Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F

CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F  | Melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja artistik-estetik secara kreatif, memiliki daya apresiasi, menerima perbedaan, menghargai kebhinekaan global, sejahtera secara utuh (jasmani, mental-psikologis, dan rohani), yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan (terus menerus).

CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F  | Melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja artistik-estetik secara kreatif, memiliki daya apresiasi, menerima perbedaan, menghargai kebhinekaan global, sejahtera secara utuh (jasmani, mental-psikologis, dan rohani), yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan (terus menerus).

CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F 

    A. Rasional Mata Pelajaran Seni Musik

    CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka
    Seni musik merupakan ekspresi, respon, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik dari dalam diri maupun dari budaya, sejarah, alam dan lingkungan hidup seseorang, dalam beragam bentuk tata dan olah bunyi-musik. 

    CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka
    Musik bersifat individu sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal. Musik mendorong manusia untuk merasakan, dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara.

    CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka
    Melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja artistik-estetik secara kreatif, memiliki daya apresiasi, menerima perbedaan, menghargai kebhinekaan global, sejahtera secara utuh (jasmani, mental-psikologis, dan rohani), yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran
    yang berkesinambungan (terus menerus).

    B. Tujuan Mata Pelajaran Seni Musik

    CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka, Tujuan Mata Pelajaran Seni Musik :
    1. Peserta didik mampu mengekspresikan diri atas fenomena kehidupan.
    2. Peserta didik peka terhadap persoalan diri secara pribadi dan dunia sekitar.
    3. Peserta didik mampu mengasah dan mengembangkan musikalitas, terlibat dengan praktik-praktik bermusik dengan cara yang sesuai, tepat, dan bermanfaat, serta turut ambil bagian dan mampu menjawab tantangan dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Secara sadar dan bermartabat peserta didik mengusahakan perkembangan kepribadian, karakter, dan kehidupannya baik untuk diri sendiri maupun untuk sesama dan alam sekitar.

    C. Karakteristik Mata Pelajaran Seni Musik

    CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka. Karakteristik mata pelajaran seni Musik :
    1. Pelajaran seni musik mencakup: pengembangan musikalitas; kebebasan berekspresi; pengembangan imajinasi secara luas; menjalani disiplin kreatif; penghargaan akan nilai-nilai keindahan; pengembangan rasa kemanusiaan, toleransi dan menghargai perbedaan; pengembangan karakter/kepribadian manusia secara utuh (jasmani, mental/psikologis, dan rohani) yang dapat memberikan dampak dalam kehidupan manusia.
    2. Pelajaran musik membantu mengembangkan musikalitas, kemampuan bermusik peserta didik melalui berbagai macam praktik musik yang baik secara:
      • Ekspresif dan indah
      • Kesadaran, pemahaman dan penghayatan akan unsur-unsur/ elemen-elemen bunyi-musik dan kaidah-kaidahnya
      • Dengan penerapan yang tepat guna Dalam pembelajaran praktik Seni Musik mencakup elemen-elemen dan deskripsinya di bawah ini silahkan anda scrolling saja.
    • Ekspresif dan indah
    • Kesadaran, pemahaman dan penghayatan akan unsur-unsur/ elemen-elemen bunyi-musik dan kaidah-kaidahnya
    • Dengan penerapan yang tepat guna Dalam pembelajaran praktik Seni Musik mencakup elemen-elemen dan deskripsinya di bawah ini silahkan anda scrolling saja.

    D. Capaian Pembelajaran Seni Musik

    Selengkapnya tentang CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka dibawah ini :


    Atau silahkan CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka pada link berikut :


    Untuk Capaian Pembelajaran Revisi Kurikulum Merdeka tiap mata pelajaran bisa anda telusuri pada link berikut ini : CP revisi 2022 Kurikulum merdeka tiap mata pelajaran

    Sedangkan modul ajar Seni Musik dapat anda unduh pada : 

    Sumber rujukan CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022 yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022 sebelumnya.
    Semoga Bermanfaat.
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Seni Musik Revisi 2022 Fase A-F"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.