seni rupa dalam 
berkarya seni rupa (X)
Soleh Harjanto Download
4Melukis menggunakan mixed media dari bahan
material alam dan cat (X)
Soleh HarjantoDownload
5 Kritik seni dan pameran (X) Soleh Harjanto Download

No Topik /Modul  Penyusun Download
1 Seni Terapan (XII) Suryana MD,M.Ds Download
2Seni Terapan Lampion  (XII) Suryana MD,M.Ds Download
3 Seni Terapan Tempat Tisue (XII) Suryana MD,M.Ds Download
4Seni Terapan Tempat Buah (XII) Suryana MD,M.Ds Download
5 Seni Terapan Bingkai foto /Frame (XII) Suryana MD,M.Ds Download
6Seni Terapan Lampu Hias (XII) Suryana MD,M.Ds Download

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA lainnya untuk semua mapel di : Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan perbandingan dalam menyusun modul ajar, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.