Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Determinasi Sederhana untuk Tumbuhan

Sobat guru berikut ini saya sodorkan kunci determinasi sederhana untuk menentukan golongan dalam tumbuhan sampai tingkat kelas/classis.


Sobat sekalian kita fahami bahwa di alam ini begitu banyaknya keanekaragaman mahluk hidup baik tumbuhan maupun hewan  Yang Alloh Swt Ciptakan, sehingga perlu kunci khusus untuk mempermudah kita mengenalnya yaitu dengan mengklasifikasikannya.

Berikut ini saya sodorkan kunci determinasi sederhana untuk menentukan golongan dalam tumbuhan sampai tingkat kelas/classis. 

Kunci Determinasi Sederhana Untuk Tumbuhan   

1a. Tubuh dapat dibedakan atas akar  batang - daun ...........................Kormofita. (2) 

1b. Tubuh tak mempunyai akar - batang – daun ................................. Talofita. (6)

2a. Ada bagian “bunga” dan biji sebagai alat perkembangbiakan ..... K.  berbiji. (3)

2b. Tidak seperti itu, bagian tubuh yang berfungsi sebagai alat pembiakan berupa “spora” yang tersimpan dalam kotak/kapsul pada ujung batang  atau pada permukaan bawah daun ........................................................................................................ K. berspora. (7)

3a. Ada bunga yang jelas dengan perhiasan bunga berwarna, putik dengan bakal biji  tersimpan di dalam bakal buah. .............................................. K. berbiji tertutup. (4)

3b. Bunga tidak demikian. Ada kumpulan “daun buah” berbentuk bola atau .Kerucut, dan umumnya kaku dan sempit. ........................................................... K. berbiji terbuka. (5)

4a. Daun menyirip atau menjari; bunga dengan bagian - bagian terdiri 4 atau 5 atau.kelipatannya; biji terdiri dari 2 keping; akar tunggang; batang biasanya.bercabang. ............................................................................ Tumbuhan  berkeping dua (Dikotyl)

4b.  Daun bertulang sejajar atau melengkung, bunga dengan bagian - bagian terdiri dari 3  atau kelipatannya; biji hanya 1 keping; akar serabut; batang biasanya tak bercabang. ..................................................................... Tumbuhan. berkeping satu (Monokotyl)

5a. Tumbuhan tinggi berdaun kaku atau bentuk jarum; kumpulan daun buah (=bunga) berbentuk kerucut. ........................................................................ Coniferinae. (6) 

5b. Tumbuhan perdu berdaun kaku menyirip; kumpulan bunga pada ujung batang............................................................................................ Cycadinae

5c. Tumbuhan tinggi berdaun lebar tipis; kumpulan bunga berkarang. ....................................................................................................... Gnetinae (melinjo). 

6a. Bagian - bagian tubuh berwarna hijau atau kombinasi hijau dengan warna lain; hidup di air. ................................................................................................. Algae / Ganggang

6b. Bagian - bagian tubuh tidak hijau, coklat atau abu pucat; hidup di tempat lembap........................................................................................... Fungi / Jamur

6c. Bagian - bagian tubuh berbentuk lembaran atau kerak pucat; menempel pada batang pohon atau batu di tempat sejuk. ................................................. Lumut kerak / Lichenes

7a. Tubuh berukuran relatif kecil, berbentuk lembaran atau pohon; tidak mempunyai akar sejati, hidup bergerombol di tempat miring (tebing, tepi pematang) di tempay lembap........................................................................................ Tumbuhan Lumut. 

7b.  Tubuh berukuran relatif besar, ada daun menyirip dengan permukaan bawah berbintik - bintik hijau coklat; daun mudanya menggulung. ...................... Tumbuhan Paku

Selanjutnya silahkan di kaji :  

Sumber rujukan :

  • Jumhana, N. 2006. Konsep Dasar Biologi. Bandung: UPI PRESS
  • Sri, Y.M. 2006, Konsep Dasar IPA. Bandung : UPI PRESS 
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Kunci Determinasi Sederhana untuk Tumbuhan"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :