Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Menyusun Prota dan Promes Kurikulum Merdeka

Langkah-langkah Menyusun Prota dan Promes Kurikulum Merdeka SD-SMP-SMA. Program semester dan program tahunan adalah administrasi wajib guru yang memuat alur tujuan Pembelajaran yang disusun oleh guru selama satu tahun pelajaran (dua semester).

Langkah-langkah Menyusun Prota dan Promes Kurikulum Merdeka SD-SMP-SMA. Program semester dan program tahunan adalah administrasi wajib guru yang memuat alur tujuan Pembelajaran yang disusun oleh guru selama satu tahun pelajaran (dua semester).

Pengertian Program Tahunan (Prota)

Program adalah susunan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Program tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. 

Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Program tahunan (Prota)  merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. 

Program tahunan (Prota) ini perlu dibuat dan dikembangkan oleh guru diawal tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program turunannya seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan,RPP dan Modul Ajar.
Langkah-Langkah menyusun Prota (Program Tahunan) Dalam langkah menyusun Prota (program tahunan) guru menetapkan alokasi waktu untuk setiap ATP dan CP serta Tujuan pembelajaran yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan.   Dengan demikian, penyusunan Prota (program tahunan) pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap Tujuan pembelajaran.  Berikut ini Langkah-langkah menyusun Prota (Program Tahunan) : Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi          Jeda tengah semester             Jeda antar semester Libur akhir tahun pelajara                Hari libur keagaman Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional Hari libur khusus Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap TP dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk formatif dan sumatif. Download Templet Prota (program tahunan ) :cek dibawah artikel

Langkah-Langkah menyusun Prota (Program Tahunan)

Dalam langkah menyusun Prota (program tahunan) guru menetapkan alokasi waktu untuk setiap ATP dan CP serta Tujuan pembelajaran yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. 

Dengan demikian, penyusunan Prota (program tahunan) pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap Tujuan pembelajaran.

Berikut ini Langkah-langkah menyusun Prota (Program Tahunan) :
  1. Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
  2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi         
    • Jeda tengah semester            
    • Jeda antar semester
    • Libur akhir tahun pelajara               
    • Hari libur keagaman
    • Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
    • Hari libur khusus
  3. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
  4. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap TP dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk formatif dan sumatif.
Download Templet Prota (program tahunan ) :cek dibawah artikel

Pengertian Program Semester (Promes)

Semester adalah waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan dalam 6 bulan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, Praktik kerja lapangan, Ujian tengah semester, ujian akhir  semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.

Dalam menyusun program semester (Promes)  dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan.Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. 

Pada setiap akhir semester seluruh bahan kegiatan program semester  (Promes) kKurikulum Merdeka  yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan. 

Program semester (promes)  Kurikulum merdeka ini berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. 

Program semester (promes) ini merupakan penjabaran dari program tahunan.Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai CP, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai CP itu dilakukan.

Pada umumnya program semester (promes) ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan lainnya.

Langkah Membuat Program Semester (Promes) Langkah-langkah Penyusunan Program Semester (Promes) adalah : Memasukkan ATP, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran  Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan. Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang  membutuhkan penjelasan memasukan  waktu dan periode Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Download Templet Promes (Program Semester) : cek dibawah artikel

Langkah Membuat Program Semester (Promes)

Langkah-langkah Penyusunan Program Semester (Promes) adalah :
  1. Memasukkan ATP, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester
  2. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran 
  3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
  4. Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang  membutuhkan penjelasan
  5. memasukan  waktu dan periode Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Download Templet Promes (Program Semester) : cek dibawah artikel

Templet Program Semester (Prota) dan program Semester (Promes) 

Download Program Tahunan dan Program Semester SD-SMP dan SMA/SMK

Berikut ini Progam Tahunan SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka yang dapat anda unduh untuk di Analisis dan amati, tiru dan modifikasi sesuai situasi kondisi, ciri khas dan kurikulum satuan pendidikan masing masing. Untuk nyaman dalam mengunduh bagusnya Sobat GS gunakan PC.

 No  Prota dan Promes   Download 
1 Prota dan Promes SD/MI kelas 1 Download
2 Prota dan Promes SD/MI kelas 4 Download
3 Prota dan Promes dan ADM guru lengkap IPA SMP kelas 7 Download
3 Prota dan Promes dan ADM guru lengkap IPA SMP kelas 8 Download
3 Prota dan Promes dan ADM guru lengkap IPA SMP kelas 9 Download
3 Prota dan Promes SMA/MA just wait
4 Prota dan Promes SMK just wait

Materi Administrasi guru lainnya yang dapat anda unduh :

Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes)  Kurikulum Merdeka yang dapat anda unduh untuk di Analisis dan amati, tiru dan modifikasi sesuai situasi kondisi, ciri khas dan kurikulum satuan pendidikan masing masing. 
Semoga bermanfaat.

Terkait dengan langkah-langkah menyusun Prota dan promes Kurikulum Merdeka
  • Apa yang dimaksud dengan Prota dan promes?
  • Langkah langkah dalam menyusun Prota dan promes?
  • prota promes k13 2022 2023
  • prota promes 2021 2022 sd
  • prota dan promes pdf
  • prota dan promes sd kurikulum 2013 revisi 2020
  • download prota dan promes sd kelas 1 kurikulum 2013 revisi 2018
  • prota promes k13 2020 2021
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Menyusun Prota dan Promes Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.