Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka. Seni musik merupakan ekspresi, respon, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik dari dalam diri maupun dari budaya, sejarah, alam dan lingkungan hidup seseorang, dalam beragam bentuk tata dan olah bunyi-musik. 

Musik bersifat individu sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal.   Modul ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka membawa dan mendorong untuk merasakan, dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara.  Melalui Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka pembelajaran seni musik, dirancang untuk mengajak perserta didik untuk berpikir dan bekerja artistik-estetik secara kreatif, memiliki daya apresiasi, menerima perbedaan, menghargai kebhinekaan global, sejahtera secara utuh (jasmani, mental-psikologis, dan rohani),   yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan (terus menerus).  Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka

Musik bersifat individu sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal. 

Modul ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka membawa dan mendorong untuk merasakan, dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara.

Melalui Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka pembelajaran seni musik, dirancang untuk mengajak perserta didik untuk berpikir dan bekerja artistik-estetik secara kreatif, memiliki daya apresiasi, menerima perbedaan, menghargai kebhinekaan global, sejahtera secara utuh (jasmani, mental-psikologis, dan rohani), 

yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan (terus menerus).

Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka

Berikut ini Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka yang disusun oleh ;

Semoga teman-teman diatas mendapatkan keberkahan atas berbagi contoh modul ajar seni musik SMA kurikulum merdeka.

Untuk didijadikan contoh atau bahkan dimodifikasi sobat gurusumedang dalam membuat modul ajar Seni Musik SMA yang sesuai potensi dan karakteristik daerah,satuan pendidikan dan peserta didik itu sendiri semoga bermanfaat

Buku Guru dan Siswa Seni Rupa

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru Seni MusikDownload
2Buku Siswa Seni MusikDownload

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

NoCP & ATPDownload
1Capaian Pembelajaran Seni  Musik Download
2Alur Tujuan Pembelajaran Seni MusikDownload

Modul Ajar Seni Rupa SMA Kurikulum Merdeka

NoTopik /Modul PenyusunDownload
1Bermain musik lagu Tradisional Indonesia (X)Arif Darmawan,S.PdDownload
2Membuat Pertunjukkan Musik Asambel  (X)Moh Arif RahmanDownload
3Mengaransemen musik tradisional lokal dalam
bentuk vokal grup , Terapil bermusik Band, 
Menciptakan lagu dalam bentuk musik band  (X)
Sidarta Surya YuanaDownload
4Ritmik, Vocal ,Asambel (X)Tian HestiartoDownload
5Membuat lagu dengan akor gitar atau keyboard Eko Jawanto,S.PdDownload
6memainkan karya -karya musik lokal maupun global  (X) 
dan mengembangkan gagasan dalam bentuk notasi
musik dan audio (XI)
M Yusda Permana,S.PdDownload

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan perbandingan dalam menyusun modul ajar, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Seni Musik SMA Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.