Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar TBSM Terlengkap

Modul Ajar TBSM  atau Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. TBSM  berfokus pada kompetensi tingkat menengah dan lanjutan yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi sepeda motor sesuai dengan perkembangan teknologi dan dunia kerja. 

Konsentrasi Teknik Sepeda Motor (TBSM) adalah segala hal yang terkait dengan proses penggunaan, perawatan dan perbaikan alat transportasi kendaraan roda dua sesuai dengan teknologi yang berkembang. 

Modul Ajar TBSM  atau Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. TBSM  berfokus pada kompetensi tingkat menengah dan lanjutan yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi sepeda motor sesuai dengan perkembangan teknologi dan dunia kerja.   Konsentrasi Teknik Sepeda Motor (TBSM) adalah segala hal yang terkait dengan proses penggunaan, perawatan dan perbaikan alat transportasi kendaraan roda dua sesuai dengan teknologi yang berkembang.

Modul Ajar TBSM ini  membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang Teknik Sepeda Motor.

Modul ajar TBSM Terlengkap

Konsentrasi Teknik Sepeda Motor (TBSM) merupakan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi dalam penguasaan keahlian Teknik Sepeda Motor. 

Teknik Sepeda Motor (TBSM) berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Pada perkembangannya Teknik Sepeda Motor menjadi semakin canggih dengan teknologi yang berkaitan dengan Otomotif.

Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor dalam Kurikulum Merdeka berada pada fase F untuk menumbuh kembangkan keprofesionalan, minat dan bakat peserta didik pada Program Keahlian Teknik Otomotif dalam penerapan perawatan dan perbaikan serta wirausaha di bidang sepeda motor. 

Modul Ajar TBSM ini memberikan ruang kreativitas bagi peserta didik yang memiliki hobi modifikasi sepeda motor dan hobi tersebut menjadi peluang usaha bagi peserta didik.

Mata pelajaran ini memiliki kontribusi dalam membentuk kompetensi hard skills, soft skills dan karakter. Peserta didik dididik dan dilatih agar mampu menerapkan cara-cara perawatan, perbaikan dan wirausaha di bidang Sepeda Motor. 

Kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik melalui modul ajar TBSM ini dapat dijadikan bekal untuk bekerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dan/atau bekal berwirausaha, sehingga menjadi warga negara yang memiliki kualitas pribadi handal dengan dasar menjunjung tinggi kejujuran, bergotong royong dan mampu bekerja sama, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Tujuan Belajar TBSM

Mata pelajaran Teknik Sepeda Motor (TBSM) bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan hard skills maupun soft skills sebagai berikut:

  1. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan enginesepeda motor;
  2. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan sasis sepeda motor;
  3. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan pemindah tenaga sepeda motor;
  4. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan kelistrikan sepeda motor;
  5. memahami teknik perawatan dan perbaikan sepeda motor listrik dan hybrid;
  6. menerapkan teknik perawatan dan perbaikan engine management systemsepeda motor; dan
  7. menerapkan teknik pengelolaan bengkel dan berwirausaha di bidang sepeda motor.

Modul Ajar TBSM Terlengkap

Dibawah ini saya sajikan modul ajar TBSM ,semoga bisa bermanfaat untuk dijadikan rujukan dan diolah sedemikian rupa sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik dan wilayahnya masing-masing.

 No  Modul Pembelajar TBSM Penyusun  Unduh 
1 Perawatan Berkala Mesin Sepeda Motor  Drs. Agus Wahyui,M.Eng Unduh
2 Perawatan Berkala Sistem Kelistrikan Penerangan dan sistem tanda sepeda motor Drs. Sukma Tjatur Wahyono Unduh
3 Perawatan berkala Chasis dan sistem Pemindah tenaga dasar Sugeng Riyadi,S.Pd Unduh
4 Perawatan berkala Chasis dan Sistem pemindah Tenaga lanjut Drs. Agus Wahyui,M.Eng Unduh
5 Perawatan Berkala sistem Engine Manajemen  System Sepeda Motor Nyono,ST Unduh
6 Perbaikan Mesin Sepeda Motor Step 1 Sasongko Leksono,S.P.,ST.,M.Si Unduh
7 Perbaikan Mesin Sepeda Motor Step 2 Drs. Bintoro,S.T.,M.T Unduh
8 Perbaikan Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Drs. Sukma Tjatur Wahyono Unduh
9 Perbaikan Chasis dan SPT Sepeda Motor Drs. Agus Wahyui,M.Eng Unduh
10 pemeliharaan Engine Management System (EMS) Sepeda Motor Drs. Agus Wahyui,M.Eng Unduh

Berikutnya modul ajar TBSM berupa modul service manual berbagai merek sepeda motor :

Demikian Modul ajar TBSM , untuk modul ajar SMK Kurikulum Merdeka lainnya silahkan dilink berikut ini :


Semoga Bermanfaat
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar TBSM Terlengkap"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.