Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Kulit

“Dan diantara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui (Qs Ar-rum.30:22)"

Kulit adalah suatau organ dengan struktur yang cukup kompleks dan memiliki berbagai fungsi yang vital. kulit merupakan organ tubuh yang memiliki luas paling besar yaitu  kurang lebih 9 m2 pada orang dewasa. Berbicara kulit tidak lepas dari warna kulit, karena warna kulitlah yang di exploitasi dan diindustrialisasikan sehingga  menjadi incaran para produser krim-krim kecantikan untuk meraup untung.

Warna Kulit | Kulit adalah suatu organ dengan struktur yang cukup kompleks dan memiliki berbagai fungsi yang vital, seperti dalam pengaturan suhu tubuh, ekskresi membantu Ginjal dalam  mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh. kulit merupakan organ tubuh yang memiliki luas paling besar yaitu  kurang lebih 9 m2 pada orang dewasa. 

Berbicara kulit tidak lepas dari warna kulit, karena warna kulitlah yang di exploitasi dan diindustrialisasikan sehingga  menjadi incaran para produser krim-krim  kecantikan khususnya pemutih untuk meraup untung.

Dari  hasil  survei ZAP  Beauty  Index  (2020),  73.1  persen  perempuan  Indonesia  menganggap  definisi cantik  adalah  memiliki  kulit  yang  putih  bersih,  dan  glowing.  Berdasarkan  dari  hasil survei tersebut masih banyak perempuan yang percaya stigma cantik adalah memiliki kulit  putih,  Perempuan  umumnya  merasa  tidak  percaya  diri  akan  kulit  mereka  yang gelap  dan  memutuskan  untuk  melakukan  treatment  wajah  seperti  suntik  vitamin  C, laser, hingga menggunakan krim wajah dan obat-obatan yang abal-abal (Sukisman, Joanne Mareris et.al:2021)

Agar lebih memahami warna kulit, dan tidak tertipu iklan-iklan pemutih kulit dengan artis-artis koreanya dan artis papan atas yang blasteran sehingga tidak jatuh ke streotif iklan dan pandangan yang salah tentang warna kulit, yu kita pahami mengapa warna kulit kita bisa putih, coklat, kuning, merah atau hitam !

yu kita fahami mengapa warna kulit kita bisa putih, coklat, kuning, merah atau hitam !  Warna Kulit  struktur kulit terdiri dari dua lapis yang melekat satu sama lain yaitu :  Epidermis ; meupakan kulit paling luar agak tipis, terdiri darijaringan epithel, kulit yang halus seperti leher memiliki epidermis tipis, salah satu sel penyusun epidermis adalah melanosit yaitu sel-sel pembentuk pigmen melanin, suatu pigmen yang berperan dalam pembentukan arna kulit Dermis : terletak dibagian bawah epidermis yang terdiri dari jaringan ikat yang mengandung serat-serta elastin dan kolagen, disinilah terdapatnya ujung-ujung syaraf atau reseptor, pembuluh darah, pembulum lymp, kelenjar dan follikel rambut. Warna kulit seseorang tergantung 3 faktor yang saling berinteraksi diantaranya : Kapiler Darah; keping darah berada didalam dermis akan memberikan wara kulit menjadi semu merah, banyak terdapat pada orang Amerika  Pigmen Karoten : yang terutama terdapat di dermis akan menyebabkan kulit berwarna kuning kejinggaan. pigmen karoten banyak terdapat pada orang -orang Asia, seperti Jepang dan korea  Pigmen Melanin ; terutama terdapat pada lapisan epidermis terbawah (spinosum dan basalis) menyebabkan wana kulit kita berwarna hitam gelap, jika relatif gelap warna kulitnya coklat/sawo matang umumnya berada dibelahan pasifik dan melanisia, sedangkan yang sangat gelap disebut orang kulit hitam umumnya di daerah Afrika) sel-sel pembentuk melamin disebut Melanosit terdapat pada stratum basalis. Melanin diproduksi dari asam amino tyrosin dengan bantuan enzim tyrosinase.

