Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Virtual Laboratorium Phet Colorado

Phet Colorado adalah virtual laboratorium yang menghadirkan Simulasi Interaktif untuk Sains dan Matematika. 
Didalamnya kita bisa menemukan apa saja yang dibutuhkan untuk proses pengajaran dengan Sumber Daya Pengajaran yang lengkap, berbagai Kegiatan, dan Komunitas para guru dan siapa saja yang tertarik dengan sains dan matematika,
untuk itulah saya ajak sobat guru IPA untuk mengenal Virtual Laboratorium Phet Colorado

Phet Colorado


kita sebagai guru memiliki akses ke tips dan video primer khusus simulasi, sumber ajar untuk mengajar dengan simulasi, dan aktivitas yang dibagikan oleh komunitas guru Phet Colorado.

Didalam Web ini sobat guru bisa menemukan :
  • 806 Juta Simulasi dari  Fisika,Kimia,Biologi, Matematika dan Ilmu Bumi
  • 160 simulasi interaktif
  • 95 terjemahan bahasa
  • 2960 pelajaran yang dikirimkan oleh berbagai guru didunia
Didirikan pada tahun 2002 oleh Pemenang Nobel Carl Wieman, proyek Simulasi Interaktif PhET di University of Colorado Boulder menciptakan simulasi matematika dan sains interaktif gratis. 

Sims PhET didasarkan pada penelitian pendidikan yang ekstensif dan melibatkan siswa melalui lingkungan yang intuitif seperti permainan di mana siswa belajar melalui eksplorasi dan penemuan.

contoh simulasi :



Tips untuk Menggunakan PhET

Simulasi PhET adalah alat yang sangat fleksibel yang dapat digunakan dalam berbagai cara. Di sini, Anda akan menemukan video dan bahan ajar yang dapat secara efektif mengintegrasikann simulasi PhET ke dalam kelas Anda.

Sobat guru bisa bertanya apa saja tentang Phet,  karena ada komunitas guru phet Colorado tempat diskusi pengalaman, tinggal kita mau memanfaatkannya secara maksimal, bahkan virtual workshop pun bisa anda ikuti dengan gratis.

Atau sobat guru bisa melihat juga bagaimana pembelajaran guru lain didalam kelasnya dari seluruh dunia yang menggunakan Phet Colorado, yang terdapat pada menu  share your activities. 

Agar anda nyaman menggunakan Phet Colorado ini alangkah baiknya membuat akun dengan mendaftar /registrasi di Bawah ini :



Atau anda kunjungi tautan pendaftaran berikut : https://phet.colorado.edu/en/register?dest=%2F

Maju Terus Pendidikan Indonesia
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

4 komentar untuk "Mengenal Virtual Laboratorium Phet Colorado "

  1. Assalamualaikum bu, dari uraian di atas yang memaparkan kelebihan dari lab virtual Phet ini sangat menarik perhatian saya. Bisa digunakan sebagai alternatif untuk melengkapi keterbatasan dalam laboratorium yang ada di sekolah. Ananda izin bertanya, apakah lab virtual Phet ini sesuai dengan kurikulum kita saat ini?Berhubung karena lab virtual ini dikembangkan di luar negeri. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. saya sering menggunakan phet colorado ini sebagai media yang membantu dalam pembelajaran, baik fisika,kimia, math,biologi dan IPA selain itu bisa disesuaikan gradenya seperti SD, SMP ,SMA dan tingkatan lebih tinggi, sehingga bisa disesuaikan dengan kurikulum yang ada, contoh listrik statis dilevel SMP, kemudian kita bisa berbagi dan bergabung dengan guru-guru didunia yang menggunakan Phet dalam pembelajarannya untuk berbagi best practisenya dan berbagai LK yang dibuat di komunitas guru phet colorado,

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya bu... kan ananda baru coba memakai PhET ini dan sebelumnya juga sudah log-in. karena ibu sudah pengalaman memakai aplikasi ini, ananda mau bertanya Bu apakah di lab virtual ini ada materi tentang besaran pokok?

      Hapus
    2. besaran pokok dan satuan merupakan satuan yang digunakan, dalam fisika atau matematis, otomatis dalam aplikasinya selalu digunakan, namun tidak semua konsep dan materi ada di Phet coloroado

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.