Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengolah Nilai Untuk Raport | Kurikulum Merdeka

Mengolah Nilai Untuk Raport pada Kurikulum Merdeka dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap data hasil asesmen. Hasil asesmen untuk setiap Tujuan Pembelajaran diperoleh melalui data kualitatif (hasil amatan atau rubrik) maupun data kuantitatif (berupa angka). 

Data-data ini diperoleh dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, baik pada capaian pembelajaran di akhir fase, maupun tujuan-tujuan pembelajaran turunannya. 

Hasil asesmen yang dilakukan kemudian pendidik mengolah nilai untuk raport sebagai laporan hasil belajar siswa, dengan memanfaatkan hasil pengolahan Nilai formatif dan sumatif.

mengolah nilai raport, Nilai Raport, cara menghitung nilai raport,

Pengolahan hasil asesmen dalam bentuk angka (kuantitatif) didasarkan hanya pada hasil asesmen sumatif, sementara asesmen formatif berupa data atau informasi yang bersifat kualitatif, digunakan sebagai  umpan balik untuk perbaikan pembelajaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan menyusun deskripsi capaian kompetensi. 

Tujuan pengolahan data hasil asesmen untuk nilai raport ini adalah  

  • Memperoleh informasi hasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik dalam kurun waktu tertentu yang akan disajikan pada laporan kemajuan belajar. 
  • Memetakan kekuatan dan kelemahan peserta didik untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar pemberian umpan balik. 

Dalam mengolah nilai untuk raport tersebut, satuan pendidikan diberikan keleluasaan dengan mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran, capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran. 

1. Mengolah Hasil Asesmen untuk Nilai Raport

1.1. Mengolah data Kuantitatif

Contoh 1

Mengolah nilai, data kuantitatif


Contoh 2
Mengolah nilai, data kuantitatif


Contoh 3

mengolah Nilai, Data Kuantitatif

1.2. Mengolah data Kualitatif

Contoh pengolahan data kualitatif silahkan di scrolling :

2. Mengolah Deskripsi pada Raport

Ada 3 cara /pilihan dalam mengolah Deskripsi pada raport kurikulum merdeka diantaranya :
  1. Penyusunan Deskripsi berdasarkan Capaian kompetensi
  2. Penyusunan Deskripsi berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran
  3. Penyusunan Deskripsi Mengambil poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.
Selengkapnya silahkan anda scrolling dokumen dibawah ini :


3. Menyajikan Hasil Asesmen kedalam Raport

Pelaporan hasil penilaian atau asesmen dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian.  

Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik. Pada PAUD, selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Satuan pendidikan perlu  melaporkan hasil belajar dalam bentuk raport. Sebagaimana diuraikan pada prinsip asesmen di atas, laporan hasil belajar hendaknya bersifat sederhana dan informatif,  dapat  memberikan informasi yang bermanfaat dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut bagi pendidik, satuan pendidikan dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran. 

Pada PAUD, laporan hasil belajar dapat juga ditambahkan informasi tentang tumbuh kembang anak. Dalam format laporan terakhir, selain laporan ketercapaian CP, ada juga informasi tentang tinggi dan berat badan anak, kepemilikan NIK serta refleksi orang tua tentang perkembangan anak.

Rapor peserta didik PAUD minimal meliputi komponen: 
  1. Identitas peserta Didik, 
  2. Nama satuan pendidikan, 
  3. Kelompok usia, 
  4. Semester, 
  5. Perkembangan dan pertumbuhan  anak, 
  6. Deskripsi perkembangan capaian pembelajaran, dan 
  7. Refleksi orang tua. 

Komponen raport peserta didik SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK atau sederajat minimal memuat informasi mengenai: 
  1. Identitas peserta didik, 
  2. Nama satuan pendidikan, 
  3. Kelas, 
  4. Semester, 
  5. Mata pelajaran, 
  6. Nilai, 
  7. Deskripsi, 
  8. Catatan guru, 
  9. Presensi, dan 
  10. Kegiatan ekstrakurikuler.
Pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK atau sederajat, satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan deskripsi dalam menjelaskan makna nilai yang diperoleh peserta didik. 

Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan  mekanisme dan format pelaporan hasil belajar kepada orang tua/wali.  

Pelaporan hasil belajar disampaikan sekurang-kurangnya pada setiap akhir semester. Di samping itu, satuan pendidikan menyampaikan rapor peserta didik secara berkala melalui e-rapor/dapodik

3.2. Menyajikan Nilai Raport

Nilai raport disajikan berdasarkan penghitungan hasil pengolahan yang telah dilakukan. Pendidik perlu memperhatikan hasil asesmen yang tertinggi dan terendah pada kompetensi untuk kemudian disajikan ke dalam Capaian Kompetensi dalam rapor. 

  • Jika memilih opsi 1, pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah berdasarkan data formatif dan sumatif

Nilai raport, mengolah nilai
  • Jika memilih opsi 2, pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah berdasarkan data formatif kuantitatif dan kuantitatif

mengolah Nilai raport
  • Jika memilih opsi 3, pendidik harus mengidentifikasi capaian kompetensi tertinggi dan terendah berdasarkan data formatif, dikonfirmasi dengan data sumatif

Mengolah Nilai Raport

3.2. Format Raport


Selengkapnya mengolah nilai untuk raport kurikulum merdeka dari pengolahan data kuantitatif dan kualitatif, penyusunan Deskripsi dan menyajikannya dalam raport serta format raport bisa sobat GS unduh dibawah ini :


4. Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka

Untuk membantu kemudahan sobat GS, berikut saya sertakan penggunaan aplikasi dalam pengolahan nilai raport.

Silahkan cek pada link berikut ini aplikasi Raport untuk SD-SMP-SMA-SMK, selamat menggunakan.

 
Demikian cara bagaimana mengolah hasil asesmen untuk nilai raport dan menyajikan hasil asesmen ke dalam raport pada Kurikulum Merdeka yang bersumber dari modul Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kemdikbudristek 2022.
Semoga bermanfaat.

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Mengolah Nilai Untuk Raport | Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.