Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lesson Analysis untuk Kesetaraan Kualitas Belajar : Memahami Pola Pikir Siswa Melalui Analisis Pembelajaran berbasis Transkrip

Nara Sumber  :
- Fauzan Adhan,M.A
   (Nagoya University Japan)- Sumar Hendayana,Ph.D
   President ALSI (Asosiasi lesson Study Indonesia /Departement Of
   Science  Education UPI Bandung)

Sesi hari ini Materi disampaikan langsung oleh President ALSI (Asosiasi Lesson Study Indonesia) dengan Mengangkat Tema Bagaimana menyetarakan Kualitas Belajar Untuk semua siswa dengan memahami pola pikir siswa melalui analisis pembelajaran berbasis Transkripsi,

Transkripsi  adalah memindahkan dokumentasi berupa video /rekaman suara  ke dalam tulisan.
beliau menyampaikan tahapan dalam membuat Trankripsi yaitu :



  1. Mendokumentasikan kegiatan KBM melalui video/Rekaman suara
  2. Mentranskripsi video KBM kedalam tulisan detik perdetik berupa exel : seperti gambar berikut :



Data yang sudah dipindahkan berupa transkrip pelaksanaan KBM inilah yang nantinya dianalisa sebagai berikut :

1. Bagaimana Pola pendekatan yang sudah berlangsung pada KBM tersebut apakah Student Center atau Teacher center!. hal ini bisa dilihat dari grafik perbandingan percakapan anak dan guru, apabila percakapan anak lebih banyak dari guru maka proses dan Pola pendekatannya sudah Student center dan sebaliknya apabila grafik percakapan lebih banyak guru di banding siswa maka masih berupa teacher center. selain itu kita juga bisa tahu kapan guru lebih dominan dan kapan siswa lebih dominan pada menit berapa hal itu terjadi sehingga ini menjadi refleksi bagi guru.

2. Bagaimana Pola pikir siswa ( dari Transkripsi kita bisa melihat alur jalan /pola berpikir siswa), siapakah yang sudah bisa memahai permasalahan dan siapa yang belum, bagaimana mereka merangkai potongan potongan pola pikirnya sehingga menjadi utuh,  lalu bagaimana diantara siswa saling berkolaborasi memecahkan masalah yang dihadapinya. bagaimana peran guru dalam membentuk pola pikir tersebut. hal ini bisa dilihat dari transkripsi tersebut.

3. Refleksi diri ( sebagaimana kita ketahui dalam pelaksanaan lesson study , terdiri dari 3 tahap yaitu Plan - Do - See  ) dari transkripsi bisa kita lihat bagaimana Plan kita apakah selama pelaksanaan sudah sesuai dengan Plan, dan apalah Plan kita sesuai dengan harapan. DO = bagaimana kesesuaian pelaksanaan KBM dengan Plan, dimana letak-letak kesalahan dalam Proses dan mana yang harus di perbaiki dan terakhir adalah SEE , kita bisa melihat sejauh mana target pembelajaran bisa tercapai.sehingga kita bisa merefleksi secara utuh proses KBM yang sudah kita lakukan.

terakhir nara sumber (Sumar Hendayana,Ph.D) menyampaikan beberapa alternatif proses KBM  dalam antisipasi Program KBM di rumah,  dengan kendala jaringan Internet,  untuk tahun ajaran  2020-2021.
yang digambarkan sebaga berikut :


yaitu berupa penugasan kolaborasi beberapa mapel dalam satu konsep.

Pelaksanaan Vicon hari ini Kamis/21 Mei 2020 dihadiri 120 peserta dari berbagai kalangan, mulai Mahasiswa, Guru, kepala Sekolah,  Dewan pendidikan, Dinas Pendidikan Kab. Sumedang, dikunjungi juga oleh penggiat pendidikan dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Maju terus Pendidikan Indonesia.

Dibawah ini Materi lengkap Analisis Pembelajaran Berbasis Transkrip yang disampaikan oleh Nara sumber :

 

atau bisa anda unduh dibawah ini :

Daftar hadir peserta selama kegiatan berlangsung : Daftar hadir.

Nara Sumber 1 (Sumar Hendayana,Ph.D)
Nara Sumber 2 ( Fauzan Adhan,M.A)
 

Berikut dokumentasi selama Vicon berlangsung :

Silahkan diunduh saja :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Lesson Analysis untuk Kesetaraan Kualitas Belajar : Memahami Pola Pikir Siswa Melalui Analisis Pembelajaran berbasis Transkrip"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.