Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB)

Beasiswa Islamic Development Bank | isDB mendanai dan melaksanakan program beasiswanya dengan tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dari negara anggotanya dan masyarakat Muslim dari negara-negara non-anggota.
Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB) mendanai dan melaksanakan program beasiswanya dengan tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dari negara anggotanya dan masyarakat Muslim dari negara-negara non-anggota.

Terdapat enam program beasiswa yang ditawarkan oleh IsDB:

  1. Sarjana  
  2. Masters
  3. Program Penelitian PhD dan Pasca Doktor (Master)
  4. IsDB-ISFD untuk Pendidikan & Pelatihan Kejuruan Teknis (TVET) untuk 21 Negara Anggota Tertinggal (LDMC):   Afghanistan, Bangladesh, Benin, Burkina Faso, Chad, Komoro, Djibouti, Gambia, Guinea, Guinea-Bissau, Mali, Mauritania, Mozambik, Niger, Senegal, Sierra Leone, Somalia, Sudan, Togo, Uganda, dan Yaman
  5. Studi Sarjana IsDB-ISFD untuk 21 LDMC sebagaimana disebutkan dalam No. 4 di atas
  6. Program Bersama IsDB-The World Academy of Science (TWAS) untuk Peningkatan Kapasitas dan Transfer Teknologi

Objektif

Program Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB) ini dimulai sejak tahun 1983 untuk mendorong teknologi dan berbagi pengetahuan di antara negara-negara anggotanya dan komunitas Muslim di negara-negara non-anggota. 

Program Beasiswa IsDB bertujuan untuk menarik siswa baik laki-laki dan perempuan yang memiliki berbakat dan prestasi  untuk membangun kompetensi yang tepat pada ilmu keberlanjutan dalam memberdayakan dan membangun masyarakat serta membantu mereka dalam peran sertanya pada pembangunan nasional dan global serta Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). dengan Motto "mengembangkan mahasiswa/peneliti sebagai Good Citizens & Competent Professionals (GCCPs)"

Konsep

Program Beasiswa Islamic Development Bank(IsDB) bertujuan untuk :

  • bantuan keuangan langsung kepada siswa berprestasi dan berkualitas. 
  • alat untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi Negara-negara Anggota dan komunitas Muslim. 

Program beasiswa Islamic Development Bank (IsDB) ini sekaligus program pengembangan Pembangunan, karena beasiswa diberikan sebagai pinjaman tanpa bunga (Qard Hasan) kepada siswa dan sebagai hibah kepada komunitas / negara tempat mereka berada.

Kewajiban Peserta Program Beasiswa IsDB :

  • Para siswa diminta untuk memenuhi kewajiban yang dirinci, di bawah setiap program, setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan.
  • Mahasiswa juga dituntut untuk mengambil bagian dalam pembangunan masyarakat/negaranya, melalui profesinya masing-masing. 
  • Dana yang dikembalikan akan digunakan untuk memberikan beasiswa kepada siswa lain dari komunitas/negara yang sama untuk melengkapi Program IsDB dan untuk memastikan kelangsungannya dalam jangka panjang, 
  • Melaksanakan pengembangan masyarakat dan  berkontribusi pada pembangunan secara keseluruhan. dari masyarakat/negara.
  • IsDB juga mengharapkan para siswanya untuk memainkan peran utama dalam membantu pengembangan komunitas/negara mereka. 
Sehingga terbentuk insan dan masyarakat  Good Citizens and Competent Professionals (GCCPs), sesuai tujuan pemberian Beasiswa Islamic Development Bank ini.

