Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F

CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum MerdekaPembelajar bahasa Prancis di SMA/MA/Program Paket C diharapkan mampu menguasai bahasa Prancis sebagai bahasa asing sesuai standar level A2.2 CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues) yaitu penutur dapat memahami dan menggunakan istilah dan kosakata dasar yang sederhana dan biasa digunakan sehari-hari.

CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka | Pembelajar bahasa Prancis di SMA/MA/Program Paket C diharapkan mampu menguasai bahasa Prancis sebagai bahasa asing sesuai standar level A2.2 CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues) yaitu penutur dapat memahami dan menggunakan istilah dan kosakata dasar yang sederhana dan biasa digunakan sehari-hari.

CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 

    A. Rasional Mata Pelajaran Bahasa Prancis 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Bahasa Prancis merupakan bahasa internasional yang resmi dipakai di PBB dan organisasi internasional lainnya serta memiliki penutur lebih dari 300 juta di dunia. Posisi negara Prancis di bidang penelitian telah diakui oleh dunia karena keberhasilannya dalam meraih 69 hadiah Nobel dan 14 medali Fields bidang matematika. 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Bahasa Prancis memiliki peran penting di beberapa bidang, misalnya industri dan
    teknologi untuk bidang aeronautika, satelit, agroteknologi, kimia dan obat-obatan, serta industri berbasis generasi 4.0 menjadi unggulan pada pendidikan tinggi dan bidang penelitian. 

    Selain itu, banyak karya sastra besar yang ditulis oleh sastrawan Prancis dan bahasa Prancis juga merupakan bahasa utama yang digunakan dalam bidang kuliner dan mode. Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa Prancis memiliki peranan yang penting di dunia. Dengan demikian, bahasa Prancis penting untuk diajarkan di Indonesia untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA/Program Paket C).

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Pembelajar bahasa Prancis di SMA/MA/Program Paket C diharapkan mampu menguasai bahasa Prancis sebagai bahasa asing sesuai standar level A2.2 CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues) yaitu penutur dapat memahami dan menggunakan istilah dan kosakata dasar yang sederhana dan biasa digunakan sehari-hari.

    Penutur dapat mengerti ungkapan-ungkapan dan kosakata yang berhubungan dengan keluarga, jual-beli, lingkungan, dan pekerjaan. Pemahaman teks berupa iklan, jadwal, dan pesan singkat. Penutur dapat memperkenalkan diri dan orang lain, bisa bertanya dan menjawab pertanyaan mengenai data diri seperti tempat tinggal, orang sekitar, dan barang miliknya. 

    Ia bisa berinteraksi secara sederhana dan jelas mengenai keluarga, kondisi dan kehidupan orang-orang sekitarnya, dan kehidupan profesionalnya. Penutur dapat juga membuat surat sederhana. 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Dengan demikian mempelajari bahasa Prancis dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik bukan hanya berlatih meningkatkan kecerdasan intelektual tetapi juga menjadi sarana untuk memperkaya budaya para peserta didik karena keterampilan berbahasa Prancis akan sangat berguna untuk menunjang karir masa depan mereka. 

    Untuk menunjang karir masa depan mereka tidak hanya dibekali oleh keterampilan berbahasa tetapi juga pemahaman dan pengenalan budaya Prancis, seperti dunia mode, intervieu pekerjaan, sistem pendidikan, dan kuliner yang khas ala Prancis sebagai pengenalan budaya Prancis pada peserta didik.

    Standar CECRL menetapkan estimasi jumlah jam pelajaran untuk mencapai kemampuan berbahasa Prancis pada tingkat tertentu. Tabel di bawah ini menyajikan jumlah jam pelajaran dan tingkat kemampuan berbahasa Prancis. sebagaimana di diuraikan dilink berikut : http://www.af.org.hu/spip.php?article775&lang=fr

    Selama kelas XI dan XII peserta didik belajar bahasa Prancis dengan alokasi waktu enam (6) jam pelajaran per minggu setara dengan 324 Jam baik di kelompok bahasa maupun peminatan. Apabila dihitung total alokasi waktu untuk belajar bahasa Prancis selama dua (2) tahun atau empat (4) semester, maka peserta didik dapat mencapai tingkat A2.2 bahkan dapat mencapai A2. 

