Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTING !! AKTIFKAN AKUN BELAJAR ID SEBELUM JUNI 2021 DIPERPANJANG

Akun Pembelajaran selanjutnya dapat digunakan oleh 1) peserta didik SD dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6, SMP dan Program Paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9, SMA dan Program Paket C kelas 10 sampai dengan kelas 12, SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13, dan SLB kelas 5 sampai dengan kelas 12; 2) pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah; 3) tenaga kependidikan yaitu kepala satuan pendidikan dan operator.

Tulisan ini dirilis, karena melihat masih banyak sekolah baik SD, SMP dan SMA/SMK  serta Paket ABC,  yang belum mengunduh akun google suite for education dengan akun belajar.id dari kemdikbud.

Penting ! Aktifkan akun belajar.id  Sebelum juni 2021 untuk ditindak lanjuti operator  satuan pendidikan.


Jika tidak diaktifkan,tentunya hal ini akan memberikan kerugian bagi satuan pendidikan yang akan masuk ke program digitalisasi sekolah yang dimulai tahun 2021, kerugian untuk guru dan siswa dalam pelaksanaan  pembelajaran jarak jauh.

Perkembangan tenologi informasi di era globalisasi ini tidak bisa dihindari, termasuk dalam ranah Pendidikan. Kemdikbud mensikapi perkembangan era globalisasi ini dengan menghadirkan program digitalisasi sekolah ditahun 2021. 

Salah satu gebrakannya dengan menjawab keluhan para guru dan siswa serta berbagai permasalahan selama pembelajaran jarak jauh dimasa Pandemi ini, dimana semua guru dan siswa tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi.

Untuk bisa maksimal dalam menggunakan teknologi digital khususnya teknologi informasi kehadiran akun google menjadi jawaban strategis atas berbagai kendala selama PJJ. 

Dengan akun belajar.id dari google suite for education akan mendapatkan  berbagai keuntungan diantaranya memiliki akun google suite for education yang bisa mengakses berbagai layanan google dibanding dengan akun gratisan.

Berikut ini kelebihan dan keuntungan akun Google suite for education :
  1. Kepemilikan akun gratis, tanpa perlu registrasi tiap tahun.silahkan bandingkan dengan akun Google Suite Bisnis, dengan harga hampir 1 juta/tahun.
  2. Memiliki memori Google Drive untuk penyimpanan file dan dokumen apapun sebesar 5 TB (terra bite)
  3. Fasilitas fitur-fitur modern yang sangat dibutuhkan para guru dan siswa seperti  Google Classroom, Google Chat, Google Meet dan tentunya Google Drive
  4. Google meet terintegrasi dengan Google Classroom dengan fitur-fitur berbeda dengan gratisan
  5. Google meet bisa merekam 
  6. Google Meet yang terintegrasi Google Classroom bisa langsung membuat MEET NOW ( video panggilan langsung)
  7. Kapasitas yang besar dalam Classrom yang bisa menampung 1000 siswa dengan 20 guru dan dapat mengundang wali dibanding Google classroom gratisan.
  8. Pada akun G Suite for education ini terdapat   fitur imfor nilai dari google form, mode terkunci Crhomebook, dan bisa mengecek originalitas jawaban siswa. Dimana pada Akun gratisan hal tidak bisa dilakukan
  9. dan yang terpenting adalah Kehadiran Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) akan menghadirkan payung hukum yang lebih komprehensif dalam memberikan landasan hukum bagi pemerintah Indonesia dalam melindungi data pribadi masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di sektor pendidikan, sehingga data pada akun dijamin keamanannya.

Sebagaimana surat edaran Sekretaris jendral Kemdikbud Nomor 37 Tahun 2020 


Akun Google Suite kemdikbud langsung aktif, Semua siswa , guru dan tenaga kependidikan yang datanya ada  dalam DAPODIK langsung mendapatkan akun google suite.

Namun jika akun Google Suite for education ini tidak diaktifkan oleh sekolah , para guru dan siswa maka akunnya secara otomatis akan hangus, dengan batas waktu terakhir untuk mengaktifkannya sampai dengan JUNI 2021.
Kabar gembira Aktivasi Akun Belajar.id yang sebelumnya berakhir Juni 2021 untuk guru dan tenaga kependidikan serta siswa kini diperpanjang, ayooo aktifkan akun belajar.id nya
Kemdikbud telah memperpanjang aktivasi akun belajar.id ini,  mengingat pentingnya akun belajar.id dalam mendukung proses pembelajaran secara virtual, ditengah Covid 19 di bulan Juni 2021 yang terus meningkat, untuk itu ayoo guru dan pihak sekolah untuk mengaktifkan akun belajar.id nya.

Rugi untuk sekolah, siswa dan guru serta tenaga kependidikan apabila sampai terlewat tidak diaktifkan. Ayoo operator sekolah untuk segera mengunduh dan mendistribusikannya kepada guru, tenaga kependidikan dan siswa. 

Dengan kepemilikan akun ini proses pembelajaran jarak jauh diharapkan tidak terkendala lagi, dan semoga  kuota belajar diperpanjang lagi tidak berakhir di bulan  Mei 2021. karena proses PJJ siswa semakin panjang dengan semakin ganasnya penyebaran covid-19 di bulan Juni 2021 ini.

Untuk itu kepada pihak sekolah, bapak ibu guru dan siswa sekalian ayooo aktifkan akun belajar.id nya :
Selengkapnya tentang akun belajar id :


Maju Terus Pendidikan Indonesia.


ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

12 komentar untuk " PENTING !! AKTIFKAN AKUN BELAJAR ID SEBELUM JUNI 2021 DIPERPANJANG"

  1. Mantap bu. Insyaallah , kami laksanakan. Dan beberapa dari guru sudah ikut pelatihan google suitr. Terimakasih bu Ai.

    BalasHapus
  2. Haturnuhun ibu, sangat membantu tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bisa membantu, Happy Sharing

      Hapus
  3. Apakah akun google yg sudah di aktifkan bisa kadaluwarsa bu ketika lulus?
    Atau masih bisa dipakai permanen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akun tidak akan hangus selama aktif,contoh siswa dari SD ke SMP tetap saja aktif dengan akun sebelumnya ketika pertama kali menerima, jangan lupa passwordnya

      Hapus
  4. kami ada kendala untuk aktivasi karena tidak ada pasword pada akunnya karena sekolah kami merger. apakah jika sekarang baru aktivasi menjadi sia-sia? tidak mendapat layanan istimewa dari google? bukankah sudah berakhir kemarin bulan juli? kenapa kemdikbud tidak memperpanjang masa aktivasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktivasi akun pembelajaran diperpanjang malah sekarang ini sedang gencar-gencarnya sosialisasi dan aktivasi penggunakan akun pembelajaran, melalui program GMT dan pengimbasan, untuk akun yang tidak ada password nya silahkan hubungi operator sekolah (admin) dan minta di reset password ke admin tersebu tatau silahkan hubungi kontak help desk @akunbelajar.id . kalau sekolah bpk/ibu merger berarti hubungi admin sekolah induknya tempat dapodik berada. kalau masih kendala coba minta bantuan atau ikut pelatihan aktivasi akun pembelajaran bersama Guru GMT (Google master trainer) / Guru bersertifikasi Google diwilayah bpk/ibu

      Hapus
  5. Akun saya malah tidak ditemukan, supaya bisa masuk ke akun belajar id langkah saya selanjutnya apa ya bu???

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.