Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul PJJ Berbasis Aktifitas Kemdikbud kelas 8 SMP

Sebagaimana amanah UU Sisdiknas no 20 tahun 2003 tugas guru adalah menghadirkan pembelajaran yang bisa membangkitkan, menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, sehingga mampu menghadapi persaingan abad 21. 

Dan salah satu upaya tersebut adalah dengan hadirnya modul alternatif terbaik di masa PJJ, yang bisa unduh gratis dan  temukan dalam modul  Pembelajaran Berbasis Aktifitas,sebuah alrnatif PJJ .

Pembelajaran Berbasis Aktifitas



Dr. Dwyne Harapnuik dan Dr Doug Mauger memberikan beberapa poin sebuah pelaksanaan pembelajaran daring (PJJ) yang terbaik diantaranya :
  1. Use of Multimedia ,menggunakan Media , sebagai alat berkomunikasi yang efektif, media bisa berkata-kata lebih  yang akan memberikan makna yang luas
  2. Student Creation, Penciptaan kreasi/membuat produk, siswa akan menkontruksi tugas dari guru dan memberikan keluasan pada peserta didik dalam merefleksikan ide, pendapat dan solusi yan gdiputuskan untuk menyelesaikan sebuah proyek.
  3. Student Reflection ,  bagaimana ia menilai dan menyimpulkan atas apa yang sudah dikerjakannya, apa kendala dan permasalahan yang dihadapinya dan bagaimana ia menyusun/mengkontruksi untuk mencari solusi atas permasalahannya.
  4. Connected Reflection, ada kolaborasi interpersonal dan ektrapersonal ) kalau dalam Lesson Study seperti kegianan SEE (Refleksi pasca pembelajaran)
  5. Authentic Learning , siswa disodorkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya dan bagaimana ia menemukan konsep, teori dan menghubungkannya dalam  merencanakan proyek yang bisa menjawab permasalahan tersebut.
Silahkan cek dan cermati bagaimana pembelajaran PJJ yang efektif.

Selengkapnya download gratis Modul Pembelajaran PJJ Berbasis Aktifitas dari beberapa mata pelajaran untuk tingkat SD,SMP dan SMA  yang di susun oleh Kemendikbud dibawah ini

Modul Pembelajaran Berbasis Aktifitas sebuah alternatif PJJ tingkat SMP

Kelas 8 SMP/MTs
No Mata Pelajaran Penulis Unduh
1 Modul PJJ IPA 1. Adjie Pratama, S.Pd
2. Anda Juanda, M.Pd  
Unduh
2 Modul PJJ  IPS 1 Wulan Dwi Aryani, M.Pd Unduh
3         Modul PJJ  IPS 2 Wijaya,M.Pd Unduh
4 Modul PJJ
Bahasa Inggris
1. Euis Rini Purwati, S.Pd.
2. Aditya Yoastara, S.Pd.
Unduh
5 Modul PJJ 
Bahasa Indonesia                
1. Delfiana, M.Pd.
2. Dewi Kurniawati Sumarni, S.Pd.
Unduh
6 Modul PJJ 
Matematika
1. Dyah Sinto Rini, S.Pd, M.Pd
2. Widayati, M.Pd
3. Tundung Memolo, M.Sc
Unduh
7 Modul PJJ   PPKn 1 Wahida Baide Unduh
8 Modul PJJ   PPKn 2 Murthofiatis Zahrok, S.Pd. M.AB Unduh

  • Modul Pembelajaran Berbasis Aktifitas kelas 7 DISINI
  • Modul Pembelajaran Berbasis Aktifitas kelas 9 DISINI
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul PJJ Berbasis Aktifitas Kemdikbud kelas 8 SMP"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.