Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolaborasi File di Office 365 Teams & Class notebooks

Seri : Oleh-oleh TOT Microsoft 365

Kadang kita membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas.

Mungkin selama ini kita kerap berkirim dokumen melalui attachment email / wa dengan teman. Namun rupanya attachment terebut sering terselip, tertumpuk di inbox atau juga terhapus , akibatnya kita kesulitan mencari dokumen di saat dibutuhkan. Dan tentunya kalau berbagi file demikian akan banyak menyita memori device anda, beda dengan cara mengedit/berkolaborasi file.

Anda dapat membuat dokumen online lalu membagikannya kepada rekan kantor atau kolega atau antara satu siswa dengan siswa lainnya untuk dikerjakan bersama-sama secara virtual real time.

Dengan kolaborasi kita bisa  menyelesaikan pekerjaan dengan lebih ringan dan cepat bahkan efektif karena dikerjakan bersama-sama. Tidak terbatas jarak dan waktu. Uniknya kita juga bisa mengikuti perubahan atau revisi dan komentar dari teman sharing sehingga kita tidak akan ketinggalan update terbaru dari rekan pada dokumen tersebut.

Dokumen akan tersimpan aman dan tetap pada tempatnya, sehingga tidak akan terselip lagi., dan tidak menyita memori device anda. Perubahan sekecil apapun pada dokumen dapat terlacak secara transparan untuk memastikan kita mengetahui segalanya mengenai doumen yang dibagikan tersebut.

Dengan cara bagaimana di office 365 mengedit file ?

1.   1. Mengunggah file yang sudah ada

          Setiap file yang diunggah akan dapat diakses oleh anggota tim anda dan seperti di                          sharePoint anda dapat menyematkan file tertentu ke bagian atas daftar untuk kemudahan            akses.kemudian diedit bersama.

2    2.   Membuat File

        Dengan cara membuat file office word.excel/powerpoint baru kemudian menuliskannya di            office web./desktop.

  •  Tempat Kolaborasi file di office 365

One Drive

Lebih dari sekedar penyimpanan Online

One Drive bukan hanya tempat menyimpan file di awan (cloud storage) ,tapi bukan hanya itu saja OneDrive  juga memberikan layanan Sharing file yang memungkingkan anda untuk berbagi data dengan orang lain yang anda pilih, selain itu juga anda dapat berkolaborasi yakni mengerjakan file /satu dokumen bersama dengan rekan dengan waktu nyata (realtime) tanpa delay.

Edit File Bersama di OneDrive

    
1.  Buka Office 365 dengan masuk di https://www.office.com/



2.  Kemudian masuk ke OneDrive
3.  Pilih +new    kemudian      Klik  "Word Dokumen"
4.  Bagikan /share            disudut kanan atas jendela. Muncuk kotal dialog pilih   
     kepada siapa   mau di kirim untuk di edit ,


5. Centang "Allow edit" sehinga semua orang yang diberikan link bisa berkolaborasi dengan anda serta      memberikan editing pada file

6. kemudian share link file tadi kepada rekan kerja kita melalui :

  1. Media Sosial
  2. E-mail'
  3. Teams (post General)
  4. Class Notebooks
TEAMS
  •  Buka kelas Teams dengan masuk ke General Post

  • Tinggal di Post  kan, maka semua anggota Teams bisa mengeditnya/berkolaborasi 

CLASS NOTEBOOKS

1. Pertama masuk ke Office 365 dan Klim  Class Notebooks

2. ada 4 pilihan disitu, Klik " Manage Notebook" bericon  buku


3. Pilih Kelas Notebooks yang sudah dibuat  dan yang akan diajak bekerjasama/berkolaborasi

4. Buka Kunci Kolaborasi


5. Masuk Ke Section "Using Collaboration", kemudian buka page " dimana kita mau melakukan /menyimpan file yang akan di edit bersama.



6. Klik Insert kemudian Klik Link       maka muncul kotak dialog



7. Paste file yang akan di edit bersama, maka rekan kerja /siswa lainnya sudah  siap berkolaborasi dengan mengklik link tersebut dan mengeditnya. setiap rekan yang mengedit akan terlihat dengan tanda bendera sehingga tidak akan terjadi bentrok file yang dikerjakan wlau secara real time

“ Kolaborasi adalah menyumbangkan kekuatan dan berusaha keras memperbaiki kelemahan mereka dengankekuatan orang lain” Stephen R Covey

 Silahkan Download File Materi diatas DISINI

 Selamat mencoba

 

 

 


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Kolaborasi File di Office 365 Teams & Class notebooks"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.