Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Migrasi Classroom dari Akun Pribadi ke Akun Pembelajaran

Classroom, siapa yang tidak mengenal tool ini ? para pendidik dan peserta didik sudah familiar dengan kelas virtual dari google ini.
Saya yakin sobat guru sudah menggunakan google classroom, minimal satu atau dua tahun belakangan ini, sebagai tool yang umum dipakai oleh para pendidik dalam pembelajaran jarak-jauh (PJJ) dimasa Pandemi Covid-19 dan masa PPKM.

Untuk meningkatkan pembelajaran jarak jauh ini sebagaimana kita tahu Kemdikbud telah  mendistribusikan akun @belajar.id keseluruh pendidik dan peserta didik yang merupakan  akun google workspace for education, akun dengan fasilitas luar biasa bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran .
Gambar oleh ptra dari Pixabay 

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh ini sebagaimana kita tahu masuk di tahun 2021 Kemdikbud telah  mendistribusikan akun @belajar.id keseluruh pendidik dan peserta didik yang merupakan  akun google workspace for education, dengan fasilitas luar biasa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran .

Namun karena fasilitas antara akun pribadi dengan akun @belajar.id berbeda, ada beberapa hal yang tidak bisa disinkronkan langsung antara keduanya. Pelajari disini.

Salah satunya classroom yang sudah dibuat oleh guru menggunakan akun pribadi tidak bisa di copy langsung ke akun @belajar.id. karena harus melalui persetujuan akses oleh admin akun belajar.id, sehingga perlu Migrasi Classroom dari Akun Pribadi ke Akun Pembelajaran.

Untuk mensiasati hal tersebut berikut ini satu langkah mudah mengcopy  dan memigrasikan classroom yang sudah dibuat di akun gmail pribadi ke domain akun belajar.id.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video tutorialnya :


Atau ikuti langkah-langkah detailnya dibawah ini :

Langkah mudah migrasi classroom dari akun pribadi ke akun pembelajaran

1. Tulis di tab browsernya : https://classmigrator.com/
2. Signin ke akun lama (gmail pribadi anda) 
3. Pilih kelas yang akan di copy/dimigrasikan dengan mencentang kotak kosong
4. klik lanjutkan (continue)
5. Sign ini ke akun baru yang akan dituju dan klik ikuti /allow
6. klik lanjutkan (continue)
7. kelas yang dicopy/dimigrasikan sudah masuk ke akun belajar.id

Apa saja item - item diclassroom akun lama yang dimigrasikan ke akun belajar id silahkan cek diartikel sebelumnya tentang tutorial cara menyalin classroom .

Buka classromnya diakun belajar.id, kelas yang dipindahkan sudah nampak , silahkan masuk, item yang tercopy adalah ;
  • nama kelas, 
  • deskripsi kelas, 
  • tugas kelas (classwork), 
  • penilaian dan rubrik 
Namun itu semua masih berupa draff, anda tinggal kelola dan edit untuk diposting ke kelas baru dan tentunya mengundang siswa ke classroom.

Selamat mencoba dan Salam sukses


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Migrasi Classroom dari Akun Pribadi ke Akun Pembelajaran"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :