Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Listrik Statis dan Balon untuk SMP (Phet Colorado)

Listrik Statis dan Balon untuk SMP menggunakan aplikasi PhET Coloradop interactive Simulation

Tujuan Pembelajaran: 
  1. Siswa dapat menunjukkan gejala listrik statis melalui percobaan atau simulasi. 
  2. Siswa dapat menjelaskan bahwa partikel yang bermuatan sama (proton-proton dan elektron-elektron) saling tolak menolak sedangkan partikel yang bermuatan berlawanan (proton-elektron) saling tarik menarik dan bagaimana elektron dipindahkan antara dua atom. 
  3. Siswa dapat membedakan sifat-sifat yang berhubungan dengan penyebaran dan perpindahan muatan antara konduktor dan isolator. 
  4. Siswa dapat merencanakan penyelidikan  secara berkelompok menggunakan elektroskop dan berbagai sampel bahan. 
Atom tersusun atas partikel yang lebih kecil lagi yang disebut  sub atom yang terdiri dari : 
  1. Proton  yang bermuatan positif  
  2. Neutron  yang tidak bermuatan, dan 
  3. Elektron  yang bermuatan negatif
Listrik Statis dan Balon untuk SMP menggunakan aplikasi PhET interactive Simulation  Tujuan Pembelajaran:  Siswa dapat memahami bahwa partikel yang bermuatan sama (proton-proton dan elektron-elektron) saling tolak menolak sedangkan partikel yang bermuatan berlawanan (proton-elektron) saling tarik menarik dan bagaimana elektron dipindahkan antara dua atom.  Siswa dapat membedakan antara listrik dan listrik statis.  Siswa dapat membedakan sifat-sifat yang berhubungan dengan penyebaran dan perpindahan muatan antara konduktor dan isolator.  Siswa dapat merencanakan penyelidikan dengan pasangan menggunakan elektroskop dan berbagai sampel bahan.  Atom tersusun atas partikel yang lebih kecil lagi yang disebut  sub atom yang terdiri dari :  proton  yang bermuatan positif   neutron  yang tidak bermuatan, dan  elektron  yang bermuatan negatif


Neutron dan proton bergabung membentuk inti atom, sedangkan elektron bergerak mengelilingi inti atom. Elektron inilah yang berhubungan dengan peristiwa kelistrikan pada suatu benda.

Jumlah elektron dan proton pada Atom sebuah benda umumnya sama, sehingga atom pada benda tersebut tidak bermuatan alias netral. 
kalau begitu dapatkah atom sebuah benda diubah muatannya ? 

Untuk menjawabnya silahkan kalian lakukan Simulasi dari PhET Interactive Simulation berikut ini :

Listrik Statis dan Balon untuk SMP 

sebelum memulai percobaan silahkan simak dulu gambar cara menggunakan  Percobaan Phet Colorado balon dan listrik statis
Listrik Statis dan Balon untuk SMP menggunakan aplikasi PhET Coloradop interactive Simulation  Tujuan Pembelajaran:  Siswa dapat menunjukkan gejala listrik statis melalui percobaan atau simulasi.  Siswa dapat menjelaskan bahwa partikel yang bermuatan sama (proton-proton dan elektron-elektron) saling tolak menolak sedangkan partikel yang bermuatan berlawanan (proton-elektron) saling tarik menarik dan bagaimana elektron dipindahkan antara dua atom.  Siswa dapat membedakan sifat-sifat yang berhubungan dengan penyebaran dan perpindahan muatan antara konduktor dan isolator.  Siswa dapat merencanakan penyelidikan  secara berkelompok menggunakan elektroskop dan berbagai sampel bahan.  Atom tersusun atas partikel yang lebih kecil lagi yang disebut  sub atom yang terdiri dari :  Proton  yang bermuatan positif   Neutron  yang tidak bermuatan, dan  Elektron  yang bermuatan negatif
OK silahkan langsung gunakan Phet colorado balon dan listrik statis.

Tarik dan geser balonnya 

Setelah melakukan aktivitas diatas kenapa hal itu bisa terjadi ?

Elektron adalah partikel penyusun atom yang bermuatan negatif, jika suatu benda diatas yaitu Balon digosokkan ke kain wol maka elektron dari kain wol berpindah ke balon sehingga balon memiliki kelebihan muatan negatif (elektron) maka benda tersebut dikatakan bermuatan negatif dan sebaliknya jika sebuah benda kekurangan elektron maka disebut benda bermuatan positif.

Benda bermuatan positif dan negatif didekatkan maka akan saling tarik menarik, sedangkan jika dua benda bermuatan sama yaitu + dengan + atau - dengan - maka akan saling tolak menolak. Interaksi kedua muatan tersebut merupakan gejala listrik statis.
 
Cara lain untuk mengubah benda menjadi bermuatan  yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah atau disekolah bersama teman-teman kalian misalnya :
  • sisir atau penggaris plastik digosokkan pada rambut kalian yang kering ; sisir atau penggaris seperti Balon yang didekatkan ke baju Wool. karena penggari splastik/sisir kelebihan elektron  (elektron dari rambut pindah ke sisir/penggaris) .
  • Kaca digosokkan ke rambut ; sebaliknya dari peristiwa diatas, elektron dari kaca justru pindah ke rambut sehingga kaca kekurangan elektron sehingga bermuatan positif.
  • batang Kaca digosokan ke kain sutra, elektron dari kain sutra pindah ke batang kaca sehingga batang kaca kelebihan elektron , akibatnya bermuatan negatif.

Tantangan :

Bagaimana cara mengetahui suatu benda bermuatan atau tidak ?
Buatlah elektroskop sederhana dengan alat dan bahan yang bisa kalian temukan dirumah, 
  • kertas aluminium ( bisa kalian dapatkan dari bungkus coklat)
  • Botol minuman kemasan plastik
  • kawat tembaga 
  • dll silahkan cari caranya, banyak contoh yang bisa kalian jadikan perbandingan
Pembuatan listrik alternatif, dengan membuat baterai dari buah-buahan silahkan klik link Baterai dari buah-buahan

Cek kemampuan kalian dengan mengerjakan soal tentang listrik statis dan dinamis pada link berikut ini :
Selamat mencoba
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Listrik Statis dan Balon untuk SMP (Phet Colorado)"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.