Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKS Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah

LKS Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah model PjBL STEAM, Kabupaten Sumedang terkenal senusantara dengan panganannya  yang menyehatkan yaitu Tahu Sumedang, serta menjadi salah satu industri kecil unggulan  di Kabupaten Sumedang. Keunggulan panganan ini menurut saya selain kandungan gizinya  juga tidak ada rasabosan untuk  memakannya sebagaimana tahu pada umumnya. sangat baik sekali untuk sarapan ataupun teman cemilan lainnya.
LKS Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah model PjBL STEAM, Kabupaten Sumedang terkenal senusantara dengan panganannya  yang menyehatkan yaitu Tahu Sumedang, serta menjadi salah satu industri kecil unggulan  di Kabupaten Sumedang. Keunggulan panganan ini menurut saya tidak ada bosannya memakannya sebagaimana tahu pada umumnya. sangat baik sekali untuk sarapan ataupun teman cemilan lainnya.

Hampir disetiap tempat, apalagi di jalan-jalan provinsi  sepanjang jalur kabupaten Sumedang Cirebon atau Garut Tasik, kita akan dengan mudah menemukan pedang tahu Sumedang. selain itu Tahu Sumedang sudah menjadi milik semua orang kita bisa menemukannya pula di berbagai kota.

Pabrik tahu tersebar hampir diseluruh kecamatan di Kabuapten Sumedang, Produksi tahu yang dihasilkan kemudian Digoreng menggunakan minyak goreng oleh para pedagang Kegiatan tersebut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian namun juga menghasilkan limbah berupa minyak goreng bekas (jelantah), yang perlu segera ditangani dengan bijak sehingga memberikan manfaat lainnya.

Mensikapi hal tersebut, sesuai dengan konteks linkungan peserta didik, minyak jelantah dapat diolah menjadi sabun.  

Siapa yang tidak mengenal  dan menggunakan sabun setiap hari? sabun yang kita dan peserta didik gunakan itu merupakan contoh penerapan materi larutan asam – basa, yang ada pada materi ajar di kelas 7 SMP.

Berikut ini saya sertakan contoh untuk sobat guru LKS model PjBL STEAM /Modul Pembuatan Sabun dari P4TKIPA.


Contoh lainnya dari asam basa  : Membuat roket botol dari reaksi asam basa
Salam Sukses
Onlinekan usaha anda dengan Niagahoster  dan dapatkan tambahan voucher discount  dengan memasukan kode 33333
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "LKS Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.