    Berdasarkan data dan fakta tentang peluang, tujuan, kebermaknaan penguasaan bahasa Prancis, dan total alokasi waktu belajar yang tersedia, maka capaian pembelajaran bahasa Prancis mengacu pada standar CECRL tingkat A2.2 setara A2. 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Mata pelajaran bahasa Prancis diajarkan dengan menggunakan beberapa pendekatan (berbasis teks, penyingkapan bahasa, dan berbasis proyek) melalui pemanfaatan beragam teks (lisan, tulis, visual, audiovisual), serta kegiatan yang mendorong peserta didik untuk berkomunikasi dan berinteraksi menggunakan bahasa.

    Profil Pelajar Pancasila merupakan karakter dan kompetensi yang ingin dituju sebagai luaran jangka panjang. Keenam dimensi profil pelajar Pancasila harus diterapkan dan diapliaksikan di kelas pembelajaran bahasa Prancis. 

    Selama proses pembelajaran peserta didik diharapkan untuk mandiri seperti mencari sumber rujukan yang ditugaskan oleh guru di internet. Ketika guru menerangkan suatu wacana peserta didik diaharapkan dapat menganalisa berdasarkan sumber yang mereka baca. 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Dengan banyaknya jumlah peserta didik di kelas (antara 30 s.d 48 peserta didik) proses pembelajaran seharusnya dilakukan secara berkelompok. Guru memberikan tugas dengan Project Based Learning. Tujuan pendekatan ini agar peserta didik bisa bekerja bersama (Gotong Royong) menghargai satu sama lain (Berkebhinekaan Global) dan membuat mereka kreatif.

    B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Prancis 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Mata pelajaran bahasa Prancis bertujuan untuk memastikan peserta didik :
    1. Menguasai dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Prancis tulis dan lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar peserta didik;
    2. Menguasai keterampilan berbahasa Prancis minimal setara dengan tingkat A2 standar CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues);
    3. Mengembangkan pemahaman lintas budaya untuk memahami dan menghargai budaya yang berbeda dan meningkatkan pemahaman terhadap budaya sendiri;
    4. Mengembangkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang religius, mandiri, berkepribadian, dan bertanggungjawab dalam rangka mempersiapkan diri menjadi warga global (global citizenship);
    5. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif; dan
    6. Mengembangkan kemampuan literasi melalui pengembangan strategi membaca berbagai jenis teks sedehana berbahasa Prancis.

    C. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Prancis 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    1. Mata pelajaran bahasa Prancis diberikan melalui materi yang memuat :
      • peningkatan kecakapan hidup peserta didik melalui ungkapan sehari-hari yang sederhana untuk memperkenalkan diri atau orang lain, mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang tempat tinggal, hubungan keluarga, hobi atau kegemaran serta kepemilikan benda; dan
      • peningkatan kesadaran dan kepedulian peserta didikterhadap lingkungan fisik dan lingkungan sosial budayanya.
    2. Mata pelajaran bahasa Prancis terdiri atas keterampilan reseptif yang mencakup menyimak dan membaca, dan keterampilan produktif yaitu berbicara dan menulis sesuai standar level A2.2 CECRL.

    D. CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 

    CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka 
    Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa Prancis minimal setara tingkat A2.2 CECRL (Cadre Européen Commun de Références pour Les Langues) yaitu dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam situasi rutinitas sehari-hari, ditandai dengan adanya kemampuan bertukar informasi secara langsung mengenai hal- hal yang biasa dijumpai sehari-hari, dan mengungkapkan asal usul, pendidikan, lingkungan terdekat serta hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan primer dengan menggunakan kalimat-kalimat yang sederhana.

    Fase F Berdasarkan Elemen silahkan di scrolling dibawah ini :


    Atau anda download CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F Kurikulum Merdeka  dilink berikut ini :


    Untuk CP mata pelajaran lainnya, Modul ajar dan Buku teks dapat anda lanjutkan ke :
    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022  yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022 sebelumnya

    Semoga Bermanfaat
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Bahasa Prancis Revisi 2022 Fase F"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.