Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Pembahasan Gerak Benda dan Mahluk Hidup

Soal dan Pembahasan gerak benda dan mahluk hidup, meliputi konsep gerak, gerak lurus, gaya, Hukum Newton, kemudian sistem gerak pada manusia dengan pembahasan tentang rangka, sendi dan otot, gangguan atau kelainan pada sistem gerak dan upaya mencegah dan mengatasinya.
Soal dan Pembahasan gerak benda dan mahluk hidup, meliputi konsep gerak, gerak lurus, gaya, Hukum Newton, kemudian sistem gerak pada manusia dengan pembahasan tentang rangka, sendi dan otot, gangguan atau kelainan pada sistem gerak dan upaya mencegah dan mengatasinya.

Berikut ini contoh soal dan pembahasan pada uji kompetensi Bab 1 kelas 8 tentang gerak benda dan mahluk hidup, kemudian di lengkapi soal online gerak benda dan mahluk hidup untuk berlatih secara mandiri, setelah kalian mengisi soal secara online akan langsung diketahui berapa besar nilainya, selamat mencoba dan berlatih.

Uji Kompetensi Buku IPA kelas 8

Soal dan Pembahasan Gerak Benda dan Mahluk Hidup


1. Fungsi sistem rangka antara lain melindungi organ internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi jantung dan paru-paru serta otak secara berturut-turut adalah .... 
A. tulang belakang dan tulang rusuk 
B. tulang rusuk dan tulang tengkorak 
C. tulang tengkorak dan tulang rusuk 
D. tulang belakang dan tulang tengkorak 
Jawab : B

2. Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah .... 
A. otot jantung dan otot dahi  
B. otot jantung dan otot trisep 
C. otot bisep dan otot jantung 
D. otot dahi dan otot gastronemius 
Jawab : C

3. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah .... 
A. sendi geser 
B. sendi putar 
C. sendi pelana 
D. sendi engsel 
Jawab : D

4.  Gerak tumbuhan yang memerlukan rangsang berupa perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata disebut gerak …. 
A. nasti 
B. esionom 
C. tropisme 
D. higroskopis 
Jawab : D

5. Contoh gerak tumbuhan berikut yang bukan merupakan contoh dari gerak nasti adalah…. 
A. mekarnya bunga pukul empat 
B. gerak menutupnya daun putri malu 

C. menguncupnya daun tumbuhan Leguminoceae 
D. merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan
Jawab : D

6. Perhatikan pernyataan-pertanyaan di bawah ini! 
  1. sebagian besar ikan memiliki bentuk tubuh torpedo
  2. ekor dan sirip ikan berfungsi untuk menahan laju air
  3. sirip tambahan diperlukan untuk melakukan berbagai gerakan di dalam air
  4. bentuk torpedo (streamline) tubuh ikan berfungsi untuk mengurangi hambatan di dalam air
Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, yang mendukung ikan untuk  melakukan berbagai gerakan di dalam air adalah pernyataan nomor …. 
A. 1,2 dan 3 
B. 1,22 dan 4
C. 1,3 dan 4
D. 2, 3 dan 4
Jawab : C

7. Seseorang yang sedang mengendarai sepeda mampu menempuh jarak 5 meter dalam waktu 2,5 sekon. Berdasarkan informasi tersebut, kecepatan anak bersepeda adalah … m/s. 
A. 2,0 
B. 5,0 
C. 7,5 
D. 12,5 
Jawab : A
V = S/t  ( dengan S = 5 m dan t = 2,5)
V = 5/2,5
V = 2 m/s

8. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah seperti digambarkan pada grafik di bawah ini.
8. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah seperti digambarkan pada grafik di bawah ini.

Titik yang menunjukkan mobil sedang mengalami peristiwa kelembaman adalah …. 
A. A – B 
B. B – C 
C. C – D 
D. D – A

Jawab : C
Suatu benda memiliki kecenderungan untuk tetap mempertahankan keadaan diam atau geraknya dengan kecepatan tetap yang disebut sebagai inersia atau kelembaman benda. 

9. Perhatikan gambar bola yang dilempar ke tembok akan memantul kembali seperti gambar di bawah ini!
9. Perhatikan gambar bola yang dilempar ke tembok akan memantul kembali seperti gambar di bawah ini!

