Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Instrumen PKG Terbaru 2020 lampiran Buku 2


Aplikasi Intrumen PKG 2020


Hallo Sobat guru !
dalam kesempatan ini saya hantarkan Aplikasi Instrumen PK guru nih,...
sebagaimana yang kita tahu, Aplikasi instrument PKG sebelumnya bersumber pada buku 2 Pedoman pelaksanaan PK Guru tahun 2010.

Dan Sekarang dihadapan anda adalah Aplikasi Instrumen PKG Terbaru 2020  lampiran Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PK Guru tahun 2016 (terbaru). tentunya ada beberapa perbedaan sebagaimana telah saya paparkan di artikel sebelumnya.

Yang terbaru dari aplikasi PK Guru 2020 ini adalah :
  1. Adanya Instrumen Responden yang terdiri dari 1) teman sejawat 2) peserta didik 3) Orang tua siswa dan atasan (kepala sekolah)
  2. Rekap Daftar hadir bulanan rinci sampai berapa menit dan beberapa kali keterlambatan serta jumlah waktu jika pulang lebih awal (bukan pada waktunya).
  3. Hal lainnya silahkan kaji Buku 2 PKG tahun 2016
Ok kita langsung ke inti pembicaraan sobat guru semua yaitu pengisian dan pelaksanaan PK Guru.

Pelaksanaan PK Guru  

PK Guru dilaksanakan oleh penilai kinerja guru dengan ketentuan sebagai berikut. 
  1. Proses pelaksanaan dilakukan selama 1 (satu) tahun.  
  2. Periode Penilaian dari 2 Januari s.d 31 Desember tiap tahunnya
  3. PK Guru formatif dilaksanakan pada awal tahun anggaran/ kalender dan hanya untuk tahun pertama, guru baru, dan guru mutasi. 
  4. PK Guru sumatif dilaksanakan 8 (delapan) minggu sebelum akhir tahun anggaran.  Sekitar tanggal 14 Oktober s.d 15 November , Dianjurkan laporan PK Guru sudah diselesaikan pada pertengahan bulan Desember karena akan dijadikan sebagai bahan penilaian Capaian Sasaran Kinerja Pegawai (CSKP). 
  5. PK Guru dengan masa penilaian 1 (satu) semester diberikan kepada:  
  • a).  guru yang kekurangan sedikit angka kredit untuk kenaikan pangkat/ jabatan.  
  • b).  Guru yang mendapat tugas tambahan (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, kepala laboratorium/bengkel, kepala program keahlian) hanya satu semester.

Penting Untuk diketahui sebelum mengisi Aplikasi Instrumen PKG 2020 !

A. Membuka Aplikasi

Microsofft telah mengembangkan aplikasi microsoft office excel dari berbagai generasi dari Microsoft office 97-2003 hingga generasi terbarunya saat ini. Sehingga dimungkinkan banyak pengguna yang berbeda-beda. 

Pada umumnya microsoft office yang lebih tua tidak dapat  dapat membuka microsoft office generasi yang lebih muda. Oleh Karena itu, aplikasi penilaian kinerja pengawas sekolah disimpan dengan menggunakan microsoft office  yang tertua yakni microsoft office 97-2003 agar dapat dibuka oleh semua pengguna. 

Jika pada saat membuka aplikasi penilian kinerja pengawas sekolah tidak dapat diisi, maka dibagian atas akan muncul peringatan. Untuk menjalankan aplikasi ini silahkan klik tombol “Enable Editing”.

B Halaman Utama

Menu utama aplikasi penilaian kinerja guru adalah halaman yang memuat semua tombol untuk membuka semua halaman yang ada di aplikasi. Untuk membuka halaman yang ada di apalikasi silahkan klik pada tombol yang tersedia.
Jumlah responden PK guru
Jumlah responden yang dibutuhkan


C Halaman dalam Aplikasi

  1. Petunjuk PenggunaanHalaman ini berisi petunjuk penggunaan aplikasi PKG 
  2. Ketentuan RespondenHalaman ini memuat penilai dan jumlah responden yang akan digunakan dalam PKG sesuai jenjang masing-masing.
  3. Proporsi PenilaianHalaman ini memuat ketentuan proporsi penilaian dalam PKG sesuai jenjang masing-masing.
  4. Indeks Kinerja GuruHalaman ini memuat Rancangan Indeks Kinerja guru (masih dalam proses)
  5. Data Guru dan PenilaiSebelum melakukan penilaian kinerja guru, penilai wajib mengisi identitas guru yang dinilai, identitas penilai, identitas lembaga dan data kepala sekolah. Ketentuan pengisian identitas ada pada setiap sel
  6.  Penilaian Oleh Teman Sejawat ; Semua guru dari semua jenjang dinilai oleh guru teman sejawat dengan menggunakan instrumen masing-masing. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja oleh teman sejawat.  Jumlah teman sejawat yang ditugaskan untuk menilai sesuai ketentuan responden.
  7. Penilaian Oleh Peserta DidikSemua guru kecuali guru TK dan guru SD kelas I-III semua jenjang dinilai oleh peserta didik dengan menggunakan instrumen masing-masing. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja oleh peserta didik.  Jumlah peserta didik yang ditugaskan untuk menilai sesuai ketentuan responden. Bagi guru pendidikan khusus (khusus tuna daksa, rungu, netra mulai kelas tinggi) dinilai peserta didik.
  8. Penilaian  Oleh Orang TuaSemua guru dari semua jenjang dinilai oleh orang tua peserta didik dengan menggunakan instrumen masing-masing. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja guru oleh orang tua peserta didik.  Jumlah teman sejawat yang ditugaskan untuk menilai sesuai ketentuan responden.
  9. Oleh DU/DI (Khusus Produktif); Semua guru SMK Produktif dinilai oleh DU/DI dengan menggunakan instrumen yang tersedia. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja guru produktif oleh DU/DI minimal satu orang maksimal 3 orang.
  10. Nilai PK GuruNilai PK Guru semua jenjang dihitung secara otomatis oleh sistem dalam aplikasi ini.
  11. Bagian PrintoutWajib di Print Out adalah yang berwarna
  12. Data KehadiranData kehadiran yang perlu diinput dalam aplikasi adalah:
  • Waktu datang terlambat dalam satu bulan (dihitung dalam menit)
  • Waktu pulang lebih cepat dalam satu bulan (dihitung dalam menit)
  • Jumlah tidak hadir tanpa keterangan (dihitung setiap bulan)
  • Satu hari dihitung 7,5 jam /450 menit (sesuai pp 53 tahun 2010)
  • Jumlah maksimum tidak hadir tanpa keterangan 46 hari (sangsi diberhentikan ASN)
  • Persentase tidak hadir dihitung dengan cara = (Jumlah tidak hadit/46) x 100%
  • Persentase kehadiran = 100% - persentase ketidak hadiran 
Selamat mengisi Intrumen PKG anda

  Silahkan Download Aplikasi Intrumen PKG :

  1. Aplikasi Intrumen PKG SD  DISINI
  2. Aplikasi Instrumen PKG SMP Sumedang DISINI
  3. Aplikasi Intrumen PKG SMP/SMA/SMK  DISINI
  4. Buku 2 Tentang PKG tahun 2016 DISINI
  5. Modul Supervisi dan PK Guru 2020
Salam Sukses
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Aplikasi Instrumen PKG Terbaru 2020 lampiran Buku 2"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.