Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Angka Kredit Artikel Populer yang dipublikasikan di Media Massa

Tulisan ilmiah populer dalam kaitannya dengan upaya pengembangan profesi guru merupakan tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide atau gagasan pengalaman penulis menyangkut bidang pendidikan.  Kerangka isi dari tulisan ilmiah populer disesuaikan dengan prsyaratan atau kelaziman dari media massa yang akan mempublikasikan tulisan tersebut
Kliping Tulisan Ilmiah Populer di media massa

Teman-teman yang aktif menulis dan dimuat tulisannya di media massa  seperti koran, majalah atau media online website resmi bukan blog, tentunya bernilai dalam menambah angka kredit, karena tulisan yang dipublikasikan di media massa disebut tulisan ilmiah populer, sebagaimana pada buku 4 Panduan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Tulisan ilmiah populer dalam kaitannya dengan upaya pengembangan profesi guru merupakan tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide atau gagasan pengalaman penulis menyangkut bidang pendidikan.

Kerangka isi dari tulisan ilmiah populer disesuaikan dengan prsyaratan atau kelaziman dari media massa yang akan mempublikasikan tulisan tetsebut.

Berapa Jumlah angka kredit artikel populer yang dipublikasikan di media massa ?

Pada buku 4 revisi Pandung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diterbitkan kemdikbud (2019;32) disebutkan  bahwa Angka Kredit (AK) Pengembangan profesi guru dari unsur publikasi ilmiah jenis artikel ilmiah populer adalah :

No   Kegiatan Angka Kredit
1Artikel Ilmiah populer di bidang pendidikan formal
dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di
media massa tingkat nasional
2
2 Artikel ilmiah dibidang pendidikan formal dan
pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat
di media massa tingkat provinsi
1,5

Bukti Fisik yang dinilai

Berdasarkan pedoman buku 4 Panduan Pengembangan Keprofesian berkelanjutan, bahwa bukti fisik harus di sertakan untuk bisa mendapatkan angka kredit dari artikel yang dimuat di media massa. berupa :
  1. Guntingan (kliping) dari tulisan guru yang bersangkutan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis. pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa, serta tanggal terbitnya.
  2. Jika berupa fotocopy, harus ada surat pernyataan dari kepala sekolah yang menyatakan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa.
  3. Jika tulisan bapak ibu guru semua, dimuat dalam media massa online, maka harus di print out, bukti nama media yang memuat, tanggal terbit dan harus di cetak dari halaman website resmi 
lebih jelas silahkan baca :
Selamat Berkarya Guru Indonesia
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Jumlah Angka Kredit Artikel Populer yang dipublikasikan di Media Massa"

  1. kalo format laporannya bagaimana ya?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk artikel populer dimedia masa tidak ada format laporannya yang baku. tinggal dilampirkan saja bukti fisik sebagaimana tulisan diatas, berbeda dengan publikasi ilmiah format dan kerangka isinya sudah ditentukan , lebih jelasnya cek Buku 4 di link yang saya sertakan, terimaksih

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.