Berikut pasangan gaya aksi-reaksi yang benar adalah …. 

A. F1, F2 dan F3, karena ketiga gaya tersebut menggambarkan gerak bola 
B. F1 dan F2, karena bekerja pada benda yang sama dan arah gayanya saling tegak lurus 
C. F1 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling tegak lurus 
D. F2 dan F3, karena bekerja pada benda yang berbeda dan arah gayanya saling berlawanan

Jawab : D

10.  Perhatikan posisi burung yang sedang terbang bebas seperti pada gambar di bawah ini!
Saat terbang di udara, burung tersebut menerapkan hukum ketiga Newton dengan cara memanfaatkan sifat gesekan udara. Berdasarkan fakta tersebut, maka perbandingan besarnya gaya aksi dan reaksi antara burung dengan udara yang benar adalah ....  A. sama, sehingga burung dapat melayang di udara  B. sama, sehingga burung dapat terbang dengan stabil di udara  C. sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan  D. berbeda, karena gaya yang dimilikinya lebih kecil dari gaya gesekan udara sehingga burung dapat maju ke depan

Saat terbang di udara, burung tersebut menerapkan hukum ketiga Newton dengan cara memanfaatkan sifat gesekan udara. Berdasarkan fakta tersebut, maka perbandingan besarnya gaya aksi dan reaksi antara burung dengan udara yang benar adalah ....

A. sama, sehingga burung dapat melayang di udara 
B. sama, sehingga burung dapat terbang dengan stabil di udara 
C. sama, karena gaya yang dimilikinya melebihi besar gaya gesekan udara maka burung dapat maju ke depan 
D. berbeda, karena gaya yang dimilikinya lebih kecil dari gaya gesekan udara sehingga burung dapat maju ke depan 

Jawab : C
Burung mengepakkan sayap ke belakang untuk memberikan gaya aksi ke udara. Udara yang massanya jauh lebih besar daripada burung, memberi gaya reaksi yang nilainya sama besar dengan gaya aksi namun berlawanan arah, sehingga mengakibatkan burung dapat melaju kencang ke depan

Essay

1. Perhatikan gambar ketiga jenis otot manusia berikut ini :
Jelaskan nama masing-masing otot tersebut dan lokasinya dalam tubuh manusia, serta sebutkan satu Ciri yang Nampak  dari otot tersebut!   Jawab : a) Nama otot: otot rangka, lokasi otot: melekat pada tulang, sehingga tulang dapat bergerak, ciri-ciri: memiliki garis-garis melintang, sehingga otot ini disebut dengan otot lurik.  b) Nama otot: otot jantung, lokasi otot: jantung, ciri-ciri: memiliki garis-garis seperti otot rangka.  c) Nama otot: otot polos, lokasi otot: organ dalam manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll.), ciri-ciri: tidak bergaris-garis, berbentuk gelendong.

Jelaskan nama masing-masing otot tersebut dan lokasinya dalam tubuh manusia, serta sebutkan satu Ciri yang Nampak  dari otot tersebut! 

Jawab :
  • a) Nama otot: otot rangka, lokasi otot: melekat pada tulang, sehingga tulang dapat bergerak, ciri-ciri: memiliki garis-garis melintang, sehingga otot ini disebut dengan otot lurik. 
  • b) Nama otot: otot jantung, lokasi otot: jantung, ciri-ciri: memiliki garis-garis seperti otot rangka. 
  • c) Nama otot: otot polos, lokasi otot: organ dalam manusia (dinding lambung, usus halus, rahim, dll.), ciri-ciri: tidak bergaris-garis, berbentuk gelendong. 

2. Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari? 

Berjemur di bawah matahari pagi dapat membantu tubuh untuk mengubah provitamin D yang terdapat pada jaringan kulit menjadi vitamin D yang diperlukan tubuh dalam proses pengerasan tulang. 

3. Jelaskan perbedaan prinsip gerak yang dilakukan oleh burung, ikan, dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya! 

Jawab :

Burung memiliki otot sayap yang kuat dan rangka yang ringan untuk memudahkan saat terbang. Ikan memiliki bentuk stream line untuk mengurangi hambatan saat bergerak di dalam air. Ikan juga memiliki sirip yang memudahkan untuk melakukan manuver di dalam air. Kuda memiliki otot dan rangka yang kuat untuk berlari di darat.