Jadwal kegiatan

Dilaksanakan setiap tahun dan diumumkan di bulan Desember tiap tahunnya untuk penerimaan September/oktober tahun berikutnya melalui platform Beasiswa IsDB

Jadwal seleksi Beasiswa IsDB sebagai berikut :

Siklus Program  Jadwal Seleksi /bulan
Pengajuan Aplikasi Desember, Januari, Februari
Tinjauan Aplikasi Inhouse/eksternal  maret, April, Mei
Rapat panitia Seleksi Juni
Pengumuman Hasil Juli,  Agustus
Penempatan siswa September

Prosedur Seleksi Beasiswa IsDB

  1. Proses peninjauan dan seleksi dilakukan oleh dua Komite Seleksi Internasional Independen, yang terdiri dari akademisi dan diketuai oleh Penasihat Senior Presiden IsDB untuk Sains, Teknologi, dan Inovasi. 
  2. Komite bertugas menilai :1) kualifikasi pelamar  2) persyaratan kelayakan 3) memastikan relevansi ilmiah dan pengembangan dari bidang studi / proposal penelitian yang mereka usulkan.
  3.  Rekomendasi untuk seleksi akhir dibuat oleh Komite ini dan pemilihan kandidat disetujui oleh manajemen IsDB yang keputusannya bersifat final.

Catatan

Mendapatkan penerimaan atau terdaftar di universitas tidak berarti seleksi otomatis dan bukan merupakan persyaratan untuk aplikasi. Keputusan akhir tentang tempat studi dibuat oleh panitia seleksi Program Beasiswa IsDB.

Tempat belajar

  • Konsisten dengan konsep Program, penerimaan tempat belajar sepenuhnya menjadi tanggung jawab siswa. 
  • Siswa yang dipilih harus memperoleh penerimaan salah satu dari 10 universitas negeri/pemerintah terbaik di negara mereka sendiri .
  • untuk beberapa siswa yang tidak dapat memperoleh izin masuk di negara mereka sendiri, karena situasi yang tidak dapat dihindari, IsDB dapat meminta izin masuk di negara-negara anggota yang memiliki perjanjian dengan IsDB. Keputusan akhir penerimaan setiap siswa berdasarkan perjanjian ini tunduk pada penerimaan oleh universitas masing-masing di negara-negara ini. 

Program Kemitraan

Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB) Untuk meningkatkan program dan mendukung upaya peningkatan kapasitas di Negara-negara Anggota (MC) dan komunitas Muslim di negara-negara non-anggota, melalui pemberian beasiswa kepada para sarjana yang paling memenuhi syarat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang-bidang yang paling dibutuhkan dan maju di universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia. 

Berikut beberapa Universitas top dunia yang bekerjasama dengan Progam Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB): 

  1. University of Cambridge, 
  2. Oxford University, dan 
  3. Queen Mary University of London di Inggris, 
  4. McGill University di Kanada, 
  5. Badan Kerjasama Internasional Maroko di Maroko, 
  6. The Presidency For Turks Abroad and Related Communities (YTB) dan Council of Higher Education (YOK) di Turki, 
  7. Campus France di Prancis dan 
  8. National University of Uzbekistan & Tashkent University of Information Technologies di Uzbekistan.
Anda Berminat untuk mendapatkan Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB) tersebut ? silahkan kirim aplikasinya,  syarat-syarat dan kewajiban pesertanya bisa anda lihat dan kunjungi :

  1. Program Beasiswa Sarjana  : https://www.isdb.org/scholarships/undergraduate
  2. Progam untuk Masters : https://www.isdb.org/scholarships/master
  3. Program Penelitian PhD dan Pasca Doktor : https://www.isdb.org/scholarships/master
  4. IsDB-ISFD untuk Pendidikan & Pelatihan Kejuruan Teknis (TVET) :https://www.isdb.org/scholarships/isdb-isfd-technical-vocational-education-training-tvet
  5. Studi Sarjana IsDB-ISFD ;https://www.isdb.org/scholarships/isdb-isfd-bachelor-degree-programme
  6. Program Bersama IsDB-The World Academy of Science (TWAS) : https://www.isdb.org/scholarships/isdb-twas-programme
Salam Sukses Untuk Peserta Beasiswa IsDB
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB)"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.