Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SILAPIZ Terobosan Terbaru Disdik Prov.Jabar (Aplikasi Sistem Informasi Laporan Penahanan Ijazah)

 
Aplikasi Sistem Informasi Laporan Penahanan Ijazah (SILAPIZ)

Dengan aplikasi ini, kita sudah memiliki data dan akan menyegerakan satuan pendidikan untuk bergerak cepat membagikan ijazah (Dedi Supandi/Kadisdik Jabar

Ada hal baru dan sangat bermanfaat bagi para peserta didik dan orang tua siswa di tahun 2021, dimana dalam monentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) meluncurkan tiga program inovasi sekaligus. Yakni :

  1. Peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Lapor Penahanan Ijazah (Silapiz), 
  2. Pekan Pengambilan Ijazah, dan 
  3. Jabar Eksis (Ekspose Karya Siswa).
"Tiga program inovasi tersebut adalah upaya kita mendukung Merdeka Belajar yang diluncurkan dalam momentum Hardiknas tahun ini," ujar Kadisdik Jabar, Dedi Supandi dalam peringatan Hardiknas 2021 di Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, 

Dilansir dari  berita http://disdik.jabarprov.go.id/news/  Kadisdik pada peringatan Hardiknas 2021 yang  dihadiri pula oleh Wakil Gubenur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, seluruh pejabat di lingkungan Disdik Jabar serta guru, tenaga kependidikan dan siswa yang hadir secara virtual. Menjelaskan  hadirnya aplikasi SILAPIZ.

Aplikasi Silapiz adalah Aplikasi sistem Informasi lapor Penahanan Ijazah, yang akan memudahan peserta didik melaporkan penahanan ijazah yang dilakukan oleh satuan pendidikan. 

Sebab, bagaimanapun kondisinya, ijazah adalah salah satu hak anak yang harus dipenuhi. Sampai saat ini, sudah 93% ijazah terdistribusi.

Dengan aplikasi ini, kita sudah memiliki data dan akan menyegerakan satuan pendidikan untuk bergerak cepat membagikan ijazah," ujarnya.

Selaras dengan program pertama, lanjut Kadisdik, program kedua adalah Pekan Pengambilan Ijazah yang bertujuan memastikan para siswa mengambil ijazah pada waktunya. 

Sebab, tak sedikit siswa yang sudah lulus tapi tidak segera mengambil ijazahnya dengan berbagai alasan. Seperti, sudah bekerja di luar negeri, siswa tidak menghadiri undangan sekolah untuk mengambil ijazah hingga mewakilkan pengambilan ijazah kepada orang lain, padahal harus membubuhkan cap tiga jari.

"Melalui program ini, dari tanggal 3 sampai satu bulan ke depan, ijazah lulusan tahun 2021 akan diterima oleh peserta didik secara keseluruhan," ucap Kadisdik. 

Perlu diketahui, banyak sekali siswa yang tidak mampu setelah lulus SMA /SMK  justru menjadi pengangguran , dengan alasan belum bisa melunasi keuangan sekolah sehingga tidak bisa membawa Ijazah sebagai bukti kelulusan.

Padahal banyak dari mereka berharap setelah lulus bisa langsung mandiri dan membantu perekonomian keluarganya , dengan bekal ijazah mereka bisa melamar pekerjaan, ke berbagai sektor dunia usaha dan industry. 

Apalagi tentunya siswa lulusan SMK yang sejak awal mereka bercita-cita,setelah lulus bisa langsung bekerja. Namun hal itu menjadi harapan kosong manakala dengan lunglai pulang kerumah tanpa ijazah ditangan.

Tidak sedikit ijazah menumpuk disekolah dan tidak diambil siswa bertahun-tahun ,sehingga menjadi kertas yang tidak bernilai.

Dengan hadirnya aplikasi “SISTEM INFORMASI LAPOR PENAHANAN IJAZAH (SILAPIZ)" menjadi kabar gembira bagi  para peserta didik dan orang tua siswa.

Dimana selama ini tidak bisa berkutik dan tak berdaya,hadirnya SILAPIZ menjadi penolong ditengah kondisi Pandemi COVID-19 sekarang ini.

Yu kita langsung bagaimana nih jika hal ini terjadi pada Anda , Pada putra-putri ibu dan bapak sekalian atau ada saudara yang ijasahnya masih tertahan disekolah ?

Ikuti langkah -langkah Mengisi Laporan SILAPIZ ini, ...


Namun sebelumnya supaya isian laporannya detail dan valid dan bisa cepat di tindak lanjuti oleh Disdik Jabar berikut ini yang harus di siapkan :
  • Identitas pelapor , seperti KTP /SIM dan No HP dan alamat tempat tinggal
  • Mengetahui alasan kenapa ijazahnya di tahan oleh sekolah yang bersangkutan/belum bisa diambil 
  • Identitas Sekolah : 
  1. Nama Sekolah 
  2. NPSN sekolah , silahkan cek NPSN sekolah DISINI : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php
  3. Alamat sekolah
  • Identitas Peserta didik  
  1. Nama 
  2. NISN Silahkan cek DISINI : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Surat keterangan Lulus difoto sehingga terlihat jelas nama dan NISN siswa

langkah-langkah melapor di Aplikasi SILAPIZ



  • 3) Klik Form laporan dan isi form sesuai data pelapor dan Identitas sekolah dan peserta didik yang ijasahnya tertahan

  • 4) Setelah diisi lengkap silahkan klik tombol kirim.

  • 5) Setelah kirim anda tinggal tunggu saja hasilnya.
  • 6) Sambil menunggu anda bisa melihat bagaimana progress tindak lanjut laporan kita
  • 7) Demikian Aplikasi SILAPIZ, semoga membawa manfaat untuk peserta didik dan orang tua siswa.


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "SILAPIZ Terobosan Terbaru Disdik Prov.Jabar (Aplikasi Sistem Informasi Laporan Penahanan Ijazah)"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.