Warna Kulit 

struktur kulit terdiri dari dua lapis yang melekat satu sama lain yaitu :

  1. Epidermis ; meupakan kulit paling luar agak tipis, terdiri darijaringan epithel, kulit yang halus seperti leher memiliki epidermis tipis, salah satu sel penyusun epidermis adalah melanosit yaitu sel-sel pembentuk pigmen melanin, suatu pigmen yang berperan dalam pembentukan arna kulit
  2. Dermis : terletak dibagian bawah epidermis yang terdiri dari jaringan ikat yang mengandung serat-serta elastin dan kolagen, disinilah terdapatnya ujung-ujung syaraf atau reseptor, pembuluh darah, pembulum lymp, kelenjar dan follikel rambut.
Warna kulit seseorang tergantung 3 faktor yang saling berinteraksi diantaranya :
  1. Kapiler Darah; keping darah berada didalam dermis akan memberikan warna kulit menjadi semu merah, banyak terdapat pada orang di benua Amerika 
  2. Pigmen Karoten : yang terutama terdapat di dermis akan menyebabkan kulit berwarna kuning kejinggaan. pigmen karoten banyak terdapat pada orang -orang benua Asia.
  3. Pigmen Melanin ; terutama terdapat pada lapisan epidermis terbawah (spinosum dan basalis) menyebabkan warna kulit kita berwarna hitam gelap, jika relatif gelap warna kulitnya coklat/sawo matang umumnya berada dibelahan pasifik dan melanisia, sedangkan yang sangat gelap disebut orang kulit hitam umumnya di daerah Afrika) sel-sel pembentuk melamin disebut Melanosit terdapat pada stratum basalis. Melanin diproduksi dari asam amino tyrosin dengan bantuan enzim tyrosinase. Sedang kan para blonde yang bule orang Eropa asli, kulit mereka  hilang kemampuannya dalam memproduksi melanin sehingga disebut Albino, maka kulitnya akan berwarna putih kemerahan, iris berwarna merah, dan rambut memutih. Dan ini merupakan sebuah penyakit yang bersifat keturunan.
Sinar Ultraviolet dan MSH (Melanocyt Stimulating Hormon) dari Hypophyse diduga akan mengaktifkan enzim-enzim pembentuk melanin, sehingga seseorang sering berjemur kulitnya akan menghitam.


Bila melanosit berkumpul banyak di suatu tempat maka akan terlihat sebagai bercak kehitaman (freckles), kebanyakan orang eropa asli
Bila melanosit berkumpul banyak di suatu tempat maka akan terlihat sebagai bercak kehitaman (freckles), yang sering terjadi pada mereka yang memiliki kulit albino.

Skala Warna Kulit dan Ras Didunia

Skala warna kulit manusia menurut Thomas bernard Fitzpatrick, sehingga disebut Skala Fitzpatrick adalah :  Tipe 1 adalah kulit warna pucat yaitu pada orang -orang ras kaukasoid /kaukasian seperti benua eropa dan Asia timur laut Tipe 2 adalah kulit warna putih pada orang - orang ras kaukasoid umunya dari benua eropa dan Afrika utara seperti Mesir, Tunisia, Alzajair Tipe 3 adalah kulit warna coklat terang, umumnya pada kulit orang -orang asia Tipe 4 adalah kulit warna coklat, umumnya pada kulit orang-orang bagian Mediteranian seperti spanyol. Perancis, Monako, italia, timur tengah, Asia selatan dan asia tenggara Tipe 5 adalah kulit warna coklat tua , banyak ditemukan pada orang -orang Afrika dan ras Hispanik Tipe 6 adalah kulit warna Coklat sangat tua menuju Hitam, banyakd itemukan pada orang-orang benua Afrika dan Aborigin, penduduk asli dari benua Australia Apabila dilihat faktor resiko paparan ultra violet dan resiko kanker tipe 1,2 dan 3 sangat sensitif pada paparan sinar ultraviolet dan tinggi resiko kanker kulitnya.
Skala warna kulit manusia menurut Thomas bernard Fitzpatrick, sehingga disebut Skala Fitzpatrick adalah : 
  • Tipe 1 adalah kulit warna pucat yaitu pada orang -orang ras kaukasoid /kaukasian seperti benua eropa dan Asia timur laut
  • Tipe 2 adalah kulit warna putih pada orang - orang ras kaukasoid umunya dari benua eropa dan Afrika utara seperti Mesir, Tunisia, Alzajair
  • Tipe 3 adalah kulit warna coklat terang, umumnya pada kulit orang -orang asia
  • Tipe 4 adalah kulit warna coklat, umumnya pada kulit orang-orang bagian Mediteranian seperti spanyol. Perancis, Monako, italia, timur tengah, Asia selatan dan asia tenggara
  • Tipe 5 adalah kulit warna coklat tua , banyak ditemukan pada orang -orang Afrika dan ras Hispanik
  • Tipe 6 adalah kulit warna Coklat sangat tua menuju Hitam, banyakd itemukan pada orang-orang benua Afrika dan Aborigin, penduduk asli dari benua Australia
Apabila dilihat faktor resiko paparan ultra violet dan resiko kanker tipe 1,2 dan 3 sangat sensitif pada paparan sinar ultraviolet dan tinggi resiko kanker kulitnya. 

