Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Ketersediaan Akun Pembelajaran untuk Guru

Cara Mengecek Ketersediaan Akun Pembelajaran untuk Guru | Akun Pembelajaran @belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan Akun Pembelajaran, Sobat GS bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar.

Namun tidak dipungkiri dari awal di rilis ditahun 2021 sampai sekarang masih banyak para guru, siswa dan tenaga kependidikan  yang belum mengaktivasi akun pembelajarannya, sehingga untuk mengetahui apakah sudah tersedia akun pembelajarannya perlu dilakukan. Berikut ini langkah-langkah cara mengecek ketersediaan akun pembelajaran untuk guru.


Cara Mengecek Ketersediaan Akun Pembelajaran untuk Guru

1. Silakan klik pada laman berikut  https://belajar.id/ 

2. Memasukkan data-data pokok berikut ini: 

  • Nama Lengkap
  • Nama Ibu Kandung
  • Tipe Pengguna, pilih Pendidik dan Tenaga Kependidikan 
  • Tanggal Lahir 
  • Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
    Memasukkan data-data pokok berikut ini:   Nama Lengkap Nama Ibu Kandung Tipe Pengguna, pilih Pendidik dan Tenaga Kependidikan  Tanggal Lahir  Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

3. Anda akan dibawa ke portal berikutnya dan anda akan mendapatkan informasi apakah akun pembelajarannya tersedia atau belum

Akun tersedia dan sudah aktif; Apabila akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan Akun Pembelajaran Anda untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Akun tersedia, namun belum aktif Apabila akun Anda tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut: Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya",  Anda akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password).  Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor handphone yang terdaftar dengan klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya". Cek nama akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor handphone Anda yang terdaftar. Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail

  • Akun tersedia dan sudah aktif; Apabila akun Anda tersedia dan sudah aktif, artinya Anda sudah bisa menggunakan Akun Pembelajaran Anda untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.
  • Akun tersedia, namun belum aktif Apabila akun Anda tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut:
    1. Kirim detail akun ke email pribadi yang terdaftar apabila belum pernah mendapatkan password dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya", 
    2. Anda akan mendapatkan informasi berupa akun (User ID) dan kata sandi (password). 
    3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga dapat mengirimkan informasi akun ke nomor handphone yang terdaftar dengan klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya".
    4. Cek nama akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi atau nomor handphone Anda yang terdaftar.
    5. Lakukan aktivasi akun secara mandiri melalui Gmail 
  • Akun tidak ditemukan ;  Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.
    Akun tidak ditemukan ;  Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Anda masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

4. Jika Akun Pembelajaran tetap tidak ditemukan, silakan lakukan pemeriksaan status Akun Pembelajaran Anda ke Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi silakan hubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id.

Ikuti langkah-langkah untuk mendapatkan akun pembelajarannya di : Belum mempunyai akun pembelajaran ? ini caranya

5. Setelah berhasil mendapatkan detail Akun Pembelajaran Anda, silakan melakukan aktivasi dengan mengikuti panduan di sini.

Cara Mengecek Ketersediaan Akun Pembelajaran untuk Guru

Pertanyan seputar pengecekan ketersediaan akun pembelajaran

1. Bagaimana jika detail akun saya tidak masuk ke email yang didaftarkan? 
  • Apabila Anda belum menerima email berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), silakan ikuti langkah berikut:
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun Pembelajaran terkirim ke email pribadi Anda atau periksa folder spam
  • Apabila detail akun masih belum diterima setelah beberapa saat, silakan klik kembali "Kirim detail akun ke email pribadi saya"
Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) masing-masing

2. Bagaimana jika saya ingin mengganti email pribadi yang terdaftar untuk mengirimkan detail akun saya? 

Untuk mengganti email pribadi Anda, silakan lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Klik tombol "untuk ganti email pribadi klik di sini"
  2. Masukkan email pribadi yang baru
Perlu diketahui, data email pribadi yang Anda masukkan hanya untuk keperluan mengirim detail Akun Pembelajaran, dan tidak akan mengubah data di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

3. Bagaimana jika SMS belum masuk setelah klik "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"? 

Apabila Anda belum menerima SMS berisi detail nama akun (User ID) dan kata sandi (password), berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan:
  1. Pastikan nomor handphone  yang Anda gunakan saat ini sama dengan nomor handphone yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  2. Jika sudah sesuai, silakan tunggu beberapa saat sampai detail Akun Pembelajaran terkirim ke nomor handphone  Anda
  3. Pastikan nomor handphone Anda dalam keadaan aktif dan dapat menerima SMS
  4. Apabila SMS yang berisi detail akun masih belum masuk, silakan kirim ulang dengan klik kembali "Kirim SMS detail akun ke nomor saya"
  5. Jika masih belum menerima detail akun Pembelajaran melalui SMS, Anda bisa mengirimkan detail Akun Pembelajaran ke email pribadi Anda dengan klik "Kirim detail akun ke email pribadi saya"
4. Apakah saya dapat mengganti nomor handphone di laman belajar.id untuk mengirim detail akun?

Anda tidak dapat mengganti nomor handphone yang terdaftar secara mandiri. Untuk mengganti nomor tersebut, silakan menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah untuk mengubah data diri Anda di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Info Grafis seputar Akun @belajar.id :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Ketersediaan Akun Pembelajaran untuk Guru"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.