Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempublikasikan Google Site Agar Bisa Diakses Publik

Cara Mempublis Google Site Agar Bisa Diakses Publik | Google site adalah aplikasi untuk memuat situs web dari google workspace, sehingga terintegrasi dengan aplikasi google lainnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan produktifitas anda digoogle.

Google site sangat cocok untuk website internal seperti fortopolio, profil, atau mungkin anda seorang narasumber dan presenter untuk tempat penyimpanan dokumen yang memudahkan orang lain mengaksesnya dengan tampilan yang keren dan tentunya mewakili diri anda yang kreatif dan inovatif. 

Cara Mempublis Google Site Agar Bisa Diakses Publik | Google site adalah aplikasi untuk memuat situs web dari google workspace, sehingga terintegrasi dengan aplikasi google lainnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan produktifitas anda digoogle.  Google site sangat cocok untuk website internal seperti fortopolio, profil, atau mungkin anda seorang narasumber dan presenter untuk tempat penyimpanan dokumen yang memudahkan orang lain mengaksesnya dengan tampilan yang keren dan tentunya mewakili diri anda yang kreatif dan inovatif.

Bahkan dalam program Guru Penggerak, peserta harus membuat portofolio atau profil CGP dalam bentuk google site. anda bisa cek contoh google site berikut yang layak di coba :

Google site adalah website yang bisa dibuat oleh siapapun, orang awam dalam bahasa pemograman pun sangat dengan mudah membuatnya, karena tinggal tarik dan geser serta dasboard yang tidak memusingkan, selain itu websitenya otomatis kompatibel untuk HP, laptop dan tab tanpa harus melakukan konfigurasi tambahan, dan yang terpenting terintegrasi dengan Google Calendar, Google Docs, Google Maps, classroom, dan aplikasi lainnya di google workspace.

Sehingga Google sites yang anda buat cocok untuk menunjang produktivitas sobat. Apalagi anda terhubung dengan komunitas dan tim anda, daripada meminta anggota komunitas dan tim untuk memeriksa jadwal meet dan zoom di Calendar, membaca artikel di docs dan mencari lokasi meeting di Maps, berbagi file di drive, tentunya dengan google site menjadi lebih praktis dan asik jika anda menanamkannya ke dalam sebuah halaman Sites.

Ok, saya yakin sobat guru sudah memiliki site atau sedang mempelajari dan membuat  website di google site, sudah banyak tutorial atau langkah-langkah dalam membuat google site, tinggal anda buka saja youtube atau bantuan google.

Pada kesempatan kali ini kita membahas bagaimana mempublikasikan dan membagikan google site anda ke tim dan komunitas anda serta ke seluruh penduduk dipenjuru bumi.

Publikasikan & Bagikan situs Anda

Apakah ketika mempublish google site,mengalami kendala seperti ini ?

itu artinya : URL  yang anda maksud tidak ada sehingga tidak ditemukan ? lho kenapa padahal kita telah mempublis google site kita ? tenang cuma ada satu langkah yang mungkin terlewatkan oleh anda.

itu artinya : URL  yang anda maksud tidak ada sehingga tidak ditemukan ? lho kenapa padahal kita telah mempublis google site kita ? tenang cuma ada satu langkah yang mungkin terlewatkan oleh anda.

Berikut ini langkah untuk mengubahnya agar google site anda bisa diakses secara publik dan dilihat diseluruh penjuru dunia.


Berikut ini langkah untuk mengubahnya agar google site anda bisa diakses secara publik dan dilihat diseluruh penjuru dunia.

1. masuk ke dasboar google site anda
2. kemudian klik logo orang + 
3. dikotak dialog berikutinya klik situs yang dipublikasikan, kemudian ubah menjadi publik
4. kemudian langkah berikutnya dibawah ini :

1. klik publikasikan (kotak biru di kanan atas) 2. klik lagi orang + kemudian 3. dikotak dialog yang muncul salin sitelink yang dipublikasikan 4. anda bisa bagian link yang dimaksud kesiapa saja yang anda inginkan  Sekarang situs website anda sudah bisa diakses (publis) dengan url seperti ini : sites.google.com/guru.smp.belajar.id/nama site anda
1. klik publikasikan (kotak biru di kanan atas)
2. klik lagi orang + kemudian
3. dikotak dialog yang muncul salin sitelink yang dipublikasikan
4. anda bisa bagikan link yang dimaksud kesiapa saja yang anda inginkan

Sekarang website anda sudah bisa diakses (publis) dengan url seperti ini
: sites.google.com/guru.smp.belajar.id/nama site anda

Jika ingin memaksimalkannya, agar menjadi website yang profesional anda bisa kelangkah selanjutnya dengan :
  • membeli domain 
  • pasang google analytic dan google search console
Demikian cara mempublikasikan google site agar bisa diakses publik, semoga bermanfaat.
Salam sukses

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Cara Mempublikasikan Google Site Agar Bisa Diakses Publik"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.