Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi  pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada  setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran  pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan  pendidikan menengah. 

CP memuat  sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun  secara komprehensif dalam bentuk narasi dan menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membongkar tentang Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran.

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi  pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada  setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran  pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan  pendidikan menengah. CP memuat  sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun  secara komprehensif dalam bentuk narasi dan menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik. Pada kesempatan kali ini kita akan membongkar tentang Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran.
Dok. Pribadi /Pembelajaran di SMPN 1 Sumedang

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

Tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian pembelajaran dibagi dalam fase usia peserta didik yaitu :

Untuk menyusun rencana pembelajaran, jabaran kompetensi pada Capaian Pembelajaran perlu dipetakan ke dalam tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran. 

Peta kompetensi tersebut kemudian digunakan sebagai acuan untuk Pendidik dan satuan pendidikan dapat  menggunakan berbagai strategi dan pendekatan dalam menyusun tujuan  pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran. 

Kriteria dalam menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran adalah :

Dalam kurikulum merdeka tujuan akhirnya adalah profil pelajar pancasila, tujuan akhir ini kemudian diturunkan menjadi kalimat CP (yang dibagi dalam beberapa fase), yang disediakan kemdikbudristek kemudian didetailkan menjadi TP dan ATP yang menjadi domain guru ;

  1. Tujuan Pembelajaran (TP) mengacu pada 2 komponen berikut:
    • Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup  sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang  dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang  menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai  tujuan pembelajaran. 
    • Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama  yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran. 
  2. Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 
    • Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi  yang harus dikuasai peserta didik 
    • Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase  menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran  yang linear dari awal hingga akhir fase.
    •  Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase  menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran  yang menggambarkan tahapan perkembangan  kompetensi antarfase dan jenjang.

Merumuskan TP (tujuan Pembelajaran) dan ATP (alur tujuan pembelajaran)  dari kalimat CP

Hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran :
  1. Guru merujuk pada kompetensi dan konten yang tercantum pada CP.
  2. Merumuskan kalimat (TP) dapat  mengambil referensi dari berbagai sumber atau  memadukan tujuan pembelajaran dari berbagai  kurikulum.
  3. Identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang  mungkin terkait dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

Contoh 1 Prosedur penyusunan alur tujuan pembelajaran

  1. Melakukan analisis Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran pada fase yang  akan dipetakan.

  2. Identifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.
  3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan  mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  4. Identifikasi elemen dan atau subelemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Lebih lengkap tentang Capaian pembelajaran bisa sobat GS telaah lebih lanjut dan download capaian pembelajaran tiap mata pelajaran dilink berikut ini :

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

Contoh 2 Prosedur penyusunan alur tujuan pembelajaran

  1. Merumuskan Tujuan  Pembelajaran (TP) dan  menyusunnya dalam  alur pembelajaran untuk mencapai  kompetensi pada fase tersebut
  2. Menganalisis elemen  Capaian Pembelajaran (CP)  untuk mengidentifikasi kompetensi pada akhir fase pada elemen tersebut.
  3. Tim pendidik  berkolaborasi  menganalisis  naskah Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran yang menjadi fokus
Saran  :
  1. Penyusunan alur tujuan pembelajaran dilakukan di  tingkat satuan pendidikan oleh tim pendidik pada  mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang  sama.
  2. Alur tujuan pembelajaran yang telah dipetakan,  direview bersama di dalam tim, berdasarkan expert judgment tim pendidik untuk memastikan kesesuaiannya dengan kriteria alur tujuan  pembelajaran.
  3. Evaluasi pada alur tujuan pembelajaran hendaknya  dilakukan sebagai bagian dari evaluasi proses pembelajaran secara keseluruhan.
  4. Apabila teridentifikasi kendala atau ketidak efektifan  dalam pembelajaran, perbaikan yang dilakukan bisa  pada perangkat ajar, tujuan pembelajaran atau pada alur tujuan pembelajaran.
Untuk merumuskan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran Silahkan lengkapi dan download juga : 
Demikian Sobat GS Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menentukan dan Menyusun Tujuan Pembelajaran serta Alur Tujuan Pembelajaran paradigma baru pada Kurikulum Merdeka Belajar.

Sebagai contoh dan perbandingan silahkan kunjungi link berikut ini dan bisa sobat unduh Contoh Alur dan Tujuan Pembelajaran dari tiap mapel :

Disadur dari Panduan pembelajaran dan Asesmen yang disusun oleh Susanti Sufyadi, Dkk  Dikdasmen Balitbang dan Perbukuan Kemdikbudristek tahun 2021. 
Semoga Bermanfaat.

Terkait dengan analisis capaian pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran :
  • Apa saja capaian pembelajaran kurikulum merdeka?
  • Langkah langkah membuat capaian pembelajaran kurikulum merdeka?
  • Kurikulum merdeka capaian pembelajarannya ditentukan oleh siapa?
  • Capaian pembelajaran ada berapa?
  • download analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka
  • format analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka
  • analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka kelas 1
  • analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka bahasa indonesia
  • contoh capaian pembelajaran kurikulum merdeka
  • capaian pembelajaran kurikulum merdeka pdf
  • analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka fase b
  • analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka sd

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

10 komentar untuk "Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran"

  1. Mungkin akan lebih baik apabila disertai dengan rumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dari hasil analisis Capaian Pembelajaran (CP).

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kunjungi link berikut alur dan tujuan pembelajaran SMPselengkapnya silahkan cek lagi artikel diatas di bagian bawahnya sudah saya tambahkan contoh alur dan tujuan pembelajaran,semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Tlong contoh kongkretnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kunjungi link yang saya tambahkan di bawah artikel berupa contoh alur dan tujuan pembelajaran semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. terima kasih , saat ini sedang berjuag ppg prajab ini sangat membantu

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.