4.Perhatikan gambar grafik berikut ini!
Berdasarkan gambar di atas,  A. Apa yang terjadi pada kecepatan mobil yang berada pada jarak di antara 2,6 km sampai 2,8 km?  B. Manakah dari gambar A, B, C, D, dan E berikut yang menunjukkan lintasan gerak mobil balap yang terekam pada grafik di atas?

Berdasarkan gambar di atas, 
  • A. Apa yang terjadi pada kecepatan mobil yang berada pada jarak di antara 2,6 km sampai 2,8 km? 
  • B. Manakah dari gambar A, B, C, D, dan E berikut yang menunjukkan lintasan gerak mobil balap yang terekam pada grafik di atas?
Jawab :  A. Mobil pada posisi 2,6 km- 2,8 km mengalami pertambahan kecepatan atau mengalami percepatan.  B. Jawaban A. Pada posisi nol km sampai 0,3 km mobil mengalami penurunan kecepatan, setelah itu mengalami pertambahan kecepatan. Dari 0,61,0 km mobil bergerak dengan kecepatan tetap. Selanjutnya mobil mengalami penurunan kecepatan sampai pada posisi 1,3 km. Kemudian naik lagi kecepatannya sampai pada posisi 1,7 km, dan selanjutnya bergerak dengan kecepatan tetap sampai pada posisi 2,3 km. Mobil mengalami penurunan kecepatan sampai pada posisi 2,6 km. Dari 2,62,8 mengalami peningkatan kecepatan setelah itu mobil bergerak dengan kecepatan tetap, dengan besar kecepatan sama dengan kecepatan awal.

Jawab :

  • A. Mobil pada posisi 2,6 km- 2,8 km mengalami pertambahan kecepatan atau mengalami percepatan. 
  • B. Jawaban A. Pada posisi nol km sampai 0,3 km mobil mengalami penurunan kecepatan, setelah itu mengalami pertambahan kecepatan. Dari 0,61,0 km mobil bergerak dengan kecepatan tetap. Selanjutnya mobil mengalami penurunan kecepatan sampai pada posisi 1,3 km. Kemudian naik lagi kecepatannya sampai pada posisi 1,7 km, dan selanjutnya bergerak dengan kecepatan tetap sampai pada posisi 2,3 km. Mobil mengalami penurunan kecepatan sampai pada posisi 2,6 km. Dari 2,62,8 mengalami peningkatan kecepatan setelah itu mobil bergerak dengan kecepatan tetap, dengan besar kecepatan sama dengan kecepatan awal. 

5. Perhatikan gambar di bawah ini!
 
Seorang peloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya  F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara.			 a. Berapakah besar gaya yang dikerjakan tanah (F´) terhadap peloncat? Apakah F´=w, F´>w, atau F´<w?         b. Berapa pula besar F’ dibandingkan F? Apakah F´=F, F´>F, atau  F´<F? Jelaskan! Lebih besar dari w dan sama dengan F, karena peloncat harus mampu mengimbangi gaya beratnya namun gaya tekan pada tanah nilainya sama dengan gaya yang diberikan tanah kepada peloncat (gaya aksireaksi).

Seorang peloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya  F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara.
  • a. Berapakah besar gaya yang dikerjakan tanah (F´) terhadap peloncat? Apakah F´=w, F´>w, atau F´<w?        
  • b. Berapa pula besar F’ dibandingkan F? Apakah F´=F, F´>F, atau  F´<F? Jelaskan!
Lebih besar dari w dan sama dengan F, karena peloncat harus mampu mengimbangi gaya beratnya namun gaya tekan pada tanah nilainya sama dengan gaya yang diberikan tanah kepada peloncat (gaya aksireaksi).

Setelah mempelajari contoh soal dan pembahasan gerak benda dan mahluk hidup, Selanjutnya kalian bisa uji kemampuan kalian secara mandiri tentang gerak benda dan mahluk hidup pada soal online Gerak Benda dan mahluk Hidup berikut ini :

Salam dan Sukses



Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Soal dan Pembahasan Gerak Benda dan Mahluk Hidup"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.