Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belum Mempunyai Akun Pembelajaran ? Ini Caranya

Belum Mempunyai Akun Pembelajaran ? Ini Caranya | Akun Pembelajaran merupakan nama akun (User ID) yang berdomain belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Akun pembelajaran adalah hak para pendidik, pendidik dan tenaga kependidikan, pegawa dinas pendidikan dan peserta didik yang terdaftar di dapodik.

Belum Mempunyai Akun Pembelajaran ? Ini Caranya

    Dengan memiliki Akun Pembelajaran, Para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik memperoleh manfaat berikut:

    • menjadi Lebih mudah dan sangat  efektif  serta inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seperti konferensi video, dokumen daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain
    • untuk memudahkan mengakses berbagai platform Kemendikbudristek dengan satu akun
    • data yang sangat besar dan tidak terbatas 
    • data pengguna akan lebih aman
    • mengakses dan menggunakan Chromebook
    • sebagai media komunikasi untuk mendapatkan informasi resmi dari Kemendikbudristek
    • Email valid untuk mendapatkan berbagai aplikasi pembelajaran atau aplikasi digital pro secara gratis  seperti canva education, Google workspace for education dan berbagai aplikasi lainnya untuk pendidikan.

    Penggunaan Akun Pembelajaran tidak dipungut biaya atau gratis. Untuk mendapatkan Akun Pembelajaran, silakan mengikuti panduan  di sini.

    Langkah mendapatkan akun pembelajaran 

    Jika anda belum memiliki akun pembelajaran, berikut ini langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkannya :

    1. Periksa ketersediaan akun , berikut langkah langkah mengecek ketersediaan akun belajar.id
    2. JIka ada, anda tinggal langsung aktivasi sebagaimana intruksi atau ikuti langkahnya DISINI.
    3. Jika tidak ada, anda akan mendapatkan notifikasi silahkan ulangi dan pastikan data yang anda masukan sama dengan data dalam dapodik, jika masih belum ada silahkan ikuti langkah selanjutnya
      Langkah Awal: Periksa ketersediaan akun , berikut langkah langkah mengecek ketersediaan akun belajar.id JIka ada, anda tinggal langsung aktivasi sebagaimana intruksi atau ikuti langkahnya DISINI. jika tidak ada, anda akan mendapatkan notifikasi silahkan ulangi dan pastikan data yang anda masukan sama dengan data dalam dapodik, jika masih belum ada silahkan ikuti langkah selanjutnya

    Langkah selanjutnya:

    1. Hubungi Operator Sekolah , berikut cara operator sekolah anda mendapatkan akun pembelajaran anda :
      1. membuka laman : http://pd.data.kemdikbud.go.id/
      2. kemudian login menggunakan SSO Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang terdaftar di : http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
      3. klik tombol "Unduh Akun", kemudian pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh data berisi nama akun (User ID) dan kata sandi akun (Password) dalam format csv.
      4. buka data berformat .csv tersebut, kemudian berikan informasi akun berupa user ID dan kata sandi atau password kepada pengguna. Pastikan infomrai akun tersebut dberikan kepada pengguna yang datanya ada di data pokok pendidikan (Dapodik)
    2. Tekan Tombol bantuan untuk membantu mendapatkan akun pembelajaran, posisi tombol ada di bagian kanan bawah layar anda. setelah di klik anda diintruksikan mengisi data dari menu drop down yang muncul, jangan lupa file lampiran yang diminta untuk di uploadkan, kemudian klik KIRIM. tunggu pemberitahuan berikutnya melalui emai. Tombol 'Butuh Bantuan' hanya dapat diakses pada hari Senin - Jumat, pukul 09.00 - 17.00 *Tidak termasuk hari libur nasional.
      Tekan Tombol bantuan untuk membantu mendapatkan akun pembelajaran, posisi tombol ada di bagian kanan bawah layar anda. setelah di klik anda diintruksikan mengisi data dari menu drop down yang muncul, kemudian klik KIRIM. tunggu pemberitahuan berikutnya melalui emai. Tombol 'Butuh Bantuan' hanya dapat diakses pada hari Senin - Jumat, pukul 09.00 - 17.00 *Tidak termasuk hari libur nasional.

    Lampiran yang harus disertakan

    Lampiran yang harus disertakan :
    • permohonan pembuatan akun @belajar.id  yang ditandatangani oleh kepala sekolah dengan stempel basah, dengan format dan bentuk Pdf *) :
      • Nama Guru / PTK/Siswa   
      • NIK
      • Email Aktif
      • NPSN
    • Surat tugas sebagai admin
    • *) jika yang diajukan lebih dari satu dibuat dalam bentuk tabel, dengan kolom yang terdiri dari nama guru/siswa/PTK - NIK-NUPTK/NISN-NPSN dan email aktif

    Bagaimana permohonan akun pembelajaran untuk para pegawai dinas ? 

    Ajukan permintaan pembuatan Akun Pembelajaran (belajar.id) untuk Pengawas Sekolah, Penilik Sekolah dan Pamong Belajar Dapat dilakukan Melalui link form pengajuan berikut ini :  https://ringkas.kemdikbud.go.id/permohonanakundinas

    Demikian langkah-langkah mendapatkan akun pembelajaran bagi anda yang belum memilikinya.

    Kalau anda masih banyak pertanyaan dan bingung temukan jawabannya di Tanya jawab seputar akun pembelajaran.
    Selamat mencoba

    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Belum Mempunyai Akun Pembelajaran ? Ini Caranya"

    Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.