Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F

CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka | Biologi dalam kurikulum nasional sangat diperlukan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan sumber daya alam, kualitas lingkungan, kesehatan dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta peggunaan teknologi biologi yang dihadapi masyarakat pada abad ke-21.

CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka | Biologi dalam kurikulum nasional sangat diperlukan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan sumber daya alam, kualitas lingkungan, kesehatan dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta peggunaan teknologi biologi yang dihadapi masyarakat pada abad ke-21.ulum nasional sangat diperlukan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan sumber daya alam, kualitas lingkungan, kesehatan dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta peggunaan teknologi biologi yang dihadapi masyarakat pada abad ke-21.

CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Mata Pelajaran Biologi SMA/MA/Program Paket C

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Kata “Biologi” pertama kali diciptakan oleh naturalis Jerman Gottfried 
    Reinhold pada tahun 1802 tetapi pemahaman tentang organisme hidup baru mulai berkembang cepat dengan adanya teknik dan teknologi yang dikembangkan pada abad 18 dan 19 seperti penemuan mikroskop.

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Biologi adalah kajian fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal muasal dan distribusinya. Dalam perkembangannya, Biologi tidak hanya mengkaji makhluk hidup dan proses kehidupan, tetapi juga perubahan makhluk hidup dari masa ke masa serta inovasi teknologi biologi.

    Biologi dalam kurikulum nasional sangat diperlukan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan sumber daya alam, kualitas lingkungan, kesehatan dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta peggunaan teknologi biologi yang dihadapi masyarakat pada abad ke-21. 

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Selain itu, ilmu Biologi digunakan dalam mempertahankan keanekaragaman hayati, kelestarian ekosistem, kesejahteraan manusia dan organisme lain beserta populasinya, serta keberlanjutan sumber daya hayati yang dimiliki Indonesia. 

    Proses pembelajaran sains Biologi dilakukan melalui pendekatan kontekstual dan inkuiri yang seluruh kegiatan berpusat pada peserta didik. 

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Melalui pendekatan ini, peserta didik diberikan pengalaman belajar secara otentik sehingga peserta didik terlatih dalam memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui kerja ilmiah dimulai dari menemukan masalah, menyusun hipotesis, merancang percobaan, melalakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil percobaan. 

    Hal ini akan berimplikasi pada kesiapan peserta didik dalam menghadapi hidupnya saat ini dan masa depannya.  Materi Biologi pada tingkatan Sekolah Menengah Atas mencakup keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus, ekosistem, perubahan lingkungan, biologi sel, sistem organ, evolusi dan genetika
    serta pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi biologi.

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Pengenalan tingkatan kehidupan akan membantu peserta didik memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki dan pengembangan keterampilan inkuri selama proses pembelajaran. 

    Sebagai contoh peserta didik menggunakan pemahamannya dalam mengevaluasi
    hubungan sistem biologi dan perubahannya akibat dampak aktivitas manusia, maka dapat mengusulkan penyelesaian permasalahannya dalam konteks personal, lokal, dan global. 

    Peserta didik juga dapat mengeksplorasi bagaimana para ahli bekerja secara kolaborasi dan individual dalam meningkatkan pemahaman tentang ilmu Biologi.

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan proses berupa investigasi, analisis dan keterampilan komunikasi melalui lingkungan dan laboratorium. Selain itu, secara tidak langsung selama melakukan keterampilan proses, sikap ilmiah peserta didik dan Profil Pelajar Pancasila dapat terbentuk. 

    Melalui kegiatan investigasi, peserta didik secara mandiri dapat mengasah nalar, memunculkan kreatifitas, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan peserta didik lainnya.

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Dengan demikian Biologi dapat mengembangkan pengetahuan dan
    keterampilan proses. Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas memberikan keterampilan dan pemahaman berdaya guna dalam lingkup yang luas untuk keberlanjutan proses pembelajaran di perguruan tinggi dan/atau karirnya. 