Klasifikasi Ras Dunia menurut   A.L Kroeber  ahli  Antropologi Amerika terdiri dari : 1. Australoid   Australoid merupakan penduduk asli Australia, yaitu bangsa Aborigin,  2. Mongoloid,  Monggolodi meliputi wilayah  : Asiatic Mongoloid (Asia Utara, tengah dan timur),  Malayan Mongoloid (Asia tenggara, Kep. Indonesia, Malaysia, Filipina dan penduduk asli Taiwan),  American Mongoloid (penduduk asli Amerika Utara dan selatan),  3. Kaukasoid  Ras kaukasoid meliputi wilayah : Nordic (Eropa Utara sekitar laut Baltik),  Alpine (Eropa tengah dan timur),  Mediterranen (penduduk sekitar laut tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab dan Iran),  Indic (Pakistan, India, Bangladesh, Srilanka), 4. Negroid  Ras Negroid meliputi wilayah : African negroid,  Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Melayu, Filipina) dan  Melanesian (irian, Melanesia) dan terakhir  5. Ras khusus  Bushman (penduduk daerah Gurun Kalahari, Afrika Selatan),  Veddoid (penduduk pedalaman Srilanka dan Sulawesi Selatan),  Polynesian (penduduk kepulauan Mikronesia dan Polynesia) dan  Ainu (penduduk pulau Karafuto dan Hokkaido, Jepang Utara)

Klasifikasi Ras Dunia menurut   A.L Kroeber  ahli  Antropologi Amerika terdiri dari :

1. Australoid  

Australoid merupakan penduduk asli Australia, yaitu bangsa Aborigin, 

2. Mongoloid

Monggolodi meliputi wilayah  :
  1. Asiatic Mongoloid (Asia Utara, tengah dan timur), 
  2. Malayan Mongoloid (Asia tenggara, Kep. Indonesia, Malaysia, Filipina dan penduduk asli Taiwan), 
  3. American Mongoloid (penduduk asli Amerika Utara dan selatan), 

3. Kaukasoid 

Ras kaukasoid meliputi wilayah :
  1. Nordic,tersebar di wilayah eropa Utara sekitar laut Baltik,
  2. Alpine ,tersebar di wilayah eropa tengah dan timur, 
  3. Mediterranen ,penduduk sekitar laut tengah,
  4. Afrika Utara, tersebar di wilayah Armenia, Arab dan Iran, 
  5. Indic  tersebar di wilayah Pakistan, India, Bangladesh, Srilanka,

4. Negroid 

Ras Negroid meliputi wilayah :
  1. African negroid, 
  2. Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Melayu, Filipina) dan 
  3. Melanesian (irian, Melanesia) dan terakhir 

5. Ras khusus 

    • Bushman (tersebar didaerah Gurun Kalahari, Afrika Selatan), 
    • Veddoid (tersebar di pedalaman Srilanka dan Sulawesi Selatan), 
    • Polynesian (tersebar dikepulauan Mikronesia dan Polynesia) dan 
    • Ainu (tersebar di pulau Karafuto dan Hokkaido, Jepang Utara)

Penutup

Maha besar Allloh SWT ,Warna-warni kulit dan  keunikannya itu,  merupakan tanda-tanda kebesaran-Nya sebagaimana penciptaan langit dan bumi  :
"Dan diantara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. QS : 30 : 22".  
Akhirulkalam saya kutip juga hadist riwayat Imam Ahmad :
"Ketahuilah! Tidak ada kemuliaan orang Arab diatas orang Ajam (non Arab), tidak juga kemuliaan orang Ajam atas orang Arab, tidak juga yang berkulit merah diatas kulit hitam atau bagi yang berkulit hitam diatas  kulit merah, kecuali dengan ketaqwaan."
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Warna Kulit"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.