Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek

Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek yang dicetak oleh PPPPTK IPA. Modul ajar merupakan perencanaan pembelajaran secara lengkap yang berisi  berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang disusun berdasarkan topik dalam lingkup kelas. 

Sehingga modul ajar dapat dianggap sebagai RPP, guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan oleh pemerintah ataupun mengembangkan secara mandiri, tidak perlu lagi membuat RPP secara terpisah. 


Pemerintah sendiri sebagaimana janjinya akan menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan.   Guru dapat mengembangkan modul ajar yang disediakan pemerintah tersebut melalui langkah ATM, yaitu Amati, Tiru dan modifikasi  demikian kata sahabat gurusumedang.    Artinya modul tersebut diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan konteks satuan pendidikan  Modul-modul ajar tersebut sudah banyak yang beredar melalui platform merdeka mengajar, atau yang dibagikan melalui link-link Drive melalui medsos/blog..  Blog ini juga membantu dalam penyebaran modul-modul tersebut, silahkan cari di icon search atau daftar isi. sudah lengkap ko, paling kurang cuma beberapa mapel aja, karena memang belum tersedia.  Namun dari contoh modul yang beredar, banyak pula yang kecewa , baik dari sisi konten, relevansi, kesesuaian dengan buku teks dan lain sebagainya, tentunya hal ini wajar juga, karena modul-modul yang beredar tersebut walaupun resmi di sosialisaikan oleh kemdikudristek, bukanlah resmi produk kemdikbud namun produk aksi nyata para guru sekolah-sekolah program sekolah penggerak, yang kemudian di kurasi oleh kemdikbudristek.  Berdasar hal itu admin GS,mencoba mengumpulkan modul-modul ajar yang telah dibukukan dan dicetak resmi oleh PPPPTKIPA /Kemdikbudristek tahun - tahun sebelumnya, sebelum kurikulum merdeka di landingkan.

Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek

Pemerintah sendiri sebagaimana janjinya akan menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. 

Guru dapat mengembangkan modul ajar yang disediakan pemerintah tersebut melalui langkah ATM, yaitu Amati, Tiru dan modifikasi  demikian kata sahabat gurusumedang.  

Artinya modul tersebut diadaptasi agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan konteks satuan pendidikan

Modul-modul ajar tersebut sudah banyak yang beredar melalui platform merdeka mengajar, atau yang dibagikan melalui link-link Drive melalui medsos/blog..

Blog ini juga membantu dalam penyebaran modul-modul tersebut, silahkan cari di icon search atau daftar isi. sudah lengkap ko, paling kurang cuma beberapa mapel aja, karena memang belum tersedia.

Namun dari contoh modul yang beredar, banyak pula yang kecewa , baik dari sisi konten, relevansi, kesesuaian dengan buku teks dan lain sebagainya, tentunya hal ini wajar juga, karena modul-modul yang beredar tersebut walaupun resmi di sosialisaikan oleh kemdikudristek, bukanlah resmi produk kemdikbud namun produk aksi nyata para guru sekolah-sekolah program sekolah penggerak, yang kemudian di kurasi oleh kemdikbudristek.

Berdasar hal itu admin GS,mencoba mengumpulkan modul-modul ajar yang telah dibukukan dan dicetak resmi oleh PPPPTKIPA /Kemdikbudristek tahun - tahun sebelumnya, sebelum kurikulum merdeka di landingkan. 

Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek

Seperti modul PJJ, modul-modul yang dicetak dan diproduksi serta dibuat oleh tim widyaiswara  PPPPTK IPA , he-he-he admin kan guru IPA jadi banyak mengoleksi dan pernah terlibat dalam penyusunan modul bersama tim P4TK IPA,  dan saya yakin  PPPPTK mata pelajaran lainnya juga ada, coba aja googling, mungkin ada teman-teman mapel lain mengoleksinya.

Hemat saya Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek yang dicetak oleh PPPPTK IPA yang akan saya bagikan kepada sobat sekalian,  sangat layak untuk dijadikan contoh modul ajar dan referensi   karena secara konten bisa dipertanggunjawabkan,  bagus dan relevan,dengan model inkkuiri, STEM, HOTS dan Projek dari penulis-penulis dibidangnya.

Tambahan lagi sudah dilakukan ujicoba sebelumnya, dan yang pasti disusun oleh kemdikbud secara resmi.

Sehingga Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek yang dicetak oleh PPPPTK IPA dibawah ini sangat saya rekomendasikan untuk di ATM kan yaitu Amati kemudian Tiru dan di-Modifikasi sesuai kontek, karakteristik dan selaras dengan komponen  dalam membuat modul  ajar Kurikulum Merdeka.

Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek

Buku Guru dan Siswa IPAS SD Kurikulum Merdeka

NoBuku Teks Download
1 Buku Guru IPAS SD Kurikulum MerdekaDownload
2Buku Siswa IPAS SD Kurikulum Merdeka Download

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran IPAS SD

NoCP & ATP Download
1 Capaian Pembelajaran IPAS SDDownload
2Alur Tujuan Pembelajaran IPAS SD Download

Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek (PPPPTKIPA)

No  Materi /Konsep Modul Penyusun Download
1 Energi dan Perubahannya
(Bersahabat dengan energi)
Gunawan Muhammad,S.Si Download
2 Topik Listrik (Listrik Di sekitarku)  Dian Purnama,S.Si Download
3 Topik Cahaya (Jangan takut akan Gelap)  Lintang lastri Prastika,M.Si Download
4 Sistem Peredaran Darah Heri Setiadi,M.Si Download
5 Perubahan Materi Dr Poppy Kamalia Devi,M.Pd Download
6Struktur Fungsi dan Metabolisme
Tubuh Tumbuhan
Row 6, Cell 3 Download

Atau silahkan dilanjut ke modul ajar IPAS SD hasil aksi nyata guru-guru pada program sekolah penggerak dilink berikut ini :

Demikian sobat gurusumedang, contoh modul ajar IPAS SD Kemdikbudristek yang telah dibuat PPPPTKIPA yang layak dijadikan referensi dalam membuat modul ajar IPAS sendiri, semoga bermanfaat .
Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
  • contoh modul ajar
  • modul ajar SD kurikulum merdeka
  • modul ajar SMP kurikulum merdeka
  • modul ajar kemdikbudristek.pdf
  • modul aja SMA kurikuum merdeka
  • download modul ajar Kurikulum merdeka
  • capaian pembelajaran SD 
  • Alur tujuan Pembelaajaran SD
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar IPAS SD Kemdikbudristek "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.