Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran PKL

Capaian Pembelajaran PKL  | Praktik Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam menginternalisasi dan menerapkan keterampilan karakter dan budaya kerja (soft skills) serta menerapkan, meningkatkan, dan mengembangkan penguasaan kompetensi teknis (hard skills) sesuai dengan konsentrasi keahliannya dan kebutuhan dunia kerja, serta kemandirian berwirausaha. 

Capaian Pembelajaran PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Capaian Pembelajaran PKL  | Praktik Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam menginternalisasi dan menerapkan keterampilan karakter dan budaya kerja (soft skills) serta menerapkan, meningkatkan, dan mengembangkan penguasaan kompetensi teknis (hard skills) sesuai dengan konsentrasi keahliannya dan kebutuhan dunia kerja, serta kemandirian berwirausaha.

PKL  merupakan penyelarasan akhir atau kulminasi 
dari seluruh mata pelajaran. Pembelajarannya diselenggarakan berbasis proses bisnis dan mengikuti Prosedur Operasional Standar (POS) yang berlaku di dunia kerja melalui tahapan mengamati, memahami, meniru tindakan, bekerja dengan bantuan dan pengawasan, bekerja mandiri, serta aktualisasi dan eksplorasi. 

Kegiatan perencanaan, pelaksanaan, asesmen dan evaluasi harus berorientasi pada ketercapaian tujuan pembelajaran PKL.

Capaian Pembelajaran PKL (Praktek kerja Lapangan)

Tujuan mapel PKL meliputi;

  1. internalisasi soft skills di dunia kerja;
  2. penerapan hard skills yang dikuasai pada pekerjaan yang sesungguhnya sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang berlaku;
  3. peningkatan dan pengembangan hard skills dalam bidang tertentu sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja; dan
  4. penyiapan kemandirian peserta didik untuk berwirausaha.
Capaian Pembelajaran PKL merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan, capaian yang ditargetkan di Fase F.

Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang harus dicapai. Namun demikian, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional SMK dan para pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran PKL ini, dengan membuat alur tujuan pembelajaran. Pengembangan alur tujuan pembelajaran dijelaskan lebih terperinci dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Capaian Pembelajaran PKL (Praktek Kerja lapangan)

Selengkapnya Capaian Pembelajaran PKL bisa sobat download gratis dibawah ini :


Atau Capaian Pembelajaran PKL ( Praktek kerja Lapangan) bisa anda download pada bar dibawah ini

Untuk CP SMK lainnya bisa anda kunjungi : CP SMK Kurikulum Merdeka Revisi 2022

Demikian Capaian Pembelajaran PKL (Praktek Kerja Lapangan) dari CP Revisi 2022 sesuai SK BSKAP No 033/K/HR/2022.
Semoga Bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran PKL"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.