    Pemahaman terhadap konsep Biologi seperti pengetahuan dan keterampilan sains secara umum, sangat relevan untuk karir, seperti dunia kesehatan, peternakan, perikanan, industri makanan, biologi laut, agrikultur, bioteknologi, rehabilitasi lingkungan, konservasi, dan ekowisata. 

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Biologi juga dapat dijadikan dasar bagi peserta didik dalam mengambil keputusan secara kritis tentang isu personal, lokal, dan global.

    B. Tujuan Mata Pelajaran Biologi SMA/MA/Program Paket C

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Dengan mempelajari ilmu Biologi, peserta didik dapat:
    1. Memiliki rasa kagum dan bersyukur terhadap Pencipta (sikap spiritual) serta menghormati makhluk hidup dan ikut menjaga lingkungan;
    2. Menghormati keragaman pendapat, budaya, dan karakteristik khas lingkungan;
    3. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan memperhatikan etika dan norma yang berlaku;
    4. Memiliki pemahaman tentang sistem kehidupan yang saling berinteraksi ; adanya aliran materi dan energi; serta pertahanan dan perubahan;
    5. Memahami esensi Biologi mulai proses subseluler hingga dinamika ekosistem;
    6. Memahami perkembangan pengetahuan Biologi dari waktu ke waktu melalui dinamika proses kerja para ilmuwan yang mampu mempengaruhi masyarakat dalam konteks personal, lokal, dan global;
    7. Memahami isu permasalahan biologi dalam lingkup individu, keluarga, lingkungan sekitar dan global serta menerapkan pengetahuan Biologi untuk mengatasi permasalahan tersebut;
    8. Menghasilkan gagasan sebagai hasil adaptasi, adopsi, modifikasi, kreasi baru yang beragam berdasarkan hasil eksperimen;
    9. Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan investigasi lapangan, laboratorium dan penelitian lainnya termasuk pengumpulan dan analisis data kualitatif maupun kuantitatif, serta interpretasi bukti.

    C. Karakteristik Mata Pelajaran Biologi SMA/MA/Program Paket C

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Biologi adalah kajian fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang 
    mencakup struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal muasal dan distribusinya. Biologi juga mengkaji makhluk hidup dan karakteristik kehidupannya dari masa ke masa. 

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Materi biologi untuk fase A, B dan C mencakup materi sederhana yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga mudah memahaminya. Materi biologi untuk fase D dan E adalah materi dasar yang mengintegrasikan mata pelajaran fisika dan kimia yang harus dikuasai oleh peserta didik agar siap belajar pada fase F. 

    CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Selain itu, Penerapan materi fase D dan E mengarah pada penelahaan isu-isu personal, lokal, dan global. Pada Fase F, cakupan materi biologi adalah struktur sel, bioproses dalam sel, genetika, evolusi, sistem organ, struktur, fisiologi pada manusia, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi.

    Merujuk pada hakikat sains sebagai proses dan produk, maka ada dua elemen dalam mata pelajaran ini yang mencakup 
    1. pemahaman biologi;  Mencakup materi keanekaragaman hayati dan peranannya, virus dan peranannya, perubahan lingkungan, ekosistem, bioteknologi, biologi sel, sistem organ pada manusia, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi.
    2. keterampilan proses ; Keterampilan saintifik yang mencakup 
      1. mengamati, 
      2. mempertanyakan dan memprediksi, 
      3. merencanakan dan melakukan penyelidikan, 
      4. memproses dan menganalisis data dan informasi, 
      5. mengevaluasi dan merefleksi dan 
      6. mengomunikasikan hasil

    D. CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka

    Selengkapnya elemen dan CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka dibawah ini :


    Atau silahkan download CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdekadilink berikut ini :


    Untuk cpaian pembelajaran (CP) mata pelajaran lainnya silahkan kunjungi : CP Revisi 2022 Kurikulum Merdeka Tiap Mata Pelajraan

    Sumber rujukan CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022 yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022  sebelumnya.
    Semoga Bermanfaat

    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    1 komentar untuk "CP Biologi Revisi 2022 Fase E-F "

    Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.