Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial TBLA (Transkrip Based Lesson Analysis)

Tutorial TBLA (Transkrip Based Lesson Analysis)| Sobat guru, pada pertemuan di penghujung Mei Presiden ALSI, Sumar Hendayana,Ph.D, membahas tentang Analisis Pembelajaran berbasis Transkripsi, atau yang dikenal dengan TBLA ( Transkrip Based lesson Analysis).

Dan pada kesempatan ini, saya coba lengkapi dengan tutorial TBLA (Transkrip Based lesson Analysis) ,  agar pemahaman kita lebih utuh tentang TBLA

Tutorial TBLA (Transkrip Based Lesson Analysis)

Agar sobat guru mudah memahami dalam membuatnya, silahkan lihat dulu video tutorial TBLA  berikut ini :

Fakta dan realitas dalam kelas yang kita hadapi seperti :

  1. Jumlah siswa dalam kelas umumnya antara 30-40 siswa 
  2. Kemampuan siswa yang heterogen
  3. Sedikit sekali guru yang mampu menguasai, mengawasi dan mendorong seluruh siswa untuk bisa terlibat dalam proses pembelajaran. apalagi disaat pandemi sekarang yang pembelajarannya secara daring/online (BDR)
  4. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher center)
  5. ... punya fakta lain,bisa anda tambahkan.
Dari kondisi ril diatas, dimungkinkan sekali tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran bisa sangat rendah sekali artinya siswa pasif dan hanya guru yang aktif (teacher center).

Padahal kewajiban kita sebagai guru adalah berupaya keras dengan memastikan siswa belajar sehingga guru harus berupaya  menyetarakan kualitas pembelajaran untuk semua siswa. 

Tutorial TBLA (Transkrip Based Lesson Analysis)

Sumar Hendayana,Ph.D (2020) mengatakan "agar proses dan kualitas pembelajaran siswa bisa setara adalah dengan memahami bagaimana Pola pikir siswa  bekerja" 

Bagaimana cara mengetahui dan memahami alur serta pola berpikir siswa ? langkah untuk mengetahui pola pikir siswa adalah dengan membuat TBLA atau mentranskripsi dari proses pembelajaran. dengan melihat alur /pola berpikir siswa, guru bisa :
  1. mengetahui siapakah yang sudah dan bisa memahami permasalahan dan siapa yang belum, 
  2. bagaimana mereka merangkai potongan potongan pola pikirnya sehingga menjadi utuh,  
  3. bagaimana diantara siswa saling berkolaborasi memecahkan masalah yang dihadapinya. 
  4. bagaimana peran guru dalam membentuk pola pikir tersebut. 
poin-poin diatas bisa dilihat dari transkripsi yang kita buat selama proses pembelajaran.

Apa itu Transkripsi ?

Transkripsi  adalah memindahkan dokumentasi berupa video /rekaman suara  ke dalam tulisan.  Untuk memahami apa itu transkripsi saya sarankan sobat guru BACA DULU DISINI.

Dan saya coba lengkapi dengan tutorial TBLA (Transkrip Based lesson Analysis) ,  agar pemahaman kita lebih utuh tentang TBLA

Ok setelah anda membaca mengenai Analisis pembelajaran berbasis Transkripsi,sekarang kita lanjut bagaimana membuat Transkrip Proses Pembelajaran yang kita laksanakan.

Tahapan dalam membuat Trankripsi  (TBLA) yaitu :

1. Mendokumentasikan kegiatan KBM melalui video/Rekaman suara

Mentranskripsi video KBM kedalam tulisan detik perdetik berupa exel : seperti gambar tabel berikut :


2. Mentranskripsi video KBM kedalam tulisan detik perdetik berupa exel : seperti gambar tabel berikut :

Mentranskripsi video KBM kedalam tulisan detik perdetik berupa exel : seperti gambar tabel berikut :
3. Menghitung berapa banyak huruf/kalimat guru berbicara dan seberapa banyak huruf siswa berbicara dengan rumus LEN dan IF pada Exel. silahkan cek dan tonton video tutorialnya diawal artikel (diatas)


menghitung berapa banyak huruf/kalimat guru berbicara dan seberapa banyak huruf siswa berbicara dengan rumus LEN dan IF pada Exel. silahkan cek dan tonton video tutorialnya diawal artikel (diatas)

Rumus menghitung Teks pada exel berdasar kasus diatas :  =LEN(E11)     dan rumus menghitung teks antara guru dan siswa untuk kasus diatas rumusnya menggunakan IF(logical-test,Value if true,Value if false)   yaitu : IF=(C11="G",G11,-G11)

catatan :
  • LEN = rumus untuk mencari jumlah huruf/teks
  • E11  = Kolom E baris 11
  • IF = rumus jika maka (logika)
  • C11 = Kolom C baris 11
  • G  = Guru
  • G11 = Kolom H baris 11
  • -G11= negasi dari kolom H11
4. Membuat Tabel batang banyaknya guru dan siswa berbicara seperti contoh diatas yaitu Sobat guru tinggal blok kolom indek dan blok kolom IF, kemudian pilih tabel batang 

5. Menganalisis Transkripsi apakah :

Tutorial TBLA (Transkrip Based Lesson Analysis)

Berikut silahkan anda download TBLA bentuk Exel siap pakai dibawah ini :


Artikel lainnya yang dapat anda baca :


Aktifitas penulis dalam Penelitian dan Training Implementasi Model Pelatihan Guru Asia melalui Transcript Based Lesson analysis (TBLA) UPI Bandung.

Aktifitas penulis dalam Training Implementasi Model Pelathan Guru Asia melalui Transcript Based Lesson analyses (TBLA) UPI Bandung.

Demikian tutorial membuat TBLA ( transkrip Based lesson Analysis) semoga bisa dijadikan rujukan para guru dalam menganalisis pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Semoga bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Tutorial TBLA (Transkrip Based Lesson Analysis)"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.