Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum MerdekaIndonesia adalah bangsa dengan curahan anugrah yang sangat besar dengan sumber daya manusia  dan sumber daya alam yang melimpah, kaya dengan budaya, suku  bangsa, bahasa, serta terdiri dari berbagai agama dan kepercayaan. 

Seperti apa modul ajar dalam kurikulum merdeka?, Bagaimana cara membuat modul ajar, kurikulum merdeka?, modul ajar ips kelas 8 semester 1, modul ips kelas 8 semester 1 bab 2, modul ips kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 pdf, buku ips kelas 8 kurikulum merdeka pdf, download modul ips kelas 8, buku guru ips kelas 8 kurikulum merdeka, modul ajar ips kelas 9 kurikulum merdeka, modul ajar ips kelas 9

Seperti apa modul ajar dalam kurikulum merdeka?, Bagaimana cara membuat modul ajar, kurikulum merdeka?, modul ajar ips kelas 8 semester 1, modul ips kelas 8 semester 1 bab 2, modul ips kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 pdf, buku ips kelas 8 kurikulum merdeka pdf, download modul ips kelas 8, buku guru ips kelas 8 kurikulum merdeka, modul ajar ips kelas 9 kurikulum merdeka, modul ajar ips kelas 9

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka

Secara geografis letak Indonesia juga sangat strategis, hal ini menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang sangat diperhitungkan secara geopolitik  dalam kancah internasional. 

Indonesia di tahun-tahun mendatang akan mengalami bonus demografi,  yaitu jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar  dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15  tahun dan di atas 64 tahun). 

Keadaan ini membutuhkan solusi rasional  serta terukur secara ilmiah, sehingga bonus demografi akan menjadi  sumber kekuatan bangsa. dan proses pembelajaran IPS menjadi bagian penting dalam mencari solusi.  Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran penting dalam  hal ini. 

Akan tetapi, selama ini proses pembelajaran IPS lebih  menekankan kepada dimensi pengetahuan,kurang perhatian kepada  dimensi keterampilan berpikir. 

Oleh karena itu dalam pembelajaran  dengan paradigma baru diharapkan dimensi keterampilan berpikir lebih digali. 

Untuk itulah Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D ini hadir merupakan hasil aksi baik dari guru-guru di program sekolah merdeka yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka dari tahun 2021.

Dengan pendekatan pembelajaran keterampilan proses yang  berpusat pada peserta didik. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  memiliki peran penting dalam hal ini. 

Dengan pendekatan pembelajaran  inkuiri yang berpusat pada peserta didik, Pendidikan IPS menjadi  sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait  kehidupan masyarakat dengan lingkungannya. 

Pendidikan IPS merupakan perpaduan cabang cabang ilmu-ilmu sosial dan humaniora termasuk di dalamnya agama,  filsafat, dan pendidikan. IPS juga dapat mengambil aspek-aspek tertentu dan ilmu-ilmu kealaman serta teknologi. 

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka

Berikut ii saya sajikan contoh Download Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka hasil aksi nyata di sekolah penggerak dan telah dikurasi oleh kemdikbudristek :

Alur Tujuan Pembelajaran IPS

No ATP Unduh
Alur Tujuan Pembelajaran IPS Fase D Unduh

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka

No Topik ModulPenyusun Unduh
1Modul ajar IPS: Hubungan Geografis dan Kependudukan Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd  Unduh
2 Modul ajar IPS: Keanekaragaman Indonesia Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
3 Modul ajar IPS: Periharalah Tanah Airku Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
4 Modul ajar IPS: Lestarikan Alam Indonesia Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
5 Modul ajar IPS: Peta jalur Sutra Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka

No Topik ModulPenyusun Unduh
6Modul ajar IPS: Berdamai Itu Indah  Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
7 Modul ajar IPS: Berita-berita Masalah Sosial Terkini  Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
8 Modul ajar IPS: masalah sosial yang terjadi di masyarakat (Berita Terbaru) Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
9 Modul ajar IPS: Masalah sosial yang terjadi di masyarakat (Mengatasi Masalah tanpa Masalah) Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
10 Modul ajar IPS: Ekonomi Kreatif Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh

Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka

No Topik ModulPenyusun Unduh
11Modul ajar IPS: Kegiatan Ekonomi GlobalDr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
12 Modul ajar IPS: Kesejahteraan penduduk Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
13 Modul ajar IPS: Perdagangan antar wilayah
dan antar Negara 
Dr.Eni Kuswati,S.Pd.,M.Pd Unduh
14 Modul ajar IPS: memanfaatkan Sumber
daya alam secara kreatif 
Tina IstotoUnduh
15 Modul ajar IPS: Perdagangan antar
daerah antar pulau
Tri Indah Nurchayati Unduh
16 Modul ajar IPS: Potensi Lingkungan Sari Pratiwi,M.Pd Unduh
17 Modul ajar IPS: Perdagangan Internasional Tri Indah Nurchayati Unduh

Berikutnya Modul Ajar SMP kelas lainnya ada pada link berikut ini  :
Demikian Downlaod Modul ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka yang dapat saya sajikan yang bersumber dari sekolah penggerak dan kurasi oleh kemdikbudristek, semoga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

6 komentar untuk "Modul Ajar IPS SMP Kelas 8 Fase D"

  1. Makasih Modulnya , sangat bermanfaat sekali,

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy sharing untuk yang lainnya pak/bu

      Hapus
  2. Terima kasih modulnya, sangat bermanfaat sekali buat saya dan teman-teman yang lain๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, silahkan di share pa/bu

      Hapus
  3. Permisi materinya kok berbeda dengan buku yg diberi kementrian pendidikan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. modul itu dirancang guru, akan terus berkembang dan tentunya berbeda sesuai situasi, konteks dan karakteristik, diatas adalah contoh yang dikurasi dan diedarkan kemdikbud, modul hanya contoh hemat saya guru membuat modul ajar sendiri, jadikan dasar buku teks,apalagi buku guru sudah sangat mudah dan jelas dan CP lalu buat ATP kemudian modulnya

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.