Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6

Perangkat ajar merupakan modul ajar dan buku teks yang  membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum  Merdeka. Dibawah ini saya sertakan modul ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6 yang bisa dijadikan rujukan sobat GS semua.

Sebagiamana diketahui  mata pelajaran IPA dan IPS dikurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 masih terpisah dan pada kurikulum Merdeka 2022 untuk mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu PengetahuanAlam dan Sosial) sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP.


Perangkat ajar merupakan modul ajar dan buku teks yang  membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum  Merdeka. Dibawah ini saya sertakan modul ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6 yang bisa dijadikan rujukan sobat GS semua.  Sebagiamana diketahui  mata pelajaran IPA dan IPS dikurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 masih terpisah dan pada kurikulum Merdeka 2022 untuk mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu PengetahuanAlam dan Sosial) sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP.

Satuan pendidikan yang menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.

Selain itu satuan pendidikan bisa mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.

atau kombinasi keduanya yaitu menggunakan berbagai perangkat ajar termasuk modul ajar atau RPP dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Modul ajar sendiri bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran. dengan demikian pendidik memiliki kemerdekaan untuk:
  • memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
  • menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Modul yang baik memiliki kriteria sebagai berikut :
  1. Esensial: Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
  2. Menarik, bermakna dan menantang: Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
  3. Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks waktu dan tempat peserta didik berada.
  4. Berkesinambungan: Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.
Dibawah ini saya sodorkan Modul ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6 yang telah dikurasi oleh Kemdikbudristek, namun tentunya kalu mau digunakan di satuan pendidikan Sobat GS, upayakan untuk di sesuaikan dengan konteks dan karakteristik satuan pendidik dan peserta didiknya masing-masing : 

NoBab /Materi Penulis  Unduh 
1 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) - Unduh
2 Energi  Nur Amalina Unduh
3 Energi Dhian Yulia Krishantari Unduh
4 Energi NN Unduh
5 Sistem Pernapasan Manusia (Refo)  Lerry Palit Unduh
6 Sistem Pernapasan Manusia Marsaria Primadonna Unduh
7 Organ Gerak Hewan Lerry Palit Unduh
8 Keseimbangan Ekosistem Galuh Ajeng Oka Bimala Unduh
9 Kegiatan Ekonomi Nur Amalina Unduh
10 Hubungan timbal balik antar unsur dalam Ekosistem
yang ada dilingkungan sekitar
Nova Linda,S.Pd Unduh

Demikia Modul Ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6, semoga bisa menjadi rujukan untuk direvisi sesuai konteks dan karakteristik masing-masing, semoga bermanfaat.

Penelusuran terkait :
  • contoh modul ajar
  • modul ajar SD kurikulum merdeka
  • modul ajar SMP kurikulum merdeka
  • modul ajar kemdikbudristek.pdf
  • modul aja SMA kurikuum merdeka
  • download modul ajar Kurikulum merdeka
  • capaian pembelajaran SD 
  • Alur tujuan Pembelaajaran SD
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

10 komentar untuk "Modul Ajar IPAS SD Fase C kelas 5-6"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.