Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Numerasi IPA | Contoh Aktivitas Pembelajaran Penguatan Numerasi

Numerasi IPA | Contoh aktiviatas Pembelajaran Penguatan Numerasi untuk IPA sebagai langkah dalam pembentukan lingkungan belajar numerasi yang mendukung dan menantang, merencanakan, mendemontrasikan strategi pengajaran numerasi yang efektif serta menggunakan penilaian yang memungkingkan semua peserta didik mampu menunjukkan kompetensi numerasi mereka.

Numerasi IPA ; Contoh aktiviatas Pembelajaran Penguatan Numerasi untuk IPA sebagai langkah dalam pembentukan lingkungan belajar numerasi yang mendukung dan menantang, merencanakan, mendemontrasikan strategi pengajaran numerasi yang efektif serta menggunakan penilaian yang memungkingkan semua peserta didik mampu menunjukkan kompetensi numerasi mereka

Contoh aktivitas pembelajaran ini saya sadur dari modul Inspirasi pembelajaran yang menguatkan numerasi pada mata pelajaran IPA,IPS,PJOK dan Seni Budaya untuk Jenjang SMP  yang disusun oleh Direktorat SMP. Kemdikbudristek tahun 2021.

Numerasi dibutuhkan dalam sains (IPA) ketika peserta didik mengajukan hipotesis berdasarkan generalisasi yang dibuat dari data yang ada, mengembangkan ketepatan dalam mengukur dan menafsirkan data, mengidentifikasi pola dialam dan perilaku dan menggunakan rumus dan perhitungan. 

Selengkapnya tentang Aspek Numerasi pada link berikut : Aspek numerasi matematika dan non matematika 

Ok Sobat GS kita langsung saja ke aktivitas pembelajaran nya  : Numerasi IPA | Contoh Aktivitas Pembelajaran Penguatan Numerasi 

  • Mata Pelajaran              : IPA
  • Kelas                             : VII
  • Semester                       : Genap
  • Alokasi Waktu                : 2 JP
  • Alat                                : Stop Watch dan Thermometer
  • Media                             : Exel /Spreadsheet
  • Pengukuran                   : Pengukuran Suhu dan Waktu dalam Eksperimen
  • Modul                             : 4 Bumiku Makin Panas

A. Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian

Kompetensi dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8. menganalisis perubahan iklim dan
dampaknya bagi ekosistem
  1. mendeskripsikan efek rumah kaca melalui gambar dan data
  2. mendeskripsikan dampak rumah kaca melalui data
4.8. Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan perubahan
masalah iklim
Membuat tulisan tentang penanggulangan perubahan iklim dengan menggunakan data

B. Tujuan Pembelajaran

  1. Mendefinisikan efek rumah kaca melalui percobaan
  2. Menjelaskan proses terjadinya efek rumah kaca melalui percobaan
  3. Menjelaskan dampak rumah kaca melalui percobaan
  4. Melalui studi literasi siswa dapat menjelaskan definisi pemanasan global
  5. Melalui studi literasi siswa dapat menjelaskan dampak pemanasan global
  6. Melalui studi literasi siswa dapat menjelaskan cara menanggulangi pemanasan global

C. Deskripsi Penguatan Numerasi

Pemanasan global diyakini sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim yang berdampak pada ekosistem. Analisis penyebab pemanasan global dan dampaknya pada ekosistem, yang didukung oleh data dan perhitungan sederhana, pasti memperkuat kemampuan siswa untuk mencapai kompetensi dasar. 

Prinsip numerasi menolong siswa untuk mendapatkan gambaran fisis dari besaran karena besaran selalu dinyatakan dengan bilangan. Pengukuran sangat berperan dalam kegiatan eksperimen. Organisasi dan tampilan data perlu dimiliki oleh siswa. 

Pemaknaan besaran yang mengacu pada nilainya, data pendukung, pengukuran dan operasi hitung sederhana memperkuat siswa untuk mencapai kompetensi dasar. 
Beberapa prinsip numerasi yang dimasukkan ke dalam modul adalah sebagai berikut.
  1. Pengukuran dalam melakukan eksperimen. Eksperimen efek rumah kaca memerlukan pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatch baik dari android maupun laboratorium sekolah dan pengukuran suhu. Cara membaca dan menuliskan hasil pengukuran dengan tepat sangat diperlukan.
  2. Organisasi dan tampilan data hasil pengamatan. Perlu pertimbangan jenis tampilan data yang akan dipilih. 
  3. Pemaknaan bilangan yang dinyatakan oleh besaran, penggunaan satuan yang tepat dan penggunaan simbol untuk menunjukkan hubungan antar besaran. Besaran selalu mempunyai nilai dan nilainya selalu berkaitan dengan situasi fisis. Contoh radiasi matahari 240 Watt per meter persegi perlu dipahami dengan merujuk pada daya lampu dan ukuran ruangan.
  4. Analisis pola dan tren atau kecenderungan, termasuk identifikasi ketidakkonsistenan dalam data. Misalnya, dari grafik kenaikan konsentrasi gas karbondioksida selama kurun waktu tahun 1750 - 2010, siswa dapat menganalisis kecenderungan kenaikan gas dan memprediksi apa yang terjadi pada masa mendatang.
  5. Ekstraksi informasi dari pangkalan data, termasuk menginterpretasi tabel-tabel dan kunci-kunci.
  6. Menggambarkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam alam sejak dulu hingga sekarang bahkan pada masa mendatang melalui data. Perubahan-perubahan diwakili dengan perubahan nilai/bilangan yang menggambarkan peristiwa tersebut seperti kenaikan permukaan air laut, perubahan jumlah/volume gletser karena ada yang mencair, dan perubahan suhu Bumi dalam kurun waktu tertentu. Perubahan-perubahan yang ditampilkan dalam grafik sangat menolong siswa untuk memahami apa yang terjadi dan menganalisis hubungan sebab akibatnya
  7. Analisis bagan Earth’s energy budget dengan mencantumkan persentase radiasi yang diserap dan dilepaskan. Bagan ini menjadi acuan untuk memahami terjadinya pemanasan global ketika keseimbangan radiasi yang mencapai bumi dan yang dilepaskan menjadi terganggu

D. Tuntutan Numerasi


Konten Matematika Tuntutan Numerasi
Bilangan Makna bilangan yang ditunjukkanoleh suatu besaran
Persentase persentase radiasi matahari yang diterima dan dilepaskan oleh bumi
Perbandingan Perbandingan radiasai matahari yang diterima dan dilepaskan oleh bumi
Pengukuran Pengukuran suhu dna waktu dalam eksperimen
Data dan Statistik
  • Data yang berkaitan dengan pemanasan global
  • data yang berkaitan dengan dampak pemanasan global

E. Pembelajaran  

Selengkapnya sobat GS Scrolling dibawah ini.


  • Download Modul Numerasi IPA
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Numerasi IPA | Contoh Aktivitas Pembelajaran Penguatan Numerasi"

  1. terima kasih sangat menginspirasi bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih, semoga bermanfaat terus dukung Guru sumedang

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.