Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD online Interaktif Liveworksheets.com

Liveworksheets adalah "lembar Kerja Peserta Didik /LKPD online yang interaktif  yang memungkinkan sobat guru  mengubah lembar kerja tradisional seperti (doc, pdf, jpg...) yang harus di cetak menjadi latihan online interaktif tanpa perlu di cetak dengan koreksi diri yang sangat menarik .

LKPD online Interaktif di Liveworksheets.com

Siswa dapat mengerjakan LKPD secara online dan mengirimkan jawabannya kepada guru. 
So LKPD online interaktif liveworksheets.com ini manfaatnya gokil pisan diantaranya :
  • untuk siswa , karena interaktif sangat menarik sehingga menambah memotivasi belajar mereka
  • untuk guru  sangat menghemat waktu.
  • untuk lingkungan semuanya menjadi papperless sehingga menghemat kertas dan tentunya menjaga linkungan kita tetap lestari.
penasaran ? Sobat guru bisa kunjungi langsung alamat situsnya di sini :  https://www.liveworksheets.com/

sebelum lebih lanjut kepaparannya, alangkah baiknya menyimak dulu tutorial cara membuat liveworksheetsnya disini :

Kelebihan LKPD Online yang interaktif di liveworksheets.com 

karena memanfaatkan sepenuhnya teknologi baru yang diterapkan mencakup suara, video, latihan seret dan lepas, bergabung dengan panah, pilihan ganda... dan bahkan latihan berbicara, yang harus dilakukan siswa menggunakan mikrofon . sehingga sangat inovatif dan menarik dan tentunya interaktif.

Bagaimana menggunakan LKPD Online di liveworksheets.com ?

Anda dapat menggunakan lembar kerja langsung untuk membuat lembar kerja interaktif Anda sendiri atau Anda dapat menggunakan lembar kerja yang dibagikan oleh guru lain. liveworksheets memiliki koleksi ribuan lembar kerja interaktif yang mencakup banyak bahasa dan mata pelajaran, dari seluruh guru di dunia. bahkan mungkin dari rekan sobat guru sendiri.

Bagaimana membuat lembar kerja interaktif sendiri ?

aplikasi online ini sangat mudah, saya jamin siapapun bisa membuat dan menggunakannya , sangat- sangat rekomended lah untuk sobat guru semuanya.

  • Prinsipnya sobat guru harus mengunggah soalnya baik doc, pdf, jpg atau lainnya yang kemudian  akan diubah menjadi gambar. 
  • Kemudian kita hanya perlu menggambar kotak pada lembar kerja dan memasukkan jawaban yang benar, bisa berupa essay, pilihan ganda, menjodohkan (join dengan panah) , drag and drop, latihan berbicara, dll. dan itu semua sangat mudah sekali.
  • tidak sempat membuat soal/LKPD ?, pakai saja punya guru lainnya bisa kok, 

Apakah ada batasan dalam menggunakan liveworksheets.com ?

  • sobat guru bisa membagikan lembar kerja interaktif yang sudah dibuat dengan guru lainnya. atau bisa juga privat/pribadi.
  • Jika membuat LKPD online dalam bentuk pribadi maksimal 30 lembar LKPD online pribadi
  • bisa membuat LKPD sebanyak yang sobat guru bisa/ suka.
  • worksheets.com sangat menghargai karya sehingga tidak akan menerima LKS/LKPD/Worksheet yang diambil dari situs web lain, dipindai dari buku teks, atau yang menyertakan konten berhak cipta apa pun tanpa izin. Silakan baca ketentuan worksheets.com untuk daftar konten terlarang.

Bagaimana kita  bisa mendapatkan jawaban siswa ?

1. cara  yang paling sederhana: 

Siswa membuka lembar kerja, mengerjakan latihan dan klik "Selesai". Kemudian mereka memilih "Kirim jawaban saya ke guru" dan masukkan email Anda (atau kode kunci rahasia). Kemudian Anda akan mendapatkan pemberitahuan di email Anda, dan Anda dapat memeriksa semua jawaban siswa Anda di kotak surat Anda. Tidak ada batasan jumlah lembar kerja yang dapat dikirim siswa Anda kepada Anda, tetapi semua jawaban mereka akan dihapus setelah 30 hari.

2. cara yang sedikit rumit, tetapi jauh lebih baik

langkahnya sebagai berikut :
  • Membuat buku kerja interaktif Anda sendiri (workbooks Interaktif).
  • Memasukan siswa ke dalam grup/kelas yang dibuat atausiswa dapat mendaftarkan diri dengan kode kunci rahasia yang sobat guru berikan. sehingga mereka memiliki buku kerjanya.
  • Setelah itu siswa dapat membuka buku kerja dengan username dan password mereka dan melakukan latihan. 
  • setelah latihan dikerjakan sobat guru bisa memeriksa pekerjaan mereka kapan saja, memberikan pekerjaan rumah dan menambahkan komentar atau catatan.
  • Siswa secara opsional dapat mendaftarkan email mereka untuk mendapatkan pemberitahuan tentang pekerjaan rumah dan komentar guru mereka.
  • Buku kerja interaktif bisa disesuaikan, memungkinkan umpan balik guru dan menyimpan semua jawaban siswa untuk waktu yang tidak terbatas. 
  • Meskipun membutuhkan lebih banyak waktu di awal namun dengan membuat workbook, semuanya menjadi sangat mudah dan menyenangkan.

Apakah ada batasan dalam buku kerja interaktif?

kita hanya dapat membuat hingga 10 buku kerja interaktif (masing-masing dengan 120 halaman) , mendaftarkan hingga 100 siswa. Ini berarti Anda dapat menyimpan 10*120*100 = 120000 jawaban siswa yang berbeda di akun Anda, secara gratis.

Jika kita membutuhkan lebih banyak siswa, lebih banyak buku kerja, atau lebih banyak lembar kerja pribadi, tentunya  harus membayar langganan premium untuk meningkatkan batas ini. 

Kelebihan lainnya yang membuat liveworksheets.com makin ciamik  di saat Pandemi sekarang ini adalah :
  • LKPD ini dapat disematkan di situs web atau blog sobat guru. baik itu worksheets buatan sendiri atau punya orang lain dengan ijin tertentu, dengan kode untuk dimasukkan ke dalam situs web Anda.
  • Banyak lembar kerja juga dapat diunduh sebagai pdf (jika penulis mengizinkan opsi ini). kita dapat mengunduh 10 lembar kerja per hari.

lebih lanjut silahkan aja kunjungi dan tanyakan ke komunitas guru yang tergabung di worksheets atau langsung saja  email ke : mail@liveworksheets.com  dalam bahasa Inggris atau bahasa Spanyol).

Sudah penasaran silahkan coba dan kerjakan contoh LKPD online Interaktif liveworksheets.com DISINI. atau tutorialnya DISINI.
Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

4 komentar untuk "LKPD online Interaktif Liveworksheets.com "

  1. Mengapa liveworkhets saya hanya bisa menggunggah lkpd sampai 9 halaman? Bagaimana caranya agar bisa lebih dari 9 halaman kak ? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buat buku Kerja Interaktifnya (interactive workbook)

      Hapus
  2. untuk jawaban e-lkpd dengan liveworksheet bisakah copy link file gambar jika diakses dari gawai ?

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.