Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Roket Botol dari Reaksi Asam Basa

Membuat Roket Botol dari Reaksi Asam Basa, Sobat guru tulisan kali ini masih berhubungan dengan Pendalaman Kimia tentang asam dan basa  dengan model PjBL dengan pendekatan  STEM/STEAM 

Membuat Roket Botol dari Reaksi Asam Basa, Sobat guru tulisan kali ini masih berhubungan dengan Pendalaman Kimia tentang asam dan basa  dengan model PjBL dengan pendekatan  STEM/STEAM
sumber gambar : Science magazine vol.4
Roket adalah pesawat  atau juga sebuah rudal yang didorong oleh daya dorong dari mesin roket. Mesin roket bekerja dengan aksi dan reaksi yang mendorong roket ke depan dengan melepaskan pembuangan  ke arah yang berlawanan dengan kecepatan tinggi. 

Memanfaatkan gas dari reaksi soda kue dan cuka, terbentuk energi dari  tekanan karbon dioksida yang cukup untuk meluncurkan roket botol meluncur langit. 

Untuk menambah  bagus tampilan roket  sebelum terbang kita bisa hiasi dan inovasikan roket sesuai imaginasi kita/siswa, apakah akan memiliki sayap atau sirip intinya seaerodinamis  mungkin sehingga terbang roket bisa meluncur dengan stabil dan ringan.

Fakta Unik tentang Soda Kue

  1. Pada peringatan 100 tahun Patung Liberty pada 4 Juli 1986, lebih dari 100 ton soda kue digunakan untuk membersihkan dinding tembaga interior.
  2. 30 Desember adalah Hari Soda Bikarbonat Nasional.
  3. Soda kue pertama kali digunakan oleh orang Mesir Kuno sedini 3500 SM dalam proses pembalseman mumi.
  4. Soda kue digunakan dalam alat pemadam kebakaran karena menghasilkan busa sabun yang mampu memadamkan api.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat Roket Botol dari reaksi Asam Basa

  1. Soda kue /Natrium bikarbonat
  2. Cuka /Asam Asetat
  3. Botol plastik kosong
  4. Sedotan
  5. Gabus
  6. Lakban
  7. Spidol
  8. Bahan dekoratif
  9. kertas tisu
Langkah Kerja dalam membuat Roket Botol dari Reaksi Asam Basa Rekatkan 4 sedotan di bagian atas botol untuk digunakan sebagai kaki roket untuk berdiri saat diluncurkan. Hiasi roket dengan cara apa pun yang dapat Anda bayangkan. Isi setengah botol dengan cuka. Sendok sesendok baking soda di tengah selembar kertas tisu dan gulung. Putar ujungnya untuk menutup soda kue. Tempatkan kertas tisu ke dalam botol, tapi jangan jatuhkan ke dalam cuka dulu. Biarkan leher botol menahan kertas tisu. Letakkan gabus di mulut botol. Balikkan botol dan biarkan berdiri di atas kakinya.

Langkah Kerja dalam membuat Roket Botol dari Reaksi Asam Basa

  1. Rekatkan 4 sedotan di bagian atas botol untuk digunakan sebagai kaki roket untuk berdiri saat diluncurkan.
  2. Hiasi roket dengan cara apa pun yang dapat Anda bayangkan.
  3. Isi setengah botol dengan cuka.
  4. Sendok sesendok baking soda di tengah selembar kertas tisu dan gulung. Putar ujungnya untuk menutup soda kue.
  5. Tempatkan kertas tisu ke dalam botol, tapi jangan jatuhkan ke dalam cuka dulu. Biarkan leher botol menahan kertas tisu.
  6. Letakkan gabus di mulut botol.
  7. Balikkan botol dan biarkan berdiri di atas kakinya.

Tujuan pembuatan Roket 

Siswa  dapat menggabungkan pengetahuan mereka tentang kimia dan fisika untuk merancang dan membangun sistem roket dan propelan (pendorong roket)

Pertanyaan Penting ?

  1. Bagaimana kita bisa membuat propelan yang aman untuk roket kita?
  2. Bagaimana kita bisa membuat propelan lebih efisien?
  3. Faktor apa yang mempengaruhi gerak roket kita?

Ok sobat guru atau kalian para siswa  jangan lupa ajak teman-temannya untuk mencoba, atau silahkan dicoba proyek lainnya berdasar reaksi asam basa yaitu Pembuatan sabun dari minyak Jelantah

By the way, untuk melesatkan usaha anda bagai roket asam basa diatas, Onlinekan bisnis anda dengan Niagahoster dan dapatkan tambahan discount dengan masukan kode Voucher Discount : 575810

Sumber rujukan penulisan:

Selamat mencoba

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Membuat Roket Botol dari Reaksi Asam Basa"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.