Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka | Peserta didik harus menjadi fokus utama (student center) dalam pembelajaran dan asesmen. upaya dan kerja keras para pendidik menjadikan peserta didik menjadi pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. 
Untuk itu penilaian adalah tugas guru dan merupakan administrasi utama guru. Salah satu tool yang harus dimiliki para pendidik dalam memudahkan dalam dokumentasi penilaian adalah aplikasi penilaian kurikulum merdeka.  Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka dibawah ini terdiri dari aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka baik penilaian intrakurikuler maupun peniaian proyek penguatan profil pelajar pancasila.  Dikarenakan Secara resmi Kemdikbudristek belum memunculkan aplikasi penilaian dan Raport, berikut ini aplikasi-aplikasi penilaian yang dibuat oleh sekolah / guru dari sekolah-sekolah yang telah lebih dulu melaksanakan Kurikulum Merdeka, diantaranya yang dibuat oleh I Made Rai Alit Sentanu dan Ayu Chandra Astari.  Dokumen dalam aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka ini terdiri dari  daftar nilai, analisis penilaian, dan aplikasi rapor SD untuk semua fase A, B, dan C, baik penilain intrakurikuler maupun penilaian proyek penguatan profil pelajar Pancasila .  Untuk penilaian Proyek bisa digunakan untuk semua jenjanng dan fase mulai dari PAUD-SD-SMP-SMA-SMK.  Aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka yang akan disodorkan saya yakin sangat mudah digunakan Sobat GS karena dalam bentuk excel.   Selain itu para guru pengembang aplikasi raport dan penilaian ini juga mudah dihubungi sehingga jika terjadi kendala dalam pengisian dan apabila akan digunakan secara resmi disekolah sobat GS sangat mudah dihubungi di no WA yang tertera di aplikasinya.  Untuk aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka dari Ayu Chandra Astari, pengembang sudah mengizinkan siapa saja bebas mengunakan, sebagaimana pernyataannya dalam panduan : " Jika ingin mengedit tidak usah meminta izin untuk akses file, setelah didownload anda sudah bisa menggunakannya, semoga membantu"

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka

Pembelajaran adalah proses dalam merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. 

Sementara penilaian (asessmen) adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Pembelajaran dan Penilaian (Asessmen) merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. 

Oleh karena itu, penilaian yang diutamakan dalam kurikulum merdeka adalah penilaian formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka

Tahapan yang harus di kuasai para pendidik dalam Penilaian Kurikulum Merdeka adalah :

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka

Untuk itu penilaian adalah tugas guru dan merupakan administrasi utama guru. Salah satu tool yang harus dimiliki para pendidik dalam memudahkan dalam dokumentasi penilaian adalah aplikasi penilaian kurikulum merdeka.

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka dibawah ini terdiri dari aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka baik penilaian intrakurikuler maupun peniaian proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Dikarenakan Secara resmi Kemdikbudristek belum memunculkan aplikasi penilaian dan Raport, berikut ini aplikasi-aplikasi penilaian yang dibuat oleh sekolah / guru dari sekolah-sekolah yang telah lebih dulu melaksanakan Kurikulum Merdeka, diantaranya yang dibuat oleh I Made Rai Alit Sentanu dan Ayu Chandra Astari.

Dokumen dalam aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka ini terdiri dari  daftar nilai, analisis penilaian, dan aplikasi rapor SD untuk semua fase A, B, dan C, baik penilain intrakurikuler maupun penilaian proyek penguatan profil pelajar Pancasila .

Untuk penilaian Proyek bisa digunakan untuk semua jenjanng dan fase mulai dari PAUD-SD-SMP-SMA-SMK.

Aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka yang akan disodorkan saya yakin sangat mudah digunakan Sobat GS karena dalam bentuk excel. 

Selain itu para guru pengembang aplikasi raport dan penilaian ini juga mudah dihubungi sehingga jika terjadi kendala dalam pengisian dan apabila akan digunakan secara resmi disekolah sobat GS sangat mudah dihubungi di no WA yang tertera di aplikasinya.

Untuk aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka dari Ayu Chandra Astari, pengembang sudah mengizinkan siapa saja bebas mengunakan, sebagaimana pernyataannya dalam panduan :
" Jika ingin mengedit tidak usah meminta izin untuk akses file, setelah didownload anda sudah bisa menggunakannya, semoga membantu"

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka Karya I Made Alit Sentanu

No  Aplikasi Raport dan Penilaian Download
1 Daftar Kelas Download
2 Daftar Nilai Kurikulum Merdeka Download
3 Analisis Penilaian Kurikulum Merdeka Download
4 Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Fase A Download
5 Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Fase B dan C Download

Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka karya Ayu Chandra Astari

No  Aplikasi Raport dan Penilaian Download
1 Raport  (2 Mulok) Download
2 Raport  (5 Mulok) Download
3 Raport Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Untuk PAUD-SD-SMP-SMA-SMK
Download
4 Panduan Download dan Edit File aplikasi raport   Download

Jika tidak ingin terdapat nama /foto pengembang atau logo sekolah atau mengedit lebih lanjut di aplikasi raport dan penilaian kurikulum merdeka silahkan saja langsung menghubungi pak I Made dan ibu Ayu di no Wa pengembang, semoga jerih payahnya membawa keberkahan dan kemulyaan untuk para pengembang, Maju terus pendidikan Indonesia. 
Semoga bermanfaat. 

Aplikasi Raport dan Penilaian SD-SMP-SMA-SMK-SLB (semua Jenjang ) Kurikulum Merdeka karya I Nyoman Pasek,S.Pd.,M.Pd


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

16 komentar untuk "Aplikasi Raport dan Penilaian Kurikulum Merdeka"

  1. hebat loh,,, saya suka memudahkan saya membuat adminitrasi guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, selamat bekerja dan sukses selalu

      Hapus
  2. semoga ADH selalu diberikan kesehatan dan keberkahan, sehingga dapat selalu menebarkan konsep ilmu yang bermanfaat. syukron katsiron

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajazaalaik fil khoir, Alhamdulillah happy sharing

      Hapus
  3. Balasan
    1. Silahkan di cek lagi di artikel tersebut diatas, sudah admin update, dengan link untuk e Raport SMA, semoga bermanfaat

      Hapus
  4. assalamulaikum, bisa bagi aplikasi rapor kurikulum merdeka untuk smp

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel diatas sudah diupdate, untuk SMP silahkan klik link yang ada

      Hapus
    2. link yang mana ibu saya klik ga da

      Hapus
    3. KLIK KOTAK DOWNLOAD WARNA BIRU (aplikasi E raport SD-SMP-SMA-SMK-SLB I Nyoman Pasek )

      Hapus
  5. raport fase d tidak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fase D atau SMP adanya di Aplikasi E raport SD-SMP-SMA-SMK-SLB I Nyoman Pasek, Silahkan ikuti intruksi pengembangnya

      Hapus
  6. ijin download, terima kasih semoga menjadi amal ibadah

    BalasHapus
  7. maaf sy masih belum paham cara untuk mendownloadnya, mohon bantuannya

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.