Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Angka Kredit Buku Karya Bersama

Gumun guru mengajar untuk nusantara
Buku Karya Bersama Gumun

Berdasarkan Buku 4 Pedoman Kegiatan pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 2019, kita bisa menarik kesimpulan bahwa Publikasi ilmiah adalah hal yang mutlak dan harus dilakukan guru, jika guru tersebut mau naik pangkat.

Semakin tinggi pangkatnya, semakin berat syarat dalam publikasi ilmiahnya, karena pemerintah mengharapkan kenaikan pangkat dan golongan harus berbanding lurus dengan peningkatan keprofesionalisme dan kompetensinya.

Ditengah-tengah pandemi saat ini, ada satu tren positif  yang lahir dari para guru dengan  menggeliatnya para guru menulis buku dan artikel-artikel ilmiah, apakah itu bekerja sama /berkolaborasi dengan guru lainnya dalam menulis atau tulisan-tulisan sendiri yang dibukukan.

Berapa Jumlah angka kredit buku karya bersama ?

Publikasi Ilmiah/karya inovatif berupa buku yang dihasilkan secara bersama, dilaksanakan maksimum oleh 4 (empat) orang guru, yang terdiri dari penulis utama dan penulis pembantu. Jumlah penulis pembantu paling banyak 3 (tiga) orang. 

Apabila jumlah penulis Lebih dari 4 (empat) orang maka urutan penulis ke 5 (lima) dan seterusnya tidak mendapat angka kredit. 

Besaran angka kredit untuk kegiatan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif yang dilakukan secara bersama adalah seperti pada Tabel  berikut :
Jumlah
penulis 
AK
Penulis utama
AK
penulis 
pembantu 1 
AK
penulis 
pembantu 1
AK
penulis 
pembantu 1
2 60 % 40 % --
3 50 % 25 % 25 % -
440 % 20 %20 % 20 %

Contoh penulisan buku yang saya lakukan pada saat pandemi ini dengan bergabung bersama guru-guru inovatif lainnya menjadi bagian penulis pada buku bersama : "Guru Mengajar untuk Nusantara"

Dibuku ini tertera saya sebagai penulis buku yang berjudul " PJJ tahap 3 Demi Keselamatan" dan bukunya sudah ber ISBN dengan nomor : 978-623-96665-1-4

Alhamdulillah numpang keren, namun sebagaimana saya paparkan diatas, karena saya bukan penulis tunggal (utama) tetapi buku karya bersama-sama sehingga angka kreditnya menjadi 0.

Kalau hanya targetnya untuk kenaikan pangkat tentunya buku itu tidak bisa dipakai sebagai bukti fisik dalam angka kredit. 

dan untuk penelitian tindakan kelas layak buku ini anda miliki 
Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah (Classroom Action Research)

Namun kemauan untuk menulis inilah yang akan membawa nilai manfaat lainnya , berupa kepuasan pribadi dan tentunya amal sholeh yang bisa mengalir apabila tulisan kita menjadi ilmu dan wawasan serta dapat memberikan pengetahuan yang bernilai  bagi pembacanya.

Semoga bisa mengikuti teman-teman guru lainnya yang mampu kerja keras dan kemauan yang kuat, istiqomah dan dimudahkan dalam menginvestasikan waktu sehingga bisa menghasilkan karya inovasi dan Buku orisinil sendiri. 
 
Selamat bagi guru - guru inovatif yang telah melahirkan buku-buku Pelajaran dan buku-buku pendidikan lainnya. 
Salam Sukses
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Jumlah Angka Kredit Buku Karya Bersama"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.