Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung

Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan pada peserta didik terhadap keahlian teknik perawatan gedung. 

melalui pemahaman tentang proses bisnis di dunia kerja, perkembangan teknologi, mengenali berbagai macam profesi dan okupasi kerja dan peluang usaha, sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan konstruksi yang mengedepankan pekerjaan perawatan gedung terkait isu global green building dan sustainable building.

Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung | Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan pada peserta didik terhadap keahlian teknik perawatan gedung.   melalui pemahaman tentang proses bisnis di dunia kerja, perkembangan teknologi, mengenali berbagai macam profesi dan okupasi kerja dan peluang usaha, sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan konstruksi yang mengedepankan pekerjaan perawatan gedung terkait isu global green building dan sustainable building.

Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung

    A. Rasional Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung

    Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian
    dalam pekerjaan perawatan bangunan gedung diantaranya kegiatan memperbaiki dan/atau mengganti bagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau sarana prasarana secara rutin/berkala agar bangunan gedung tetap dapat berfungsi secara maksimal. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung merupakan mata pelajaran kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam program keahlian Teknik Perawatan Gedung, membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan passion (renjana), yang merupakan kesatuan kegiatan pekerjaan 
    meliputi penguasaan perencanaan, pelaksanaan dan perawatan bangunan gedung
    ,agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran-mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di fase F.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan pada peserta didik terhadap keahlian teknik perawatan gedung, melalui pemahaman tentang proses bisnis di dunia kerja, perkembangan teknologi, mengenali berbagai macam profesi dan okupasi kerja dan peluang usaha, sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan konstruksi yang mengedepankan pekerjaan perawatan gedung terkait isu global green building dan sustainable building.

    Dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung ini, pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, teaching factory, discovery learning, problem-based learning, inquiry learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai juru perawatan gedung dan sebagai tenaga operator junior di bidang perawatan gedung yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan berinteraksi antar budaya, mampu bekerja dalam tim, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan
    lingkungan kerja, mampu mengelola informasi/gagasan serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

    B. Tujuan Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung 

    Tujuan Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung adalah membekali peserta didik dengan kompetensi hard skill dan soft skill sebagai berikut:
    1. memahami proses bisnis pada pekerjaan perawatan gedung;
    2. memahami perkembangan dunia kerja perawatan gedung;
    3. memahami profesi dan kewirausahaan di bidang perawatan gedung (job-profile dan entrepreneurship);
    4. memahami kegiatan praktik yang terkait dengan pekerjaan teknik perawatan gedung;
    5. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri di lingkungan kerjanya;
    6. memahami ilmu statika bangunan untuk mendasari perhitungan konstruksi bangunan gedung;
    7. memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan dengan berbasis green material dan berbagai jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan perawatan gedung dengan mengangkat isu-isu global terkait green building dan sustainable building; dan
    8. menggambar teknik dasar dengan memanfaatkan peralatan manual dan teknologi yang sesuai dengan standar industri.

    C. Karakteristik mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung 

    Karakteristik Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan 
    Gedung berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga kerja dalam bidang perawatan gedung sesuai dengan perkembangan dunia kerja. 

    Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Dibawah secara lengkap sobat GS bisa Cermati Elemen-elemen dan Deskripsi dari Mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Perawatan Gedung.

    D. Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung

    Pada akhir fase E (umumnya untuk kelas X SMK/MAK) peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya melalui penguatan Wawasan Dunia Kerja dan Kewirausahaan serta penguasaan elemen-elemen pembelajaran lainnya, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar serta memiliki kemampuan dasar teknik perawatan gedung.

    Selengkapnya dibawah ini bisa sobat GS telaah lebih dalam elemen dan capaian pembelajaran Teknik Perawatan Gedung


    Atau silahkan unduh pada link berikut ini :



    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan gedung ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.