Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan batasan Waktu 40' menit dan Partisipan max 100 peserta di Zoom Meeting yang Basic/Free Acount

Untuk Dunia Pendidikan  bulan Juni adalah akhir tahun pelajaran, aktifitas di akhir tahun ini tentunya cukup sibukbaik siswa maupun guru dan sekolah tentunya , beberapa aktifitas diakhir tahun pelajaran adalah :
1. Melaksanakan UKK (Ujian kenaikan kelas) dan Ujian Sekolah dan UN (untuk UN  karena pandemi UN ditiadakan)
2. Melakukan penilaian hasil UKK /US
3. Merekap Nilai siswa dari awal semester
4. Kemudian Memberikan Penilaian untuk Raport
5. dan untuk siswa kelas 6,9 atau 12 ibu /bapk guru melakukan rapat pleno keputusan kelulusan siswa .
6. Penerimaan Siswa Baru
Kita ketahui Pandemi Covid -19 di Indonesia masih terus mengalami kenaikan, walaupun pemerintah mensosialisasikan newnormal namun insan pendidikan harus terus waspada, karena berhubungan dengan orang banyak, baik siswa yang bisa berjumlah ratusan/ribuan dalam satu sekolah maupun ibu dan bapak gurunya, nah tentunya sebagaimana telah dilakukan selama Pandemi Covid -19 ini, maka pertemuan-pertemuan antara guru serta pimpinan sekolah menggunakan video converensi bahkan dengan siswapun untuk sebagian guru melakukan hal yang sama dalam pelaksanaan KBM jarak jauhnya. dan aplikasi yang sering dipakai dalam melaksanakan vicon yang umum didunia pendidikan Indonesia diantaranya :
- Webex meeting
- Zoom Meeting
- Google Meet
- Microsof teams
- dll lain tentunya karena banyak sekali aplikasi

yang ingin saya sampaikan dan bahas bukan mereview semua aplikasi tersebut, namun semua aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.
salah satu nya adalah tentang batasan peserta yang bisa mengikuti dan waktu yang diberikan untuk melaksanakan vicon

ada satu aplikasi vicon yang lagi tren di Indonesia mungkin karena kemudahannya adalah ZOOM MEETING, walau ditengah isu ketidakamanan dan pencurian data acount peserta karena open source bahkan Departemen Pertahanan Indoensia dan Dinas Pendidikan Jawa Barat pun mengintruksikan tidak menggunakan Zoom Meeting namun fakta dilapangan tidak mengurangi minat para guru,menggunakan aplikasi ini, mungkin dikalangan ibu dan bapak guru  sudah familiar dan mudah. tapi bukan berarti Aplikasi  yang lain tidak digunakan lo, sebab bagi mereka yang aktifitas viconnya tinggi tentunya aplikasi-aplikasi diatas bukan hal yang rumit tentunya.

ok, kembali ke zoom meeting faktanya apa yah ?

1. Mudah digunakan
2. untuk Basic / host free acount berbatas waktu cuma 40 menit sertiap pertemuan, maksimal 100 peserta

satu sisi mudah sisi lain menjengkelkan, karena tidak bisa bebas menggunakan aplikasi tersebut, pernah mengalami seperti ini ?

ketika pembicaraan lagi penting-pentingnya , zoom meeting mati karena waktunya habis !

kalau kita lihat pada waktu pembuatan Sceedul Meeting, sebagai Host tentunya membuat jadwal tersebut, namun bagi Basic/Personal meeting free acount akan terlihat seperti ini !


Kesel Bukan ! padahal kebutuhan kita misalnya lebih dari 2 jam ? beralih ke aplikasi lain seperti webex meeting atau Microsoft Teams atau Google meet adalah pilihan mudah, tapi karena yang kita hadapi banyak orang dan tidak semua familiar kepada aplikasi tersebut bagaimana ?
sebentar ! jangan dulu beranjak anda tidak perlu loncat ke aplikasi lain kaya kutu loncat atau bajing luncat, anda bisa merubah batasan wattu 40 menit di zoom meeting Basic dengan langkah yang sangat mudah, karena Zoom Memberikan fasilitas bebas waktu untuk dunia pedidikan dan jumlah peseta bisa lebih dari 100 dimasa Pandemi Covid 19 ini, berikut ini langkah langkahnya :


1. Ketika anda membuat  sceedul meeting seperti biasa anda isi sesuai jadwal, mulai dari mengisi Topik Meeting ⇒ Description meeting ⇒when /tanggal dan waktu /jadwal pelaksanaan mengisi ⇒Duration /Lamanya waktu (inilah yang hanya dapat 40 menit ) bagi yang Basic free acount. Tidak usah ragu walaupun ada keterangan batasan waktu teruskan selesaikan pengisian sceedul meetingnya, ⇒time zone biasanya untuk yang awal awal membuat schedul suka lupa merubah time zone ke Jakarta.sebelum  di submit agar anda bisa merubah batasan waktu yang 40 menit menjadi lebih dan batasan 100 partisipan menjadi lebih ikuti langkah 2 !


2. anda lihat di pojok sebelah kiri atas layar anda !
      ada menu Solutions, anda klik ⇒pilih education klik aja simple kan.


3. Setelah di klik education muncullah menu  : apa yang ingin anda lakukan
    Klik saja REQUEST OFFER


4. Setelah di Klik akan masuk ke tahapan  dua langkah, langkah 1 sudah dilakukan tinggal langkah 2 ⇒anda scrolling ke bawah aja ok.

dan nampak seperti ini


5. Kalau anda tidak memegang email sekolah, anda jangan lupa hubungi operator email di            sekolah anda karena zoom memberikan email verifikasi ke email sekolah tersebut.ngomong-ngomong masalah email, akan lebih tokcer dan dipercaya jika email anda ,bukan email biasa tapi email yang berdomain sekolah mis email : namaanda@sekolah.sch.id tentunya email sekolahpun demikian juga. kalau email biasa lebih cenderung di tolak apalagi brand sekolah akan tidak dipercaya jika menggunakan email biasa seperti yahoo mail dan gmail. 

6. langkah terakhir Submit aja (hanya perlu diingat pembuatan room meetingnya harus jauh jauh hari sebab ijin dari permintaan kita bisa lebih dari satu hari baru bisa muncul, itupun kalau disetujui, web sekolah dan email sekolah  menjadi penentu) selamat mencoba
Demikian Teman-teman guru di Sumedang dan Indonesia, selamat melaksanakan rapat kenaikan kelas dan Kelulusan Sekolah.
Maju Terus Pendidikan Indonesia

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan batasan Waktu 40' menit dan Partisipan max 100 peserta di Zoom Meeting yang Basic/Free Acount"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.