Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F

CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka | Kimia merupakan pembelajaran yang bersifat praktis. Peserta didik dilatih untuk melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif sederhana baik secara individu maupun kolaboratif mengenai berbagai fenomena kehidupan dunia nyata.

CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka | Kimia merupakan pembelajaran yang bersifat praktis. Peserta didik dilatih untuk melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif sederhana baik secara individu maupun kolaboratif mengenai berbagai fenomena kehidupan dunia nyata.

CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Mata Pelajaran Kimia SMA/MA/Program Paket C

    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Kimia adalah kajian teoritis dan praktis mengenai interaksi, struktur dan sifat berbagai macam bahan. Penyelidikan dan pengertian pada tingkat atom yang mikroskopis memberikan pemahaman terhadap berbagai fenomena dunia nyata yang makroskopis. Pemahaman tentang struktur dan proses kimia digunakan untuk beradaptasi dan berinovasi guna memenuhi kebutuhan ekonomi, lingkungan dan sosial di dunia yang terus berkembang. 

    Hal ini termasuk mengatasi tantangan perubahan iklim global dan keterbatasan energi dengan merancang proses untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya bumi yang terbatas secara efisien.

    Kimia merupakan pembelajaran yang bersifat praktis. Peserta didik
    dilatih untuk melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif sederhana
    baik secara individu maupun kolaboratif mengenai berbagai fenomena
    kehidupan dunia nyata. 

    Peserta didik belajar menemukan permasalahan, membuat hipotesis, merancang percobaan sederhana, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil percobaan baik secara tertulis maupun lisan.

    Secara tidak langsung, peserta didik dapat mengembangkan Profil Pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif melalui belajar Kimia.

    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Pada tingkat SMA/MA/Program Paket C, Kimia diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan. Pertama, Kimia menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan terbuka yang diperlukan untuk memahami dan memecahkan masalah pada dunia nyata. 

    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Kedua, pemahaman Kimia membekali peserta didik dengan pengetahuan sesuai dengan minat dan karir masa depan dalam berbagai area seperti kedokteran, lingkungan hidup, teknologi terapan, farmasi, dan olahraga serta sains kimia.

    B. Tujuan Mata Pelajaran Kimia SMA/MA/Program Paket C

    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Dengan mempelajari ilmu Kimia, peserta didik dapat:
    1. membentuk sikap religius melalui Kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
    2. memupuk integritas dan sikap, jujur, adil, bertanggung jawab, menghormati martabat individu, kelompok, dan komunitas, serta berkebhinekaan global
    3. mengembangkan keahlian dalam melakukan serangkaian investigasi ilmiah secara mandiri maupun kolaboratif termasuk mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan dan menjelaskan data kualitatif maupun kuantitatif.
    4. mengkomunikasikan berbagai hasil investigasi secara lisan dan tertulis secara jelas dan terstruktur
    5. mengembangkan kemampuan beradaptasi dan berinovasi untuk menghasilkan berbagai teknologi terapan yang dapat memecahkan masalah pada dunia nyata
    6. memupuk kemampuan berpikir kritis untuk menganalisa berbagai klaim ilmiah dan mengevaluasi berbagai fenomena dalam kehidupan sehari-hari
    7. memiliki pikiran yang terbuka untuk menerima pendapat orang lain dalam diskusi

    C. Karakteristik Mata Pelajaran Kimia SMA/MA/Program Paket C

    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Kimia mempelajari materi, sifat-sifat materi, bagaimana dan mengapa zat bergabung atau terpisah untuk membentuk zat lain, serta energi yang menyertai perubahannya. Kontribusi Kimia mencakup bagaimana pengetahuan yang dimiliki dapat mempengaruhi sikap yang dapat diterapkan dalam menjawab permasalahan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari baik lokal maupun global.

    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Materi Kimia untuk fase A, B dan C difokuskan pada materi sederhana yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga mudah untuk diamati dan dipahami. Materi Kimia untuk fase D dan E adalah dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik agar siap belajar pada fase F. yaitu di kelas 11 dan 12. 

    Pada kelas 11 peminatan dimulai, sehingga pada fase ini materi Kimia dipelajari lebih mendalam melalui materi perhitungan kimia; sifat, struktur dan interaksi partikel; energi, laju dan kesetimbangan reaksi kimia; dan asam-basa. Selain itu, fase ini juga mencakup transformasi energi kimia dan kimia organik.

    Ada 2 elemen dalam mata pelajaran Kimia yang mencakup :
    1. pemahaman Kimia, 
    2. keterampilan proses. Pemahaman Kimia mencakup semua materi yang dipelajari. 
    CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka
    Keterampilan proses mencakup keseluruhan proses ilmiah dari mengamati sampai dengan mengkomunikaskan hasil penelitian. selengkapnya elemen dan deskripsi elemen capaian pembelajaran Kimia SMA/MA/Program Paket C di bawah.

    D. CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka

    Selengkapnya tentang elemen dan CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka dibawah ini :


    Atau silahkan  download CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka di link berikut ini :


    Untuk Capaian Pembelajaran (CP) Mata pelajaran lainnya silahkan kunjungi di : CP Revisi 2022 Kurikulum Merdeka tiap mata pelajaran.

    Sumber rujukan : CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022, yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022 sebelumnya
    Semoga bermanfaat 
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Kimia Revisi 2022 Fase E-F"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.