Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12

Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12 Kurikulum Merdeka. Indonesia adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Perpaduan lautan dan daratan bak zamrud khatulistiwa dengan berbagai ragam potensi yang ada di dalamnya menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara Kepulauan (archipelago) terbesar di dunia. 

Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12

Secara fisik Kepulauan Indonesia memiliki 1.904.569 km² luas wilayah, 18.108 jumlah pulau, 81.000 km² garis pantai, dan 2,7 juta luas perairan atau 70% dari luas wilayah Indonesia yang membentang dari 6⁰ 08’ LU - 11⁰ 15’ LS dan 94⁰ 45’ BT – 141⁰ 05’ BT.   Sedangkan secara kebudayaan, Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri atas 1.331 suku bangsa, 652 bahasa daerah, 6 agama, dan 187 kelompok penghayat kepercayaan.  dalam modul Ajar Sejarah SMA ini pula di bahas bagaiman posisi Indonesia yang diapit oleh Benua Asia dan Australia serta Samudera Hindia dan Pasifik, lokasi strategis dalam jalur lalu lintas masyarakat dunia.   Menjadikan posisi Indonesia istimewa, baik secara geografis, ekonomis dan politis memerankan peran penting di percaturan dunia.  Sudah sejak lama Indonesia menjadi tempat persinggahan berbagai bangsa, dengan turut membawa ragam budaya dari tanah asalnya, dan berinteraksi dengan ragam budaya asli Indonesia.

Secara fisik Kepulauan Indonesia memiliki 1.904.569 km² luas wilayah, 18.108 jumlah pulau, 81.000 km² garis pantai, dan 2,7 juta luas perairan atau 70% dari luas wilayah Indonesia yang membentang dari 6⁰ 08’ LU - 11⁰ 15’ LS dan 94⁰ 45’ BT – 141⁰ 05’ BT. 

Sedangkan secara kebudayaan, Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri atas 1.331 suku bangsa, 652 bahasa daerah, 6 agama, dan 187 kelompok penghayat kepercayaan.

dalam modul Ajar Sejarah SMA ini pula di bahas bagaiman posisi Indonesia yang diapit oleh Benua Asia dan Australia serta Samudera Hindia dan Pasifik, lokasi strategis dalam jalur lalu lintas masyarakat dunia. 

Menjadikan posisi Indonesia istimewa, baik secara geografis, ekonomis dan politis memerankan peran penting di percaturan dunia.

Sudah sejak lama Indonesia menjadi tempat persinggahan berbagai bangsa, dengan turut membawa ragam budaya dari tanah asalnya, dan berinteraksi dengan ragam budaya asli Indonesia. 

Proses ini yang melahirkan berbagai bentuk budaya baru yang bercampur dalam balutan kearifan lokal, kemudian membentuk model Indonesia dengan karakteristik Indonesia dan citarasa Indonesia. 

Selain itu posisi Indonesia sebagai pusat persemaian dan penyerbukan silang budaya ikut melahirkan kultur masyarakat yang inklusif, plural, serta mampu mengembangkan berbagai corak kebudayaan yang lebih banyak dibandingkan dengan kawasan dunia manapun.

Modul Ajar Sejarah SMA ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai keindonesiaan yang wajib diketahui oleh peserta didik.

Modul ajar Sejarah SMA ini pula sebagai pegangan pendidik untuk menanamkan kesadaran bahwa bangsa ini lahir bukan dari persamaan suku, ras, budaya, atau agama, melainkan karena adanya kesadaran serta kesepakatan untuk hidup bersama dalam sebuah bangsa yaitu Indonesia. 

Kesadaran dan kesepakatan bersama ini diikat oleh fakta bahwa kita berangkat dari sejarah yang sama.

Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12

Modul ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12 ini merupakan perangkat ajar yang menjadi kerangka acuan guru sejarah dalam mengajarkan sejarah dengan utuh dan komprehensif. 

bagaikan seorang penenun,yang runut dan tidak sembarang menarik benang, sejarah harus disampaikan memanjang jalur atas-bawah dan melebar jalur kiri-kanan, dalam arti berbagai pendekatan diakronis (kronologis) maupun sinkronis dapat dilakukan untuk menjelaskan sebuah peristiwa sejarah secara utuh. 

Penjelasan sejarah yang utuh dan komprehensif dari berbagai pendekatan, serta dengan memasukan berbagai muatan sejarah dan melibatkan ilmu-ilmu bantu lain, kemudian dikombinasikan dengan penggunaan ragam model atau media pembelajaran inovatif, 

niscaya akan membuat pembelajaran sejarah menjadi semakin kaya, berbobot, dan bermakna bagi kehidupan anak bangsa, disitulah pentingnya modul ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12 ini.

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas 10-11-12 dan peran guru sejarah dibutuhkan untuk membangun jembatan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan dengan merangsang kebatinan serta nalar peserta didik melalui keterampilan imajinatif, kreatif, kritis, dan reflektif yang bersandar pada sumber-sumber autentik. 

Secara progresif pembelajaran sejarah harus mampu mengkontekstualisasikan berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan berbagai peristiwa yang dialami sekarang, dan berorientasi untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. 

Muara dari pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12

Berikut ini adalah contoh modul ajar sejarah SMA Kelas 10-11-12 yang disusun oleh :

  • Endar Priyo Sulistiyo dari SMAN 5 Palangkaraya
  • Lilik Suharmaji dari SMAN 8 Yogyakarta
  • Wahyu Setianingsih,M.Pd dari SMAN 101 Jakarta

Sebagai contoh modul ajar Sejarah SMA yang bisa dijadikan acuan dan perbandingan sobat gurusumedang dalam membuat dan merancang modul ajar Sejarah sendiri yang sesuai konteks dan karakteristik wilayah, satuan pendidikan dan peserta didiknya.

Buku Guru dan Siswa

No Buku Teks Download
1 Buku Guru Sejarah SMADownload
2Buku Siswa Sejarah SMA Download

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

No CP & ATPDownload
1 Capaian pembelajaran Sejarah Download
2 Alur tujuan Pembelajaran Download

Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12

No  Topik / Modul Penyusun Download
1 Memahami manusia ruang,waktu diakronik
sinkronik dan penelitian sejarah, nenek moyang
dan jalur rempah (X)
Endar Priyo Sulistiyo Download
2 Kolonisasi dan Perlawanan bangsa Indonesia (XI) Lilik SuharmajiDownload
3 Pergerakan Kebangsaan Indonesia (XI) Lilik Suharmaji Download
4 Pendudukan Jepang di Indonesia (XI) Lilik SuharmajiDownload
5 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (XI) Lilik Suharmaji Download
6 Perjuangan Mempertahankan Indonesia (XI) Lilik SuharmajiDownload
7 Pmerintahan Demokrasi Liberal dan
Demokrasi Terpimpin (XI)
Lilik Suharmaji Download
8 Pemerintahan Orde Baru (XII) Wahyu Setianingsih,M.PdDownload

Demikian sobat gurusumedang, modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12 Kurikulum Merdeka yang dapat dijadikan perbandingan dalam menyusun modul ajar, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Sejarah SMA kelas 10-11-12"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.