Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F

CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka | Seni tari dapat membantu peserta didik memiliki kepekaan sosial dan estetis, mengembangkan sensitivitas, multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif.
CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka | Seni tari dapat membantu peserta didik memiliki kepekaan sosial dan estetis, mengembangkan sensitivitas, multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif.

CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Mata Pelajaran Seni Tari

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Seni merupakan respon, ekspresi, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik di dalam (diri) dan di luar (budaya, sejarah, alam, lingkungan) seseorang, yang diekspresikan melalui media (tari, musik, rupa, lakon/teater). 

    Belajar dengan seni mengajak manusia untuk mengalami, merasakan, mengekspresikan keindahan, dan untuk berpikir serta bekerja secara artistik. Sedangkan belajar tentang seni membentuk manusia menjadi kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global, dan sejahtera secara psikologis. 

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Untuk belajar melalui seni berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang
    berkesinambungan. Oleh karenanya, pembelajaran seni dapat dilakukan melalui pendekatan belajar dengan seni, belajar tentang seni, dan belajar melalui seni.

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Seni tari dapat membantu peserta didik memiliki kepekaan sosial dan estetis, mengembangkan sensitivitas, multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif. 

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Pembelajaran seni tari haruslah membentuk intradisipliner dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang digunakan untuk memperhatikan budaya dan konteks sosial melalui pengalaman mengalami, menciptakan, refleksi, berpikir bekerja artistik, dan
    berdampak sesuai elemen pada capaian pembelajaran seni. 

    Kegiatan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam tari menggunakan tubuh sebagai media komunikasi dengan memperhatikan unsur keindahan sesuai norma yang berlaku di masyarakat setempat. Seni tari juga memberikan kontribusi dalam perkembangan keterampilan abad ke-21 yang terkait dengan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk menjawab tantangan di era global yang mencerminkan profil pelajar pancasila.
    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Profil Pelajar Pancasila meliputi ;
    1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; 
    2. mandiri; 
    3. bernalar kritis; 
    4. kreatif; 
    5. gotong royong; dan 
    6. berkebhinekaan global. Berdasarkan profil pelajar pancasila tersebut, harapannya peserta didik dapat memahami dirinya sendiri melalui proses kreatif sesuai dengan konteks budaya dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

    B. Tujuan Mata Pelajaran Seni Tari

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Seni tari bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk:
    1. meningkatkan multi kecerdasan, khususnya kinestetik sebagai ungkapan ekspresi, melalui gagasan, perasaan, kreativitas, dan imajinasi yang memiliki nilai estetis dan artistik, kehalusan budi sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengontrol dan mengatur tubuh sebagai media untuk mengungkapkan gagasan dengan percaya diri;
    2. mengolah tubuh untuk mengembangkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kesadaran diri yang mengasah kreatifitas dan imajinasi untuk diungkapkan melalui gerak tari sebagai bentuk komunikasi yang memiliki keindahan dan artistik;
    3. meningkatkan kepekaan rasa dan nilai estetis, seni, dan budaya tari dalam konteks masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang;
    4. Memahami budaya Indonesia meliputi sejarah dan tari tradisi melalui berbagai sumber daya dan aktivitas seni yang bermakna sebagai pembentukan identitas diri dan bangsa dalam menghargai keberagaman serta pelestarian budaya seni tari Indonesia;
    5. mengembangkan tari tradisi Indonesia dan menyebarluaskannya sebagai usaha menjalin interaksi sosial serta komunikasi antarbudaya dalam konteks global; dan
    6. Menjawab tantangan perkembangan dan perubahan di abad ke-21.

    C. Karakteristik Mata Pelajaran Seni Tari

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Seni tari merupakan pembelajaran berbasis pada kecerdasan kinestetik 
    dengan memperhatikan norma yang erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat. Melalui seni tari, peserta didik dapat meningkatkan kreativitas dan apresiasi dalam berkarya seni dan dapat memaknai fenomena kehidupan yang diimplementasikan dalam keseharian.

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Dalam membelajarkan seni tari, dibutuhkan pendekatan berupa elemen-elemen yang saling berkaitan, yaitu mengalami, mencipta, dan refleksi yang bermuara pada berpikir dan bekerja artistik, sehingga berdampak bagi dirinya dan orang lain. Elemen ini merupakan siklus yang dapat dilihat pada skema berikut ini.

    CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 
    Elemen dan deskripsinya silahkan cek dibawah.

    D. CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka 

    Selengkapnya tentang Capaian Pembelajaran Seni Tari di bawah ini :


    Atau silahkan Download CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F Kurikulum Merdeka  di link berikut :

    Untuk Capaian Pembelajaran revisi 2022 Kurikulum merdeka tiap mata pelajaran bisa anda telusuri di : CP Revisi 2022 Kurikulum Merdeka Tiap mata Pelajaran

    Sumber rujukan : Capaian Pembelajaran ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 033/H/KR/2022 yang merupakan revisi dari Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022 sebelumnya.
    Semoga Bermanfaat
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Seni Tari Revisi 2022 Fase A-F "

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.