google-site-verification: google4ea25410b2d7324e.html Membuat flyer GIF interaktif di Canva Sebagai Media Promosi - GURU SUMEDANG
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat flyer GIF interaktif di Canva Sebagai Media Promosi

Sekarang ini membuat flyer,pamflet dan brosur yang ditempel di dinding atau papan pengumuman rasa-rasanya sudah  ketinggalan,  setelah semua orang memegang smartphone dengan berbagai aplikasi digitalnya. 

Membuat flyer GIF interaktif di Canva
Sehingga alat promosi produk dan jasa telah bergeser ke versi digital, apalagi ditengah Pandemi Covid-19 semuanya harus dilakukan secara jarak jauh, dan  membuat flyer GIF interaktif di Canva sebagai media promosi adalah pilihan yang tepat.

Sebelum berbicara lebih lanjut silahkan agan dan teman semua lihat  sidebare sebelah kanan blog,  flyer yang saya buat ! interaktif kan !, atau silahkan lihat flyer di bawah ini  :

gb.1 : Flyer pasif

dan silahkan bandingkan dengan gambar ke dua berikut ini 


gb.2: flyer interaktif


bagaimana pendapat teman dan agan semua,  gb.1 berupa JPEG dan dan gb 2 berupa GIF, sangat beda kan hasilnya? contoh lain GIF, kofirmasi dari google suite for education :

Saat ini sekolah-sekolah swasta khususnya sudah mulai melakukan promosi penerimaan siswa baru,  sehingga berseliweran dimedsos flyer dan brosur pendaftaran tiap sekolah, 

Semuanya berlomba-lomba  mempromosikan kelebihan  dan keunggulan-keunggulan sekolahnya dalam menarik minat calon siswa baru, namun dari apa yang saya lihat hanya berupa flyer  mati , padahal flyer dan pamflet yang kita sebar merupakan perwakilan dan refpresentasi produk atau  sekolah kita ! namun sayang sekali banyak flyer /brosur dan pamflet pasif padahal di share di Media sosial, sehingga sama saja dengan pamflet/brosur yang di tempel di tembok atau papan pengumuman sekolah, membosankan.

Nah agar promosi menggunakan flyer atau pamflet digital kita efektif dan menarik perhatian calon siswa, selain keunggulan dan keunikan sekolah, perlu ditambahkan sentuhan flyer yang interaktif berupa GIF sehingga flyer/pamfletnya  hidup dan bisa berbicara sendiri langsung terhadap konsumen target. 

Salah satu aplikasi yang memfasilitasi pembuatan GIF dengan mudah berikut pilihan dari  jutaan templet yang menarik dan puluhan tema gratis adalah Canva.

Apa itu GIF ?

GIF (Graphics Interchange Format) merupakan file gambar (JPEG) yang menggunakan kompresi lossless namun kualitas gambar tetap ok dan hidup karena mampu menyimpan grafis dengan latar belakang transparan dengan animasi sederhana.

Dengan Canva tidak perlu lagi mengeluarkan biaya  pembuat jasa desain professional . Karena mendesain flyer, pamflet , galeri, bio intagram, facebook dll dengan aplikasi Canva sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa menit saja  itupun bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu basic ilmu desain yang mumpuni,  karena Canva sudah menyediakan  jutaan icon, ilustasi, foto dan font gratis dan templet yang tinggal anda pakai dan ubah sesuai ide desain anda.

Cara membuat flyer dan pamflet animasi  berupa GIF di Canva :

  1. Buat Akun silahkan kunjungi Canva (https://www.canva.com/), dengan menggunakan email, google ataupun facebook.
  2. Membuat Flyer 

  • Buka Canva , masuk dengan akun yang sudah dimiliki atau klik disini
  • Cari selebaran , presentasi, dokumen, flyer,pamflet, Instagram post, animasi social media, poster, Instagram story, wall paper dan banyak lagi yang bisa anda gunakan.
fitur canva

  • Temukan template terbaik , pilih berbagai selebaran dalam berbagai warna, dan tema dan cari yang sesuai dengan ide dan keinginan anda kemudian edit dan sesuaikan dengan kebutuhan audien  pemasaran anda.
templet canva
pilih templet canva

  • Sesuaikan desain Anda, dengan cara Tarik dan lepas (drag dan klik), silahkan ubah teks, font, warna dan gambar cukup dengan drag dan klik saja dan kreasikan ke posisi gambar anda bisa menggunakan banyak elemen desain yang ada di papan dialog sebelah kiri.
Drag and klik menu di canva

setelah beres desain yang kita buat, kemudian  download dan ubah ke ektension GIF.


kalau masih kurang jelas,silahkan chat di kolom komentar atau kunjungi video tutorial berikut yang bisa memandu anda lebih mudah.


Selamat mencoba



Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Membuat flyer GIF interaktif di Canva Sebagai Media Promosi"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.